22 July 2016

Cara Belanja Murah Di Pasar Tradisional

Tips, Cara, Belanja, Murah, Di, Pasar, Tradisional

Belanja adalah kegiatan yang biasanya di lakukan oleh banyak kaum ibu untuk memenuhi segala kebutuhan dapur. Belanja kadang merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan jika dalam belanja kita dapat menghemat. Salah satu cara agar belanja bisa lebih hemat adalah dengan cara menawar dari harga yang diberikan oleh para pedagang di pasar tradisional. Kepandaian menawar dalam belanja sangat penting sebab menawar dengan harga terbaik dapat menghemat lebih banyak uang belanja, maklum sekarang memang sudah saatnya memiliki perencanaan yang rapih dalam mengatur keuangan, salah satu alasannya adalah kebutuhan semakin banyak dan tentunya berakibat pada tingginya angka pengeluaran setiap bulan dalam mencukupi berbagai kebutuhan.

Dalam berbelanja ada beberapa cara yang dapat di gunakan agar kita dapat memperoleh harga yang bagus (murah) dari para pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Para pedagang yang menjajakan dagangan pada pasar tradisional ternyata memiliki harga yang berbeda dalam mematok harga jual kepada pelanggan, ada dua macam harga yang biasanya di berikan oleh para pedagang yang berjualan di pasar tradisional, perbedaan harga ini biasa di berikan oleh para pedagang berdasarkan waktu kedatangan para pembeli yang akan berbelanja. 

Berikut adalah perbedaan harga beli berdasarkan waktu yang di berikan oleh para pedagang yang berjualan di pasar tradisional.
  • Harga untuk Para Pedagang (Reseller) adalah harga yang di berikan oleh para pedagang dipasar tradisional kepada para langganan yang memang sudah berlangganan lama, biasanya para pembeli ini membeli untuk di jual kembali pada warung, harga yang di berikan memiliki perbedaan yang cukup lumayan dengan harga yang diberikan untuk pelanggan yang membeli bukan untuk di jual kembali, perbedaannya memang tidak terlalu besar, tetapi jika kita kalikan dengan jumlah item barang yang di beli akan memiliki perbedaan harga yang lumayan juga besarnya. Biasanya harga murah yang di berikan oleh para pedagang khusus di waktu pagi hari atau antara waktu dini hari hingga selesai subuh, waktu yang singkat ini adalah bentuk seleksi yang dilakukan oleh para pedagang di pasar dalam mengelompokkan para pembeli yang datang untuk belanja, karena para pedagang ini beranggapan, para pedagang warung atau para langganan yang datang belanja untuk berjualan di warung biasanya di sekitar waktu tersebut.
  • Harga normal Untuk konsumen pemakai adalah harga normal atau harga umum yang biasanya diberikan oleh para pedagang yang berdagang dipasar tradisional kepada para pembeli yang datang lebih siang, para pedagang ini beranggapan para pembeli yang datang di siang hari adalah para pembeli yang belanja untuk kebutuhan dirumah atau belanja untuk pakai senndiri, karena itu para pedagang di pasar tradisional biasanya akan mematok harga konsumen kepada para pembeli yang datang lebih siang.

Dari dua jenis perbedaan harga berdasarkan waktu ini yang saya bocorkan kerahasiaannya kepada anda bisa di jadikan siasat atau strategi agar kita yang belanja untuk kebutuhan di rumah juga bisa ikut kebagian menikmati harga yang sama seperti para pemilik warung yang datang berbelanja di pasar tradisional yaitu kebagian harga untuk menjual kembali.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam berbelanja agar lebih murah atau belanja dengan mendapatkan harga yang sama dengan para pedagang di warung.
  • Gunakanlah kepandaian menawar barang yang akan anda beli dengan maksimal sambil menambahkan kata sakti “Kan ... Buat Jualan Lagi”. biasanya cara ini lumayan jitu, tetapi si pedagang juga pandai untuk percaya atau tidak dengan “kata saktti” yang anda pakai, sebab biasanya para pedagang akan melihat penampilan anda saat belanja, untuk mencegah ketidak yakinan penjual terhadap diri anda, saran saya adalah jangan terlalu menyolok dengan penampilan saat berbelanja di pasar tradisional, sebab penampilan akan menjadi penentu keberhasilan dari penggunaan “kata kunci” diatas.
  • Datanglah untuk belanja di pasar tradisional pada waktu yang bersamaan saat para pedagang warung datang untuk berbelanja, yaitu sekitar jam 12:00 dinihari hingga jam 4:00 pagi. Waktu belanja juga sangat menentukan keberhasilan dalam mendapatkan harga yang sama dengan harga yang diberikan para pedagang untuk para pedagang warung.
  • Belanja dalam jumlah yang lebih banyak dari setiap barang yang akan dibeli, trik ini juga merupakan bentuk penilaian seorang pedagang di pasar tradisional dengan para pembelinya, penilaian dan analisa sederhana yang di lakukan para pedagang dipasar tradisional untuk membedakan mana pembeli yang memang untuk berjualan lagi dengan pembeli yang belanja hanya untuk pakai sendiri. Jika anda ingin mendapatkan harga yang murah sekali lagi saya sarankan belilah barang atau kebutuhan yang akan anda beli dalam jumlah yang agak banyak, misal jika membeli cabai maka belilah cabai dengan jumlah 1Kg atau minimal 1/2 Kg, sebab dari jumlah pembelianlah identitas sebenarnya dari para pembeli yang membeli dapat terungkap, logikanya adalah para pedagang warung pasti membeli dengan jumlah banyak karena memang sengaja tujuan belanja mereka adalah untuk di jual lagi, tetapi bagi pemakai jumlah cabai 1Kg mungkin terlalu banyak, karena pasti akan berlebih walau untuk stok sekalipun, karena itu aturlah jumlah belanjaan yang akan anda beli dengan tetap tidak mengungkappkan identitas anda sebagai pemakai kepada para pedagang yang berjualan di pasar tradisional, sebab jika identitas anda yang sesungguhnya terbongkar, maka anda akan kembali mendapatkan harga yang normal sebagai pemakai bukan harga murah sebagai penjual warung.


Demikian keterangan singkat mengenai cara belanja murah di pasar tradisional yang dapat bermanfaat dalam program hemat uang belanja pribadi, semoga bermanfaat untuk kita semua dan salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment