26 July 2016

Cara Berbisnis Dropship Yang Benar Dan Tepat

Bisnis Info, Dropship

Dropship adalah suatu sistem atau suatu cara berbisnis reseller dengan memanfaatkan suplier yang di pilih sebagai penyedia barang untuk langsung mengantarkan barang pesanan secara langsung berdasarkan alamat pembeli atau pelanggan yang lengkap. Dropship singkatnya adalah jika anda berbisnis di internet dengan memasarkan barang atau produk milik suplier dan jika dalam langkah pemasaran yang di lakukan ternyata ada yang berminat, maka anda dapat langsung menginformasikannya pada suplier pemilik barang yang di pesan dan suplier akan langsung mengirimkan barang kepada pemesan yang membeli melalui anda.

Berikut adalah keuntungan menjalankan sistem penjualan Dropship dalam bisnis online.
  • Dropship adalah bisnis yang tidak sama sekali membutuhkan modal, tetapi harus di lakukan dengan kemauan dan semangat.
  • Dropship juga sangat tidak beresiko, karena anda tidak perlu memiliki stok produk untuk di jual, sehingga resiko barang tidak laku tidak akan terjadi.
  • Dropship dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan kantor atau aktifitas bisnis yang lain (part time).
  • Bekerja hanya dengan memanfaatkan internet.
  • Hasil yang di dapatkan tidak terbatas sebab andalah penentu besarnya penghasilan yang ingin anda dapatkan, semua tergantung kerja keras dan perjuangan diri sendiri, sebab sistem DropShip tetap memerlukan kerja keras dan kerja cerdas.

Dalam menjalankan bisnis menjual dengan menggunakan sistem Droopship ada beberapa hal yang harus anda lakukani walaupun beberapa hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap cara berbisnis dropship yang di jalankan, beberapa hal ini hanya merupakan strategi tambahan agar penjualan secar Dropship lebih efisien dan lebih “TOKCER”.

Apa sajakah yang menjadi tambahan strategi dalam menjalankan Dropship itu ?

  • Pelajari sedikit tentang produk knowledge atau pengetahuan akan produk yang anda akan pasarkan, Walaupun ini tidak terlalu penting dan tidak wajib bagi anda yang menjalankan sistem penjualan secara Dropship, tetapi kadang produk knowledge di perlukan ketika pembeli bertanya tentang produk yang akan di belinya, strategi ini bertujuan untuk menjalin “Trust” atau kepercayaan kepada pembeli terhadap apa yang anda tawarkan.
  • Dalam menjalankan bisnis Dropship, foto produk adalah bagian terpenting sebagai alat promosi dari produk yang akan di jual, oleh karena itu lengkapilah foto produk dengan resolusi yang baik dan jelas, sebab ini merupakan daya tarik bagi pelanggan dalam membeli barang atau produk.
  • Pelajari Tentang cara pengepakan dan cara pengiriman, walaupun langkah ini bukan tugas anda sebagai seorang Dropshiper, mengapa ini harus di pelajari sebab kadang pembeli menanyakan beberapa hal ini langsung pada anda, jika anda mengetahui hal ini maka anda dapat langsung menjawabnya dengan mudah walau hanya sebatas teori yang di ketahui. Pembeli kadang menanyakan “produk kapan sampainya dan di kemas dengan kemasan apa ? ” karena itu ketahuilah hal sepele seperti ini dari supier yang akan mengirimkan pesanan dari konsumen milik anda.

Dropship kadang jika dilihat seperti bisnis yang tidak begitu serius, sebabnya adalah banyak para pelaku bisnis Dropship yang menggampangkan bisnis Dropship yang mereka lakukan, mengapa mereka berprilaku seperti ini ? sebab bisnis Dropship itu sendirilah yang secara langsung mendidik para pelakunya memiliki prilaku dalam bisnis yang asal, karena saking keenakan mereka menjalankan bisnis dengan mudah secara Dropship. Padahal profesionalisme dalam bisnis harus di utamakan jika ingin menjadi bisnis yang besar di masa depan.

"Banyak para pebisnis Dropship yang mengelola bisnisnya dengan cara yang sangat jauh dari profesional, hal ini sangat wajar sebab Dropship benar-benar bisnis yang mudah dan sangat tidak bikin ribet, modalnya hanya memajang foto, lalu mereka mempromosikannya lewat media sosial atau internet dan jika ada yang membeli para pebisnis Dropship tinggal menghubungi suplier produk yang di pesan, lalu pengantaran barang ke tujuan pembeli langsung di lakukan oleh suplier ke alamat pembeli secara langsung, sedangkan Dropshiper sudah langsung menikmati keuntungan jualannya tanpa ribet."

Skenario penjualan barang secara Dropship yang mudah seperti yang saya jelaskan di atas sangat besar memiliki pengaruh dalam pembentukan karakter dan sikap seorang Dropshiper dalam menjalankan bisnisnya, yang di khawatirkan karena kemudahan dan simpelnya cara kerja para Dropshipper, menyebabkan mereka kurang profesional dalam bisnis mereka sendiri, atau menjadi terlalu santai bahkan ada yang lebih bahaya lagi yaitu ada beberapa Dropshipper yang hanya melihat uang keuntungan langsung saja tanpa berfikir terlalu keras dengan langkah servicing untuk pelanggan.

Untuk anda para pebisnis Dropship, saya menyarankan beberapa tips untuk anda agar bisnis Dropship yang anda kelola dapat berkembang besar dan memungkinkan untuk menjelma menjadi satu-satunya bisnis yang anda jadikan andalan sebagai penunjang penghasilan anda (menjadi bisnis utama kelak)
  • Lakukan sistem pejualan Dropship anda dengan cara yang lebih profesional.
  • Jangan hanya memikirkan keuntungan langsung saja.
  • Utamakan kepuasan konsumen dengan langkah servicing yang baik.
  • Jalin hubungan baik kepada konsumen yang telah membeli agar terjadi Repeat Order atau langganan dengan cara menjauhi sistem "Hit and Run" yang banyak diterapkan oleh para pebisnis Dropship pada umumnya.
  • Pelajari Produk Knowledge dari barang yang anda jual, sebab penguasaan akan ilmu produk juga merupakan penunjang kesuksesan menjual.
  • Pelajari secara detil tentang proses pengiriman dari para suplier yang anda pilih sebagai penyedia produk dan pengantar produk ke para konsumen yang memesan melalui anda.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bisnis Dropship yang dapat saya tuliskan melalui artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi inspirasi.
Salam sukses selalu.

-Depok Bisnis Info-

0 komentar:

Post a comment