21 June 2016

Berikut Adalah Alasannya Mengapa Negara Berkembang Sangat Sulit Menjadi Negara Maju

Sosial, Negara berkembang, Negara Maju, Masyarakat, Primitif

www.depok-bisnis-info.com - Mengapa negara maju lebih baik dalam segala hal dibandingkan negara berkembang ?

Dari arti bahasa saja negara maju dengan negara berkembang memiliki perbedaan arti yang sangat jelas, yaitu antara maju dan berkembang.

Negara maju adalah negara yang sudah mampu melewati fasa sebagai negara berkembang, banyak aspek yang di jadikan ukuran penilaian mengapa sebuah negara dikatakan sebagai negara maju, semua penilaian terbesar untuk sebuah negara yang di kategorikan sebagai negara maju adalah, negara yang mampu mandiri atau negara yang mampu berdikari dengan kelengkapan yang dimiliki oleh negara yang bersangkutan tanpa adanya bantuan dari negara lain, bahkan sebuah negara yang maju dapat memberi pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan baik masyarakat, budaya, teknologi, ekonomi dan aspek lainnya terhadap dunia.


Sedangkan negara berkembang adalah sebuah negara yang baru beranjak untuk dewasa jika diibaratkan seorang manusia, negara berkembang sesuai dengan artinya bahwa negara tersebut masih berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh negara yang bersangkutan.

Negara berkembang masih sangat bergantung pada negara maju dalam pengembangannya, karena dengan cara inilah sebuah negara berkembang dapat berubah status dari negara berkembang menjadi negara maju.

Perlunya sebuah negara berkembang untuk mengikuti arus perkembangan negara maju dapat memberikan side efek yang baik jika negara berkembang mampu membenahi kekurangan disegala bidang yang berpatokan pada contoh dan strategi yang telah dikembangkan oleh negara maju.

Jika demikian, timbul sebuah pertanyaan baru, apakah benar, jika sebuah negara berkembang mengikuti pola atau cara berjalannya negara maju maka negara berkembang tersebut  dapat berubah menjadi negara maju seperti negara yang di contohnya ?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan bahkan diupayakan oleh sebuah negara berkembang untuk berubah menjadi negara maju. Selain dari mencontoh sebuah negara maju dalam segala aspek, yaitu sebuah strategi pembenahan dalam masyarakat. Sebuah negara berkembang melakukan upaya perubahan dan pembenahan dengan segera agar cepat berubah menjadi negara maju, diantara upaya yang harus diutamakan untuk dibenahi diantaranya adalah:

  • Masyarakat dan penduduk negara berkembang harus memiliki pola pandang yang luas, minimal setiap masyarakat harus mau melakukan sebuah perubahan, misalnya dengan cara mendidik diri sendiri untuk menjadi manusia yang lebih baik, lebih positif dan berupaya untuk memiliki mental serta sikap yang maju dan luas, sehngga kesadaran sendiri untuk belajar ini dapat berkembang dalam tindakan yang otomatis akan menciptakan sebuah nuans baru untuk diri sendiri kearah kemajuan.
  • Pentingnya pendidikan dan pengetahuan dalam masyarakat baik pendidikan formal ataupun pendidikan non formal yang ada dalam negara berkembang, hal ini menjadi faktor utama sebuah negara akan berubah menjadi negara maju karena memiliki masyarakat atau penduduk dengan intelektual yang sangat baik dan berwawasan luas. 
  • Diharapkan dengan semakin luas dan meratanya pengetahuan dan wawasan dalam masayarakat sebuah negara berkembang dapat memberikan efek yang baik terhadap cara pandang dari sebuah permasaahan kehidupan pribadi dan cara menyelesaikannya, juga dengan ilmu yang dimiliki menjadikan semua masyarakat yang ada dalam sebuah negara berkembang dapat memiliki "Kedewasaan" dalam memberikan penilaian terhadap segala hal yang dimulai dari lingkungan kehidupan keluarga hingga tingkatan yang lebih tinggi yaitu berupa karya yang dapat diberikan untuk bangsanya sendiri. 
  • Kecerdasan dan kedewasaan yang sempurna juga merupakan modal yang sangat besar dari sebuah masyarakat negara berkembang untuk dapat membedakan mana hal yang bermanfaat dan mana hal yang tidak bermanfaat, sehingga dengan pandangan yang dewasa dalam masyarakat seperti ini dapat melahirkan sebuah tindakan nyata dalam berprilaku sehingga terciptalah masyarakat yang memiliki cara berfikir modern dan dewasa dengan keseragaman pendapat berdasarkan ilmu pengetahuan yang baik.
  • Mayarakat yang ada dalam sebuah negara berkembang harus segera meninggalkan pola dan cara kehidupan primitif dan hukum rimba yang sudah tidak lagi sesuai dengan jaman dan bahkan sangat memberikan efek buruk terhadap diri sendiri dan masyarakat sehingga keadaan ini sangat sulit bahkan menjadi hambatan untuk berkembang dan majunya sebuah negara berkembang.

Apakah cara kehidupan primitif dan hukum rimba itu ?


Pola kehidupan primitif dan hukum rimba adalah gaya kehidupan lama dimana hal ini banyak diterapkan pada masa lalu ketika sebuah negara besar ingin menguasai sebuah negara yang kecil dengan alasan negara kecil tersebuat memiliki aset yang sangat besar dan menggiurkan untuk dikuasai.

Dijaman modern sekarang ini penjajahan memang sudah tidak ada lagi, tetapi pola pikir dan cara para penjajah yang dahulu diterapkan untuk menguasai negara lain oleh sebuah negara besar, ternyata banyak dilakukan oleh beberapa masyarakat secara individu dalam sebuah negara berkembang dengan tujuan untuk menjajah negaranya sendiri.
Dan yang sangat disayangkan ini terjadi hampir pada semua lapisan masyarakan yang berada dalam negara berkembang tersebut dengan tujuan masing-masing yang lebih mementingkan tujuan diri sendiri, sehingga perilaku dalam masyararakat seperti inilah yang menjadikan sebuah negara berkembang selalu sulit untuk berubah status dari negara berkembang menjadi negara maju.


Rubah pola kehidupan yang selalu mudah menilai orang lain dan selalu merasa diri sendirilah yang paling benar dan sempurna, hal ini akan berakibat pada kesombongan yang nyata, sehingga siapapun pemimpinnya untuk sebuah negara berkembang akan sulit untuk mengatur negara tersebut, karena semua orang ingin menjadi pejabat dan pemimpin yang mengatasnamakan pembawa amanat rakyat atau masyarakat tertentu.



TQ.

0 komentar:

Post a comment