3 June 2016

Strategi Profesional Untuk mengembangkan Usaha Dan Bisnis Dalam perusahaan Milik Pribadi

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Strategi dan profesionalisme dalam mengelola suatu bisnis adalah dengan cara membangun dan menata semua bagian yang ada dalam usaha dan bisnis dengan profesional, apakah profesional itu ? profesional adalah melakukan sesuatu dengan terencana, terprogram dan tepat sasaran dengan harapan dan tujuan hasil yang optimal dari strategi yang telah dilakukan tersebut.

Kita dapat mengambil contoh beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia dan mereka menerapkan profesionalisme yang sangat tinggi dalam pengelolaan bisnisnya, sehingga perusahaan tersebut berkembang pesat dan memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat luar biasa, baik dari segi omset atau pendapatan perusahaan maupun tingkat percepatan pertumbuhan dan perkembangan usaha yang lebih luas, MNC Group misalnya. MNC Group kini telah menjelma menjadi perusahaan Raksasa di Indonesia bahkan di Asia, perusahaan yang di miliki oleh seorang Entrepreuner sejati Bp. Hary Tanoesoedibjo berhasil mengembangkan sayap bisnisnya keseluruh sektor bisnis yang ada di Indonesia.

Bisnis, Info, Strategi, Profesional


Dari perkembangan bisnis MNC Group ini, kita dapat belajar bagaimana mengelola sebuah bisnis secara profesional dengan Visi yang jelas dan terarah serta tepat sasaran.

Memulai segalanya dari awal dengan memaksimalkan potensi seadanya tanpa harus memaksakan untuk terlihat seperti perusahaan yang besar dan sempurna dengan tujuan membuat suatu daya tarik atau pemikat relasi dengan cara memaksakan diri, hal ini sangat berbahaya jika keadaan yang sebenarnya tidak demikian, harapan untuk bertumbuh menjadi sebuah perusahaan besar malah akan berbalik, karena hal ini bukan merupakan jati diri perusahaan yang sesungguhnya, perusahaan tersebut harus meminjam begitu banyak uang untuk berdandan yang sebenarnya belum saatnya, dan ini sangat berbahaya, karena memulai bisnis dengan terlalu berani meninjam uang atau berhutang dengan tujuan hanya untuk meninggikan pamor dan prestise merupakan sebuah kesia-siaan.

Perusahaan yang sekarang menjadi perusahaan besar merupakan perusahaan yang bermula dari perusahaan kecil dan sederhana, bahkan ada beberapa perusahaan yang dahulu sangat tidak di perhitungkan sama sekali dalam ajang kopetisi bisnis, tetapi sekarang berubah menjadi perusahaan yang besar dan mampu mendominasi pasar.

Tetapi sebaliknya perusahaan yang bermula dengan gebrakan hebat dan terlihat seperti perusahaan besar kini tenggelam dan tidak terlihat lagi sepak terjangnya.

Perusahaan hebat dengan awal sebagai perusahaan biasa sebenarnya hanya menerapkan satu rahasia bisnis yang umum dan biasa mengapa saya katakan demikian, karena strategi ini sebanarnya sudah banyak diketahui banyak orang tetapi enggan untuk mereka lakukan, yaitu:
  • Membuat suatu Target dan sasaran yang jelas dan menikmati segala proses yang harus dijalani.
  • Fokus dengan perkembangan bisnis awal dan berjuang dengan gigih untuk dapat menguasai pasar dengan menerapkan manajemen yang profesional dalam pengembangannya.
    Bisnis, Info, Strategi, Profesional
    Hal inilah yang dilakukan oleh MNC Group yang tetap fokus dengan awal bisnisnya sebagai perusaha Media Informasi dan sekarang telah berhasil menguasai sektor Bisnis Media di Indonesia.
Membelanjakan uang hasil keuntungan perusahaan dengan kembali melakukan investasi untuk lebih menguatkan dan memperkokoh penguasaan bidang bisnis yang difokuskan sejak awal, ini juga merupakan langkah dan strategi berikutnya yang diambil oleh banyak perusahaan yang hebat hari ini.
  • Menciptakan produk yang baru, mengembangkan aset baru dan memperluas penguasaan fokus usaha yang sama baik secara nasional ataupun internasional. 
  • Menerapkan strategi efektivitas, dengan melakukan evaluasi berkala setiap saat untuk pertumbuhan dengan pertimbangan dalam segala bidang baik Aset, Sumber daya manusia dan potensi pasar, memangkas yang menghambat pertumbuhan dan memaksimalkan yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan dan langkah ini dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran berdasarkan data hasil evaluasi perusahaan.
  • Berusaha dengan tetap unggul dalam kompetisi, Sebuah perusahaan besar yang telah menguasai pasar dengan jenis produk yang merupakan ciri dari perusahaan profesional dapat melakukan trik pemasaran dengan memberikan harga murah tetapi lebih berkualitas jika dibandingkan dengan pesaingnya yang memberikan harga murah dengan kualitas yang biasa, seperti yang dilakukan salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia

Bisnis, Info, Strategi, Profesional

  • "Garuda Indonesia dengan Citilink". setelah berhasil mengusai jenis penerbangan dengan sistem pelayanan terbaik dan profesional dalam setiap penerbangan berkualitas dengan harga tiket yang berbeda atau sedikit lebih mahal jika dibandingkan penerbangan murah milik perusahaan lokal lainnya, kini garuda sudah memiliki penerbangaan murah dengan kualitas pelayanan masih tergolong yang lebih baik dari banyak perusahaan penerbangan yang juga menjual tiket penerbangan lebih murah, strategi seperti ini diterapkan agar titik atas dan titik bawah dari target pemasaran perusahaan dapat dikuasai dengan baik.
Mengoptimalkan potensi awal dari perusahaan dan mengembangkannya hingga dapat menguasai pasar dan kokoh, merupakan kekuatan utama dari perusahaan tersebut untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi dengan mulai membuat bisnis yang baru tetapi masih dalam naungan bisnis yang sama, dengan tujuan untuk melakukan expansi dari bisnis yang baru dengan cara menerapkan strategi yang sama persis saat awal fokus dan merintis dengan bidang bisnis awal perusahaan.

Inilah rahasia strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada saat ini, baik di dunia maupun di Indonesia.

Demikianlah artikel singkat tentang strategi bisnis profesional untuk menciptakan bisnis yang berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dan mampu menguasai pasar, baik secara nasional ataupun internasional.

Terima Kasih dan Salam Sukses Selalu.

0 komentar:

Post a comment