5 June 2016

Ide Pemasaran Yang Muncul Karena Melihat Pasar Rakyat Jalur Gocap Depok


Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Jalur Gocap adalah Pasar Kaget Rakyat Depok yang berada di Jl. Merdeka Depok 2 Tengah Kota Depok. Julukan Jalur Gocap sendri muncul karena harga barang-barang yang biasanya digelar oleh para pedagang yang berjualan di tempat ini semua kisaran hanya lima puluh ribu saja, sedangkan harga normal untuk jenis barang yang sama ditempat lain seperti mall atau departemen store bisa mencapai lebih dari ratusan ribu rupiah, ada juga yang mengatakan nama Jalur Gocap juga semakin terkenal karena kebiasaan para pembeli selalu memberikan harga penawaran pertama dari setiap barang yang di sukai selalu dengan menyebut nominal Gocap atau Rp.50.000,- saat menawar harga barang yang mereka sukai itu, karena dua versi cerita itulah mengapa pasar kaget rakyat yang ada di jalan merdeka Depok Dua ini di namai jalur Gocap hingga kini. 

ketenaran pasar rakyat jalur Gocap di Kota Depok menjadikan pasar ini ramai dikunjungi terutama oleh masyarakat yang tinggal disekitar kawasan pasar tersebut, pasar rakyat yang hanya buka satu minggu sekali ini selalu ramai dan tidak pernah sepi, hal ini diakibatkan karena semakin banyaknya jenis dagangan yang di tawarkan oleh para pedagang, juga pada Jalur Gocap ini juga terdapat berbagai jajanan  dan aneka kuliner sarapan pagi yang harganya lumayan merakyat dan kenikmatannya tidak kalah dengan kuliner yang ada di tempat-tempat elit dengan harga mahal.

Mengapa pasar kaget seperti Jalur Gocap ini selalu ramai dari pengunjung dan sepertinya setiap minggu jumlah para pengunjung tidak pernah berkurang malah terus bertambah ?

Jawabannya adalah sederhana, menurut hasil analisa yang kami lakukan ramainya sistem pemasaran sederhana seperti ini dan mengapa sangat digemari oleh masyarakat sebab: 

  • Cara pemasaran seperti ini adalah sistem pemasaran jemput bola, para pedagang berkumpul disekitar pemukiman warga, sehingga beberapa masyarakat sekitar yang mungkin tidak berkeinginan belanja akan terdorong juga untuk sekedar ingin tahu dan akhirnya mereka juga ikutan belanja, hal spontan seperti ini tidak dapat dilakukan jika masyarakat ingin berbelanja di mall atau departemen store.
  • Masyarakat sudah mengalami kejenuhan dengan sistem penjualan yang memberikan image harga yang mahal, karena image umum masyarakat semua barang yang ada di mall adalah barang dengan harga yang mahal dan fix, serta tidak bisa ditawar lagi.
  • Mengunjungi sebuah mall bagi banyak masyarakat memerlukan beberapa persiapan yang agak merepotkan, seperti pakaian yang akan digunakan, berdandan dengan rapi, transportasi apa yang akan digunakan, berapa ongkos yang harus dikeluarkan dan berapa uang yang harus dibawa untuk menuju ke departemen store atau mall yang akan mereka tuju.
  • Kecendrungan masyarakat sekarang suka dengan kegiatan olah raga pada hari minggu pagi, kadang momen seperti ini juga mereka manfaatkan untuk mengunjungi pasar rakyat seperti pasar jalur Gocap sambil berolah raga, mereka tidak akan bisa melakukan ini di tempat belanja resmi yang ada di luar pemukiman mereka, sepeti mall atau departemen store yang lain.

karena beberapa faktor inilah, mengapa pasar rakyat yang hanya sekali seminggu buka seperti Jalur Gocap selalu ramai akan pengunjung dan para pedagang yang berkumpul untuk menjajakan dagangan mereka bisa meraup untung yang lumayan dalam sekali berdagang, inilah simbiosis mutualisme antara para pembeli yang dimudahkan untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan dengan para pedagang yang berjualan.

Dari studi kasus ini mungkin kita bisa mengambil beberapa ilmu dan strategi yang tepat bagaimana jika metode pemasaran seperti ini lebih diperbanyak dan diperluas agar kelangsungan hidup para pengusaha UKM yang memiliki keterbatasan modal dapat meraih keuntungan optimal ditengah persaingan pasar yang sangat ketat seperti sekarang dan masyarakatpun akan bergairah untuk belanja karena disamping mendapatkan barang dan produk dengan harga miring juga mendapatkan hiburan dengan cara belanja yang lebih simpel dan merakyat yang akhir-akhir ini sangat digemari.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat.
Salam Sukses Selalu.

0 komentar:

Post a comment