16 June 2016

Strategi Bisnis Menjual Lebih Murah Yang Akan Memicu Omset Besar

Bisnis, Info, Menjual, Murah, Kuantitas, Konsumen, Pembeli

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan pasar atau merebut hati konsumen agar membeli yaitu dengan menjual barang dengan harga yang lebih murah dari harga yang ada di pasaran, sebab konsumen sangat menyukai harga pembelian dari suatu barang yang lebih murah dari yang lainnya, walaupun perbedaan harga yang diberikan oleh pedagang hanya berbeda 2000 IDR atau di bawah dari itu (kecil nilainya), hal ini sudah menjadi rahasia umum dan tidak ada keterangan yang jelas mengapa konsumen atau pembeli masih mengejar untuk membeli dengan harga yang  berbeda walaupun hanya sedikit.

Keadaan seperti ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan omset dalam bisnis yang kita jalankan, menjual barang atau produk milik kita dengan mengambil keuntungan yang tidak terlalu besar sehingga kita dapat memberikan harga jual yang lebih murah dari para penjual barang yang sama, dengan harga jual yang pasti lebih murah akan memberikan daya tarik tersendiri terhadap para pembeli.

Apakah cara atau strategi ini tidak merugikan ?
Dan Bagaimana keuntungan besar bisa diraih jika harga keuntungan yang diambil dari harga jual tidak terlalu besar atau bahkan berbeda dengan harga jual dipasaran.

Cara ini akan efektif jika berjalan dengan lancar, maksudnya perbedaan harga jual yang lebih murah dapat merangsang dan menjaring pembeli dengan jumlah yang lebih banyak, dari jumlah pembeli inilah diharapkan keuntungan besar masih tetap bisa didapatkan.

Contoh 1.
Harda Modal: 5000 IDR.
Harga Jual Norman atau harga umum : 10.000 IDR.
Keuntungan @barang: 5.000 IDR.

Pembeli yang datang untuk membeli ditengah persaingan harga jual yang sama dengan pedagang lain: 10 Orang masing-masing hanya membeli 1 barang.
Maka keuntungan yang kita dapat adalah: 10 x 5.000 IDR = 50.000 IDR.

Contoh 2.
Harga Modal: 5.000 IDR.
Harga Jual yang lebih murah atau tidak mengikuti harga jual umum dengan maksud untuk menjadi daya tarik pembeli: 8.000 IDR (beda harga dengan umum hanya 2.000 IDR).
Keuntungan @barang: 3.000 IDR.

Karena barang di jual dengan harga lebih murah 2.000 IDR dari harga umum, diharapkan pembeli lebih banyak yang datang, kita misalkan saja pembeli yang datang berjumlah 2x lipat karena murah: 20 Orang masing-masing membeli barang 1 buah saja.
Maka keuntungan yang kita dapat adalah: 20 x 3.000 IDR = 60.000 IDR.

Dari ke-2 contoh diatas, kita bisa lihat bahwa strategi penerapan menjual harga barang lebih murah dapat menjadi pancingan sehingga pembeli lebih banyak mengunjungi dan membeli barang atau produk pada kita, dari jumlah kuantitas pembeli inilah yang kita harapkan keuntungan besar dapat di capai.

Penerapan strategi ini pasti tidak langsung dapat berjalan dengan lancar, tetapi anda tidak perlu khawatir setelah lebih banyak pembeli yang ikut mempromosikan dengan bercerita kepada semua orang bahwa membeli ditempat anda lebih murah, secara perlahan tapi pasti gelombang pembeli akan secara perlahan akan datang untuk membeli ditempat anda berjualan, karena perbedaan harga yang anda berikan akan tersebar luas dan ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Selama konsumen belum maksimal untuk datang dan membeli pada tempat anda berjualan disarankan untuk terus bertahan atau tetap mempertahankan harga jual yang lebih murah, dan lakukanlah banyak penghematan sementara dari biaya pengeluaran atau operasional agar semua perputaran uang dapat seimbang selama menunggu hasil maksimal dari penerapan strategi ini.

Sekedar mengingatkan, jangan pernah menerapkan strategi ini jika anda menurunkan kualitas dari barang yang anda jual lebih murah, karena langkah ini tidak akan menjadi efektif lagi jika kualitas dari barang yang anda jual memiliki kualitas yang buruk atau tidak sama dengan barang sejenis di pasaran walaupun anda menjual barang yang buruk kualitasnya itu dengan harga yang murah.

Strategi pemasaran ini akan sangat efektif jika kita sebagai penjual tetap mengedepankan kualitas yang baik atau minimal memiliki kualitas sama dengan barang sejenis dipasaran.

0 komentar:

Post a comment