2 June 2016

Strategi Pemasaran Dalam Merebut Omset Di Bulan Ramadhan Untuk Marketing Dan Sales Motor

Bisnis, Info, Sales, Marketing, Motor


Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Di bulan puasa menuju lebaran angka penjualan sepeda motor selalu mengalami kenaikan dari bulan-bulan biasa, karena banyak para pembeli sepeda motor baru menggunakan bulan ramadan dan menjelang lebaran adalah momen yang tepat untuk membeli sepeda motor baru, baik pembeli yang membeli dengan cara cash ataupun dengan cara kredit. Ada beberapa sebab mengapa hal ini terjadi.

  1. Saat bulan ramadhan menjelang lebaran umumnya para karyawan dan pekerja sudah mendapatkan uang THR (tunjangan hari raya).
  2. Berkeinginan pulang kampung dengan membawa motor sendiri dan motornya harus baru.
  3. Kecenderungan mengganti motor tua dengan motor yang baru di Hari Raya.
  4. Memberikan hadiah lebaran kepada seseorang dengan membelikan sepeda motor baru.

momen ini dapat di manfaatkan untuk anda sebagai ajang meningkatkan omset agar bonus dari tempat anda bekerja akan lebih besar dengan memanfaatkan momen ini.

Sekali lagi ini adalah peluang, manfaat atau tidak, tergantung cara anda melakukan tindakan selanjutnya.

Momen in akan bermanfaat jika anda melakukan beberapa cara yang maksimal untuk mendapatkan hidangan kue yang sudah disediakan diatas, caranya adalah :

  • Lakukan penyebaran brosur kesemua tempat yang strategis dengan identitas dan kontak telepon, BBM, WhatsApp anda yang jelas, penyebaran brosur bertujuan menciptakan pemicu atau trigger agar calon pelanggan dengan kriteria di atas dapat anda temukan alias berjodoh dan akhirnya terdorong untuk memilih anda sebagai sebagai pelayan mereka dalam membeli motor.
  • Lakukan penyebaran brosure dimana saja dan kapan saja, karena memberikan brosur kepada siapa saja adalah bentuk dari sebab yang harus anda lakukan agar mendapatkan sebab terjaringnya pembeli.
  • Lakukan teknik pemasaran jemput bola, jemput bola adalah strategi pemasaran dengan cara mendatangi calon pelanggan secara langsung, aktivitas ini memang memerlukan waktu dan biaya, tetapi cara pemasaran ini cukup lumayan efektif dan menghasilkan, dalam menerapkan cara ini jangan terlalu menghabiskan waktu yang terlalu lama dalam setiap kunjungan, sebab anda juga harus mengatur waktu agar dalam satu hari dapat mengunjungi lebih dari satu orang calon pelanggan. 
  • Gunakan momen puasa sebagai kesempatan untuk membuat sebab, biasanya saat puasa, masjid adalah tempat yang paling ramai untuk dikunjungi masyarakat, anda bisa memanfaatkan momen ini untuk terjadinya sales, berikan brosur atau sekedar berbincang untuk menambahkan kenalan baru didalam masjid saat anda selesai melakukan ibadah sholat di siang hari.
  • Menggunakan momen di rumah atau sekitar tempat tinggal anda dalam melakukan promosi, sekitar tempat tinggal anda sebenarnya adalah lahan pemasaran yang harus anda kuasai, terutama saat momen puasa, caranyanya yaitu manfaatkan waktu malam hari setelah ibadah dengan bertemu teman atau keluarga di masjid atau di tempat tinggal mereka dengan tetap melakukan promosi, sebab saat bulan ramadhan anda akan bertemu dengan semua teman lama di lingkungan rumah anda karena bulan ramadhan semua orang akan beribadah dan berkumpul bersama keluarga, ini adalah kesempatan baik untuk  melakukan lebih banyak silaturahmi dengan menyisipkan promosi dan pemasaran didalamnya.
  • Maksimalkan promo-promo menarik yang telah di buat oleh perusahaan untuk meningkatkan pemasaran, menjelang puasa dan lebaran biasanya showroom tempat anda bekerja akan memberikan banyak promo menarik dalam tujuan memikat konsumen, hal ini harus anda manfaatkan segera sebagai ajang promosi pribadi, yang penting tetpi ingat jangan over claim, ikuti aturan main yang sesuai dengan kebijkan perusahaan tempat anda bekerja.
  • Gunakan daftar nama para pelanggan lama untuk kembali ditawarkan, satu hal yang harus anda ketahui motor adalah kebutuhan individu, setiap orang cenderung membeli dan memakai motor lebih banyak untuk keperluan dan aktivitas pribadi, kadang dalam satu keluarga banyak yang memiliki lebih dari satu buah sepeda motor sesuai dengan jumlah penghuni yang ada dalam rumah tersebut, wawasan ini boleh juga anda gunakan untuk melakukan penawaran kembali kepada para pelanggan lama yang mungkin akan membeli kembali atau melakukan repeat order (RO).
Semua tips sederhana ini benar atau tidaknya semua tergantung dari anda sendiri, ini akan bermanfaat jika anda memiliki kemauan untuk melaksanakan beberapa langkah diatas, sebab kesuksesan dari sebuah tujuan bukan seberapa hebatnya teori yang ada, tetapi ACTION lah sebagai penentu dari pencapaian yang diharapkan.

Selamat berburu pelanggan dan semoga berhasil.
Sukses untuk anda.
Doa kami selalu menyertai perjuangan anda.

0 komentar:

Post a comment