20 July 2016

Cara Membangun Kesan Profesional Dalam Bisnis Milik Kita

Bisnis, Info, Cara, Membangun, Kesan, Profesional
Foto Dari : jenadyco.wordpress.com

"Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda". Kutipan dari sebuah iklan yang sering tayang di berbagai stasiun TV dengan makna yang sangat luas. Dalam bisnis kata-kata ini juga sangat bermanfaat bagi kita dalam upaya memberikan kesan profesional dari bisnis yang kita jalankan, sebab kesan baik dan bagus yang berhasil kita buat akan mebuahkan sebuah hasil yang baik. Ada beberapa kesan yang harus di bangun secara positif dalam menjalankan bisnis, yaitu:

1. Kesan Pribadi.
Kesan Pribadi adalah kesan yang harus terlihat bagus di mata masyarakat luas yang akan sangat mempengaruhi bisnis yang kita miliki, seorang pebisnis harus memiliki kepribadian yang baik dan tidak mengakibatkan orang lain "Il Feel" jika bertemu dan berbincang dengan kita secara langsung, kesan ini sangat penting, sebab prilaku dan sikap sangat mencerminkan bisnis yang kita miliki. Berikut adalah kesan yang harus di bangun oleh diri sendiri agar kesan terhadap diri sendiri baik di mata masyarakat yang sangat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang kita miliki.

