7 June 2016

Menentukan Target Pasar Yang Tepat Dan Jitu Sehingga Dapat Memicu Omset Besar Dalam Bisnis

Bisnis, Info, Target, Pasar

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Target adalah titik sasaran yang merupakan tujuan dari sesuatu yang ingin di capai, dalam bisnis pembuatan target dengan tujuan terjadinya peningkatan omset adalah bagian dari upaya yang harus  dilakukan oleh perusahaan untuk tujuan meningkatnya omset pemasaran perusahan. Dalam bisnis implementasi dari taget biasanya adalah upaya marketing yang dilakukan oleh perusahaan dengan memaksimalkan seluruh barisan dalam bagian yang berhubungan dengan pemasaran produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Bagian-bagian apa sajakah dalam perusahan yang memegang peranan penting agar tercapainya sebuah target pemasaran yang akan dibuat.

1.Produk sebagai ujung tombak pemasaran.

Memiliki produk berkualitas dengan nilai manfaat yang tinggi dan produk dapat mencakup segmentasi pasar yang sangat luas atau produk tersebut dapat masuk pada semua kalangan masyarakat merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum membuat sebuah target omset dalam perusahaan itu sendiri.

2.Menentukan dan membuat strategi pemasaran yang tepat.

Sebelum membuat target untuk tujuan meningkatkan pendapatan dari penjualan barang atau produk, sebaiknya tentukanlah cara atau strategi pemasaran yang merupakan hasil dari penelitian tenaga ahli pemasaran dalam perusahaan, karena formula yang telah ditetapkan sebagi strategi pemasaran oleh perusahaan ini sangat menentukan tercapainya target yang di inginkan.

Contoh:

Traveloka membuat aplikasi gratis dengan tujuan menarik minat konsumen untuk membeli tiket baik pesawat atau kereta api melalui software yang dapat diunduh secara gratis oleh siapa saja dengan mudah melalui APP-STORE.

Apa yang dilakukan Traveloka adalah upaya marketing yang bertujuan untuk meningkatkan omset pemasaran berbagai tiket pesawat dan kereta api yang ada dalam software yang telah dibuat oleh Traveloka itu  sendiri.

Seperti inilah contoh dari strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan untuk menunjang pencapaian dari target omset yang saya maksudkan tadi, Silahkan anda buat strategi khusus dengan menyusaikan karakteristik dari perusahaan yang anda miliki dengan tujuan yang sama yaitu membuat strategi pemasaran yang tepat agar tercipta omset yang di harapkan dalam perusahaan milik anda sendiri.

3.Memilih SDM (Sumber Daya Manusia) yang tepat untuk menunjang target pemasaran.

Perusahaan harus memiliki SDM yang baik dalam mensuport kegiatan pembuatan target, sebab sebesar apapun target yang dibuat menjadi sia-sia jika tidak ditunjang oleh SDM yang berkualitas, seperti marketing misalnya, seorang marketing pasti akan menjadi ujung tombak pemikul target omset untuk perusahaan, oleh karena itu penting untuk melakukan penduplikasian secara tepat kepada mereka tentang segala ilmu marketing dan wawasan ilmu tentang produk serta cara pemasaran yang telah dibuat oleh perusahaan.

Setelah ketiga hal ini telah siap, barulah kita tentukan target yang akan dibuat untuk tujuan peningkatan omset perusahaan.

Tips cara membuat target yang tepat adalah dengan cara membuat target yang realistis.

Membuat target walau hanya sebuah angka yang sepertinya bisa kita lakukan secara asal atau sembarangan sebenarnya tidak demikian, membuat sebuah target pemasaran harus berdasarkan data omset perusahaan yang jelas, sebab hasil pencapaian dari target yang dibuat sangat bergantung pada hitungan real berdasarkan data pencapaian kenaikan omset yang pernah tercapai, itulah yang dikatan target yang realistis.

contoh:
Misalkan dalam satu bulan tertentu perusahaan pernah mendapatkan omset terbaik sebesar 300.000.000 dengan omset yang rata-rata di capai setiap bulan hanya 200.000.000 setiap bulan, maka perusahaan dapat memakai angka 300.000.000 sebagai angka target perusahaan minimal, sedangkan angka target yang paling maksimal dari angka 300.000.000 adalah sebesar 50% dari total omset tertinggi (300.000.000) yang pernah dicapai perusahaan.

Target minimal 300.000.000 merupakan real omset yang pernah didapat perusahaan.
Target Maksimal adalah 
50% x 300.000.000 = 150.000.000
Maka angka target realistis maksimal yang dapat di buat perusahaan adalah
300.000.000 + 150.000.000 = 450.000.000.

ini hanya contoh saja, minimal anda mengerti cara membuat angka target yang realistis berdasarkan data otentik dari perusahaan.

Dari omset terbaik perusahaan yang pernah didapatkan yaitu sebesar 300.000.000 kita dapat mengevaluasi berbagai hal yang berhubungan dengan pencapaian angka tersebut, pasti ada suatu hal yang menyebabkan ini bisa terjadi, maka kajilah dan evaluasi mengapa dan temukan jawabannya, karena penyebab pencapaian omset yang terbaik tersebut dapat digunakan sebagai strategi  tambahan untuk penunjang  tercapainya omset rutin dengan nilai yang sama juga hal ini bermanfaat dalam menentukan tercapainya target omset yang dibuat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara penentuan target pasar yang tepat dalam bisnis atau perusahaan yang kita miliki, semoga bermanfaat dan silahkan dikembangkan lebih baik lagi, atau padukan dengan strategi pembuatan target yang anda miliki.

Salam Sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment