14 June 2016

Bisnis Gadai Kendaraan Pribadi Yang Bisa Bikin Cepat Kaya

Bisnis, Info, Gadai, Kendaraan, Pribadi

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Menerima gadai sebuah kendaraan haruslah dilakukan dengan sangat teliti dan penuh kehati-hatian sebab jangan sampai tujuan yang baik yaitu ingin mendapatkan hasil tambahan dan bisa bikin cepat kaya, malah berakibat kerugian yang besar dan fatal, berikut adalah beberapa cara dan tips bagaimana menerima barang gadai kendaraan aman untuk bisnis pribadi.

1. Perjelas Identitas kendaraan.

Bisnis gadai kendaraan pribadi memang sangat menguntungkan dan bisa bikin cepat kaya tetapi jika tidak dilakukan secara hati-hati bisnis ini juga telah banyak menelan korban terutama dari pihak pengelola gadai kendaraan pribadi, oleh karena itu hal yang paling penting dari semua tentang gadai kendaraan pribadi adalah, ketelitian dalam mengantongi informasi tentang identitas kendaraan dan identitas dari pemilik kendaraan yang akan digadaikan kepada kita, berikut adalah langkah teliti yang harus dilakukan.

  • Cek kendaraan secara lengkap dari fisik dan kelengkapan surat-surat, lihat dan cek dengan seksama keadaan kendaraan yang akan digadaikan oleh teman kepada anda sebagai pemilik modal, Perhatikan kondisi kendaraan, apakah kendaraan layak untuk di gadaikan atau tidak. Lakukan langkah ini dengan sangat teliti dan perlahan, karena secara fisik kendaraan yang sehat dan layak jalan sangat terlihat walapun anda bukan pakar kendaraan. Setelah melakukan cek kendaraan secara fisik lalu lakukan pengecekan surat identitas kendaraan yaitu STNK dan BPKB, langkah ini bisa anda lakukan secara pribadi jika anda memiliki pengalaman atau jika tidak memiliki pengalaman, maka pengecekan dapat anda lakukan dengan melibatkan bala bantuan instansi terkait yang berhubungan dengan pengecekan identitas kendaraan. Lakukan penggesekan pada No.Mesin Kendaraan, Lakukan penggesekan No.Rangka Pada kendaraan dan cek keaslian surat STNK dan BPKB di SAMSAT terdekat.
  • Jika kendaraan masih dalam keadaan leasing maka langkah yang harus anda lakukan adalah minta kepada pemilik kendaraan bukti kontrak asli antara pemilik kendaraan dengan leasing kendaraan dan bukti setoran 3 bulan terakhir, langkah ini juga merupakan bentuk identifikasi yang baik terhadap identitas kendaraan, perhatikan keaslian surat-surat kontrak yang diberikan dan jangan lupa lakukan pengecekan pada Perusahaan leasing yang bersangkutan dengan "Pura-pura bertanya sisa hutang si pemilik kendaraan dengan tujuan pelunasan" jika data yang diberikan benar maka anda akan aman. Leasing kendaraan juga harus anda perhatikan dengan jelas sebab banyak juga kasus tentang penipuan nama leasing kendaraan fiktif, ini juga harus diperhatikan dengan baik, cek dan datangi, minimal langkah ini hanya untuk memastikan kebenaran dari perusahaan leasing kendaraan yang akan digadaikan.

2. Perjelas Identitas Pemilik Kendaraan.

Identitas pemilik yang harus dicek adalah:

  • Data pemilik yang tercantum pada identitas kendaraan harus jelas dan dikenali secara baik, dari nama, alamat yang jelas, utamakan pemilik kendaraan yang tinggal di rumah milik pribadi atau orang tua atau mentua. Jika pemilik kendaraan tinggal dirumah sewa, silahkan teliti lagi asal usul orang tersebut, jika menurut anda keadaan ini beresiko, maka anda berhak menolak permohonan gadainya.
  • Teliti pekerjaan pemilik kendaraan atau teman yang mengajukan permohonan gadai, hal ini juga penting untuk dilakukan, karena kejelasan pekerjaan juga berpengaruh dalam proses penyelesaian waktu gadai kendaraan yg digadaikan, karena mengakhiri waktu gadai kendaraan pasti memerlukan uang, jika penggadai tidak memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan yang jelas, maka peluang molornya pembayaran akan sangat besar dan ini akan merugikan anda.

3. Lakukan kesepakatan pemberian keuntungan kepada anda sebagai pemilik uang dengan perjanjian yang jelas, saat penebusan kendaraan gadai dilakukan.


Langkah ini juga penting sebab, keuntungan anda sebagai pemegang gadai kendaraan harus anda dapatkan karena bentuk gadai walau secara pribadi ini adalah bisnis, biasanya keuntungan itu merupakan bentuk kesepakatan yang dilakukan kedua belah pihak antara anda sebagai pemilik uang dengan mereka yang mengajukan gadai dengan menjaminkan kendaraan.

Keuntungan yang anda bisa ambil sesuaikan saja dengan jumlah uang yang dibutuhkan oleh sipenggadai kendaraan, ambil keuntungan yang tidak memberatkan, logis dan wajar hasil kesepakatan bersama, lalu tuangkan dalam bentuk perjanjian pinjam uang dengan menjaminkan kendaraan, hati-hati membuat perjanjian dan kesepakatan, karena semua yang digadaikan harus dicantumkan sebagai bentuk jaminan pinjam uang dengan jaminan kendaraan dengan batas waktu yang juga tercantum didalamnya.

0 komentar:

Post a comment