  • Cara berbicara, kecerdasan dan gaya atau style seorang pebisnis yang profesional dapat langsung dinilai dari hal pertama ini, jika gaya bicara seseorang mencerminkan orang yang profesional sangat dapat di rasakan oleh lawan bicara, hal ini dapat dinilai dari gaya bahasa yang digunakan, sisipan kata atau bahasa yang sangat banyak mengandung wawasan ilmu yang melambangkan bisnis yang dimiliki dengan materi yang luas dan siapapun yang mendengarkan akan mudah untuk  memahami pembicaraan yang di sampaikan. Seorang yang sangat profesional juga dalam berbicara sangat mampu menjadi pendengar yang baik, artinya selain kepandaiannya dalam berbicara untuk menyampaikan sesuatu, seorang pebisnis handal juga mampu menjadi pendengar yang baik, sehingga lawan bicara yang di hadapi merasakan kesan kedekatan yang berbeda.
  • Cara Berprilaku, seorang pebisnis yang handal sangat menjaga sikap dan prilaku, memiliki pribadi yang mengagumkan bagi siapapun yang melihat dan merasakannya apabila berada dekan dengan tipe orang seperti ini, pebisnis profesional sangat memiliki pribadi yang pprofesional, sekali lagi profesional bisnis yang dimiliki oleh seseorang, sangat dapat dinilai dari bagaimana si pemilik bisnis tersebut berprilaku dalam pergaulan sehari-hari atau saat berbincang baik dalam keadaan santai ataupun berbincang dalam keadaan resmi yang bertujuan untuk membicarakan bisnis atau suatu pekerjaan yang akan di lakukan.
  • Cara berpakaian, seorang pebisnis juga dapat dinilai dari caranya dalam berpenampilan, wlaupun memang banyak orang yang tetap profesional dalam berbisnis dengan penampilan yang agak "nyeleneh" seperti seorang pengusaha yang sangat sukses Alm. Bob Sadino misalnya, walau dengan hanya mengenakan celana pendek hampir disetiap tempat atau saat melaksankan bisnis Alm. Bob Sadino tetap seorang pebisnis yang handal dan jangan di tanya dalam kepiawayannya untuk menjaga profesional dalam bisnisnya. Alm Bob Sadino adalah contoh pengecualian dari pebisnis yang tetap profesional walau penampilan yang agak nyeleneh, tapi jika kita perhatikan lagi dengan lebih dalam, penampilan Alm Bob Sadino yang nyeleneh di setiap aktifitasnya dengan hanya mengenakan celana pendek sangat tetap terlihat profesional jika beliau sedang bekerja dan berbicara dalam mengatur segala bisnis yang dimiliki, kepandaian dan kepiawaiannya menjadi seorang pemimpin yang memiliki karakter pebisnis profesional dengan pengalaman Internasional yang di miliki sangat terlihat jelas bagi siapapun yang berhadapan langsung dengan Bob Sadino. Anda boleh saja mengikuti penampilan seperti Alm Bob Sadino asalkan anda juga mampu menduplikasikan keunggulan yang lainnya dari beliau sehingga penampilan apapun yang anda tunjukan kepada orang lain sebagai jati diri anda sebagai seorang pebisnis tetap terlihat profesional karena tetap anda dinilai sebagi pebisnis yang profesional dari sisi yang lainnya.
2. Kesan Bisnis Yang Anda Miliki.
Sebuah bisnis yang memiliki masa depan yang baik adalah bisni yang selalu mampu menjadi trend dan memiliki brand yang baik dalam masyarakat luas serta bisnis tersebut memiliki masa depan atau prospek yang cukup baik. Bisnis yang profesional juga dapat dilihat dari segala aspek yang dapat dinilai oleh masyarakat secara langsung, oleh karena itu perhatikan beberapa hal di bawah ini yang dapat dijadikan bahan penilian oleh masyarakat terhadap bisnis milik anda, yaitu:
  • Kantor atau tempat domisili bisnis milik anda, sebuah bisnis yang besar harus terlihat seperti bisnis yang besar dari penampilan awal, salah satunya adalah tempat bisnis itu sendiri berada, jika anda memiliki tempat yang biasa di sebut dengan kantor maka jadikanlah kantor itu nyaman untuk di kunjungi oleh siap saja, buat kesan pertama dari tampilan kantor tempat anda bekerja.
  • Lokasi kantor atau lokasi bisnis, sebuah bisnis juga dikatakan bisni yang besar serta profesional jika berada dalam kawasan yang strategis dan ramai dengan transportasi yang terjangkau masyarakat luas dengan akses jalan yang mudah untuk di jangkau, hal ini menjadi penting dalam berbagai aktifitas yang akan anda lakukan bersama dengan para mitra bisnis atau klien yang akan mengunjungi kantor atau tempat berbisnis anda, anda perlu mengabaikan hal ini jika bisnis yang anda miliki hanya ada di internet atau bisnis yang anda miliki hanya secara online, sebab jika bisnis anda full secara online hal seperti seperti yang di sebutkan tadi bisa anda rubah dengan lebih mengutamakan perapihan website atau kantor anda yang berada dalam internet dengan memperbaiki segala penampilan dengan sempurna.
  • Kelengkapan alat kantor dan fasilitas kantor yang anda miliki. Pada bagian ini juga harus sangat diperhatikan dalam membangun sebuah kesan yang profesional, sebab banyak juga transaksi bisnis yang berakhir baik karena para klien atau calon konsumen merasa nyaman saat bertransaksi di tempat bisnis and dengan fasilitas yang memadai. Fasiltas kantor yang lengkap dan memadai memang memerlukan biaya yang mahal, tetapi bayaran yang anda berikan untuk membangun kantor dengan fasilitas yang lengkap akan terbayar setimpal dari beberapa hal, seperti klien akan memberikan kepercayaannya untuk berbisnis dengan anda, karyawan akan betah dan semangat untuk bekerja dengan fasilitas yang lengkap sehingga produktifitas mereka di harapkan akan lebih baik dan ini akan beimbas dengan omset perusahaan yang meningkat.
  • Visi dan Misi Perusahaan atau bisnis milik anda. Perusahaan yang akan menjadi besar adalah perusahaan yang didirikan dengan keyakinan pemiliknya, sejk awal si pemilik yakin bahwa perusahaannya kelak akan menjadi perusahaan yang besar, karena hal itulah visi dan misi perusahaan yang di buat adalah cerminan gaya dan style si pemilik bisnis itu sendiri.
  • Produk yang dimiliki oleh perusahaan. Produk juga merupakan bagian utama yang merupakan cerminan perusahaan profesional, produk yang memiliki kualitas dan manfaat yang baik di samping dapat memicu omset yang sangat baik untuk perusahaan, produk juga merupakan lambang dari profesional atau tidaknya sebuah perusahaan dapat dinilai oleh masyarakat luas.
Demikianlah artikel singkat tentang cara membangun kesan profesional dalam bisnis milik kita, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua sehingga berbisnis dengan profesional selalu dapat kita lakukan untuk kesuksesan kita di masa mendatang. Tetap selalu di ingat :
Kesuksesan dalam bisnis disamping karena kerja keras sebagai penyebabnya juga harus diiringi dengan profesionalisme yang tinggi, baik profesional pribadi maupun profesional bisnis yang kita miliki.
Salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment