2 June 2016

15 Langkah Penting Dalam Merancang Sukses Bisnis Secara Profesional

Bisnis, Info, Langkah, Sukses, Merancang, Profesional
Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Memulai sebuah bisnis dan usaha adalah tantangan tersendiri yang sangat menarik sebab jika pilihan tepat bisnis apa yang akan dijalankan akan memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik, memiliki perkembangan yang baik dan menghasilkan sesuatu yang besar dan berharga.

Memilih sebuah bisnis yang tepat dengan prospek yang baik memerlukan beberapa langkah yang harus dilakukan dengan detil dan sempurna, tujuannya adalah agar langkah tersebut dapat melahirkan suatu bisnis yang akan menghantarkan kita kedalam sebuah perubahan hidup yang kita harapkan.

Apa sajakah langkah yang harus di lakukan dalam menentukan bisnis yang tepat untuk diri sendiri ?

1. Mulailah untuk mencari inspirasi yang tepat untuk memulai sebuah bisnis.
Mendapatkan sebuah inspirasi kadang memerlukan waktu yang panjang, karena kita harus mengerahkan segala kemampuan untuk melihat, memandang dan merasakan aktivitas sehari-hari yang dapat berubah menjadi sebuah peluang bisnis yang baik untuk anda.

2. Miliki keinginan, gairan dan alasan yang tepat.
Sebuah ide dan gagasan terhadap masa depan diri sendiri sangat ditentukan oleh keinginan, gairah dan alasan yang tepat dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu perubahan yang lebih baik dengan hasil juga lebih baik, sebaliknya jika keinginan, gairah dan tidak adanya alasan mengapa harus merubah hidup untuk lebih baik, maka kita akan selalu berada pada titik yang sama sehingga tidak akan pernah berpindah tempat dan hasil akhirnya adalah pasrah bahkan bisa putus asa.

3. Sadar dengan resiko yang akan dihadapi.
Melakukan sebuah perubahan pasti akan ada yang terkalahkan, seperti tanah lempung yang ingin berubah menjadi sebuah keramik, tanah lempung harus mengalami proses yang panjang, berawal dari sebuah keadaan kotor dan tidak berharga, lalu di bentuk, setelah terbentuk lalu di jemur, setelah di jemur lalu di bakar dan dipanaskan dalam api dengan suhu yang tinggi, lalu di warnai dan akhirnya tanah lempung yang berawal dari sesuatu yang buruk berubah menjadi berbagai bentuk yang indah dan tempatnya pun berbeda, yaitu pada etalase cantik yang ada di pertokoan besar dan bersih. Sama juga dengan kita yang memiliki keinginan untuk merubah diri menjadi lebih baik, resiko untuk sebuah perubahan hidup harus diterima dengan lapang dada dan ikhlas.

4. Lahirkanlah sebuah ide dan gagasan untuk diri sendiri.
Langkah ini juga sangat penting, karena bisnis yang tepat untuk diri sendiri hanya mampu dilahirkan berdasarkan ide dan gagasan yang juga datang dari diri sendiri.

5. Lakukan penelitian dan pendataan sebagai referensi untuk melahirkan Ide dan gagasan.
Jika gagasan dan ide untuk sebuah perubahan masa depan belum ditemukan maka lakukanlah pencarian ide dan gagasan itu dengan menggunakan berbagai literatur atau gunakan beberapa bahan yang dapat dijadikan masukan sehingga dapat memunculkan sebuah ide dan gagasan, misalnya dengan mencari gagasan dan ide melalui Internet, atau buku-buku dan majalah.

6. Konsultasi dengan orang yang tepat dalam menentukan Ide dan gagasan Bisnis.
Salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk menemukan sebuah ide dan gagasan untuk memulai bisnis adalah melakukan konsultasi dengan seorang tenaga ahli  dalam membantu anda untuk menentukan bisnis apa yang paling tepat untuk anda, atau anda juga bisa berkonsultasi dengan teman dekat, dan keluarga dalam menentukan ide dan gagasan, yang terpenting adalah cobalah untuk terbuka dan terima semua masukan agar tercipta sebuah ide dan gagasan yang terbaik untuk diri anda sendiri.

7. Kembangkan Ide dan Gagasan.
Dalam mengembangkan ide dan gagasan kita boleh mencari informasi dalam pengembangan ide dan gagasan dari orang lain selain dari potensi diri sendiri, gunanya adalah agar dalam pengembangan bisnis kita akan memiliki banyak referensi sebagai panduannya.

8. Lakukan penelitian terhadap pesaing bisnis yang sama dengan anda.
Dalam sebuah pertandingan, mengenali lawan secara lengkap penting untuk dilakukan, tujuannya adalah mencari siasat agar kita tidak terkalahkan. 

9. Tentukan Target Pasar untuk Bisnis Anda.
Penentuan target pasar untuk bisnis anda juga bagian terpenting, karena langkah ini akan melahirkan tindakan yang efektif dalam penjualan barang atau produk yang anda miliki.

10. Sesuaikan Bisnis anda dengan modal yang dimiliki.
Jika anda miliki modal yang cukup untuk memulai sebuah bisnis maka gunakanlah modal tersebut untuk melakukan investasi yang tepat dalam bisnis anda, lakukan perencanaan pengeluaran yang lebih mengutamakan peningkatan produktivitas, jika modal anda sedang dan kecil maka jangan berputus asa, karena sukses bukan tergantung dari modal saja, tetapi kerja keras juga dapat diandalkan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis.

11. Carilah tenaga kerja yang berkualitas.
Jika bisnis anda memerlukan karyawan, maka lakukanlah seleksi yang ketat, jangan pernah mempekerjakan seseorang yang memiliki etos kerja yang buruk, lakukan wawancara dan test psikologi dengan teliti dalam menerima karyawan dalam bisnis anda.

12. Buat sebuah rencana dan metoda pemasaran yang tepat.
Buatlah rumusan pemasaran yang jitu dalam pemasaran, sebab baiknya pemasaran akan menentukan omset dan omset akan menentukan kelangsungan bisnis anda.

13. Susun strategi pertumbuhan.
Bisnis sama seperti sebuah tanaman, kapan saatnya anda menyirami, memberi pupuk dan memangkas dahan yang kering, hal yang sama untuk dilakukan dalam melakukan bisnis, andapun harus membuat rencana dalam bisnis baik untuk tujuan jangka pendek atau tujuan jangka panjang, buatlah strategi yang berdampak pada pergerakan maju dan bertumbuh, buanglah bagian dan elemen dalam bisnis yang menghambat pertumbuhan.

14. Lengkapi legalitas untuk bisnis anda.
Legalitas sangat penting dalam bisnis, tujuan legalitas selain memberikan kenyamanan dalam perjalanan bisnis agar lancar tanpa hambatan, legalitas juga penting untuk membangun kepercayaan dari rekanan atau konsumen atau klien bisnis anda

15.Buat kelengkapan bisnis dalam ajang promosi secara online dan offline dan kuasailah kedua bagian ini.
Dalam berbisnis di jaman sekarang promosi memiliki peranan penting agar bisnis dan usaha anda cepat untuk diketahui dan dikenal masyarakat secara luas, gunakan dan lengkapi semua cara promosi baik offline ataupun online dan lakukan dengan perencanaan yang profesional.

Demikianlah beberapa langkah utama dalam memilih bisnis dan memulai bisnis dengan harapan apa yang tertulis dalam artikel ini dapat dijadikan panduan atau tambahan wawasan dalam pencapaian hasil bisnis yang maksimal.

Terima kasih dan salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment