10 July 2016

Beberapa Hal Penting Yang Harus Di Lakukan Untuk Mengantisipasi Arus Mudik Yang Semakin Parah Setiap Tahun

Sosial, Masalah, Kemacetan, Arus Mudik, Lebaran

Dari beberapa informasi yang di dapatkan baik melalui media online dan Informasi melalui Televisi, kita selalu melihat pemandangan kemacetan saat mudik hari raya lebaran, kemacetan yang selalu terjadi menjadi pemandangan umum yang dapat dilihat dengan sangat jelas, kemacetan ini timbul karena beberapa hal, yaitu;


  • Terjadinya tumpahan kendaraan secara serentak, baik kendaraan motor ataupun mobil yang bertujuan untuk merayakaan hari lebaran di kampung halaman.
  • Terjadinya penambahan pertumbuhan jumlah kendaraan yang sangat pesat tanpa adanya penambahan jumlah jalan yang menyesuaikan, atau lebih jelasnya adalah penambahan jumlah kendaraan tidak diiringi dengan bertambahnya jalan yang tersedia.
  • Adanya pemikiran yang seragam ditengah masyarakat bahwa pulang kampung atau mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih menyenagkan baik dari segi kenyamanan dan keamanan.
  • Adanya pendapat bahwa pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih menjadi pilihan sebab ketika sampai dikampung halaman kendaraan yang di bawa untuk pulang kampung tersebut juga bermanfaat sebagai sarana transportasi yang nyaman untuk berkunjung dan bersilaturahmi bahkan untuk jalan-jalan atau berlibur ke suatu tempat bersama keluarga di kampung halaman.
  • Masih kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas transportasi umum yang telah tersedia untuk mudik dan pulangkampung.
  • Kurang cukupnya jumlah armada transportasi umum dan kurang memuaskannya pelayanan transportasi umum untuk masyarakat yang ingin menggunakan sarana transportasi umum baik kereta, pesawat terbang, Bus ataupun kapal laut untuk mereka gunakan sebagai transportasi pulang kampung saat lebaran tiba.
  • Budaya saling mengandalkan dan kurangnya kordinasi semua instansi terkait untuk mengantisipasi budaya arus mudik dalam masyarakat setiap tahun.

Melihat beberapa alasan di atas sudah seharusnya ini merupakan PR (Pekerjaan Rumah) yang harus di kerjakan dengan sempurna oleh seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait, agar mudik untuk lebaran dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kemacetan yang berarti atau permasalahan lainnya yang selalu terjadi bahkan setiap tahun permasalahan pulang kampung untuk mudik semakin membengkak dan semakin besar seakan pulang kampung dan mudik setiap tahun merupakan cerminan begitu berantakannya management transportasi yang ada di negeri kita tercinta ini.


Berikut beberapa saran untuk siapa saja yang masih memiliki kepedualian dari segudang permasalahan untuk negeri ini, terutama untuk mengatasi masalah kemacetan yang selalu terjadi saat pulang kampung setiap tahun yang semakin bertambah parah, bahkan tahun ini kemacetan yang begitu panjang juga menimbulkan korban jiwa karena kelelahan dalam perjalanan. 


  • Atur volume penambahan jumlah kendaraan baru bagi masyarakat agar pertumbuhannya tidak terlalu cepat, atau minimal buatlah suatu pemikiran dan tindakan yang mampu menyeimbangi antara perkembangan penambahan jumlah kendaraan dengan jumlah jalan yang tersedia.
  • Tingkatkan jumlah armada transportasi umum yang cukup untuk masyarakat, tentunya dengan harga yang murah, pelayanan yang memuaskan dan keamanan yang juga terjamin, buat sebuah terobosan baru dalam hal transportasi umum yang dapat menarik perhatian masyarakat agar kembali mempercayakan transportasi umum sebagai pilihan untuk mudik lebaran.



Sekali lagi budaya mudik lebaran yang selalu di lakukan oleh hampir seluruh masyarakat untuk merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing merupakan hak setiap masyarakat yang harus mendapat dukungan dan fasilitas yang baik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar segala hal yang buruk tidak terjadi, karena itu diperlukan perhatian khusus dari semua pihak yang terkait agar budaya mudik untuk berlebaran dikampung halaman tidak selalu terlihat semakin buruk dalam segala hal setiap tahunnya.

0 komentar:

Post a comment