15 July 2016

Cara Investasi Emas Yang Benar-Benar Menguntungkan

Bisnis, Info, Cara, Investasi, Emas, Menguntungkan, Benar

Investasi adalah bentuk atau cara berbisnis yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan untuk diri sendiri, salah satu cara mudah investasi untuk masyarakat adalah dengan cara membelanjakan uang untuk membeli logam mulia seperti emas misalnya. Dalam masyarakat yang memiliki kebutuhan beragam, membelanjakan uang dengan membeli emas memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Sekedar membeli perhiasan yang dapat digunakan untuk  menambah kecantikan untuk diri semata.
  • Membeli emas dengan tujuan menabung sebagian uang yang di dapatkan dari hasil bekerja atau berbisnis.
  • Membeli emas dengan tujuan untuk berinvestasi sebab emas adalah jenis logam mulia yaang selalu memiliki harga yang selalu mengalami kenaikan dan untuk jangka panjang membeli emas bagi sebagian orang merupakan benntuk investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.
Membeli emas dengan berbagai tujuan tidak dapat disalahkan, tetapi kita jangan salah membeli emas jika hanya sekedar membeli tanpa tujuan yang berarti dapat mengakibatkan kerugian yang besar dalam waktu yang singkat, seperti saat momen lebaran, bagi papa pedagang emas saat lebaran adalah saatnya mendulang keuntungan yang sangat besar, sebab banyak masyarakat yang membeli emas saat menjelang lebaran tiba dan setelah lebaran merek akan langsung menjual kembali emas yang telah dibeli sebelum lebaran kemarin itu.

Langkah pembelian emas semacam ini tanpa disadari oleh masyarakat sangat merugikan mereka, sebab emas yang di beli pasti memiliki harga ongkos pembuatan emas yang jumlahnya beragam yaitu berkisar antara 10.000 IDR / gram hingga 20.000/ gram, semua tergantung dari kebijakan yang diberikan oleh masing-masing toko yang menjualnya, bagi si pedagang emas potongan harga dan penambahan ongkos membuat emas tersebut adalah sebuah teknik atau cara untuk mendapatkan keuntungan dari masyarakat yang akan menjual emas yang mereka beli di toko yang sama saat mereka membelinya. Jika emas yang di beli memiliki berat 40 gram, maka potongan harga yang akan di kurangi oleh toko emas adalah berjumlah 40 X 20.000 IDR = 800.000 IDR potongan harga yang akan dikenkan setiap pembeli yang akan menjual emasnya kembali, sekarang bisa di bayangkann berapa besarnya para pedagang emas saat para pembeli secara serempak menjual kembali emas yang telah dibelinya sebelum lebaran, sekali lagi ini adalah sebuah teknik dan cara mendapatkan keuntungan para pedagang emas dari para pelanggannya.

Disisi lain, pola potongan dengan menamakan potongan ongkos untuk menjual emas ini tanpa di sadari oleh masyarakat adalah sesuatu yang sangat merugikan, sebab sadar ataupun tidak sadar masyrakat akan di rugikan oleh kelakuannya sendiri dengan menjual perhiasan emasnya terlalu cepat, kadang hitungan hari atau bulan, bahkan ada juga beberapa masyarakat yang membeli saat H-1 lebran dan menjual kembali setelah H+3 lebaran, yang lebih celakanya lagi  bagi sebagian masyarakat itu bukan masalah, yang penting "Biar tekor asal kesohor" :D.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa masyarakat tetap suka dengan potongan harga yang sangat tinggi saat mereka menjual kembali perhiasan emas yang telah dibelinya pada toko emas yang sama, berikut adalah sebabnya.
  • Pola pikir yang salah tentang makna dari hari lebaran, lebaran menurut sebagian orang adalah saatnya berhias diri, padahal makna sesungguhnya bukanlah demikian, fitrah seseorang bukan dinilai dari pakaian dan perhiasan yang baru tetapi diri sendiri yang berusaha untuk menjadi manusia yang baru dalam sikap dan perbuatan serta akhlak.
  • Ada pemikiran sebagian masyarakat bahwa emas adalah perhiasan yang sangat mudah untuk di jual kembali jika di bandingkan dengan membeli barang yang lainnya saat lebaran tiba dan apabila di jual kembali walau merugi karena mendapat potongan ongkos dari pedagang atau toko emas, itu tidak masalah bagi mereka. Jadi masyarakat membeli emas memang sejak membeli sudah memiliki niat untuk menjual kembali dalam waktu yang cepat dan singkat dari perhiasan emas yang mereka akan beli.
Jika membeli emas adalah bertujuan untuk menabung atau berinvestasi untuk jangka panjang, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membeli emas agar lebih menguntungkan.
  • Belilah perhiasan emas dengan kadar emas yang tinggi, yaitu emas dengan kadar 24 atau emas 99%, sebab emas dengan kadar seperti ini memiliki harga yang cenderung selalu mengalami kenaikan dan jarang memberikan akibat merugikan bagi pembelinya. (harga selalu stabil bahkan cenderung selalu naik).
  • Jangan terlalu cepat untuk menjual perhiasan emas yang telah dibeli, sebab menabung emas dan berinvestasi emas akan menguntungkan jika dilakukan dengan jangka waktu yang panjang.
  • Lakukan pengaturan keuangan yang tepat, ingat membeli emas dengan tujuan menabung dan berinvestasi adalah baik, karena itu gunakanlah uang untuk membeli perhiasan emas menggunakan uang yang benar-benar aman dan safe. Uang untuk menabung atau berinvestasi bukan merupakan uang belanja harian atau uang yang masih bercampur dengan uang kebutuhan lainnya. Gunakan uang yang benar murni hasil menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk menabung dan berinvestasi.
Demikianlah uraian singkat tentang cara berinvestasi perhiasan emas yang lebih menguntungkan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.

0 komentar:

Post a comment