22 July 2016

Cara Membuat Brand Yang Tepat Dalam Bisnis

Bisnis, Info, Brand

Brand adalah perwakilan dari identitas lengkap dalam sebuah bisnis atau usaha yang menggambarkan identitas, mutu dan kualitas dari produk, barang atau jasa yang di miliki oleh sebuah perusahaan atau sebuah bisnis.

Peranan brand juga bisa di katakan sebagai nama lain dari mutu dan kualitas yang mencirikan gengsi dari kualitas barang dan produk yang di hasilkan oleh suatu perusahaan.

Contoh : Jika orang membicarakan Air Mineral, maka semua akan membicarakan Aqua, walaupun brand dari bisnis air mineral sangatlah banyak bahkan puluhan hingga ratusan merek dagang yang beredar di pasaran Indonesia. Contoh Kedua, jika orang membicarakan Mie Instan, maka nama Indomie-lah yang akan muncul lebih banyak dari pembicaraan mereka.

Dari dua contoh di atas mengapa Aqua dan Indomie lebih banyak di bicarakan orang, karena Aqua dan Indomie sudah merupakan brand yang sangat hebat, seluruh masyarakat sudah mengenal kedua merek dagang tersebut. Hasil yang di dapat oleh Aqua dan Indomie hingga selalu diingat oleh banyak masyarakat tentunya membutuhkan sebuah perjuangan dan proses panjang yang tidak mudah, banyak upaya yang di lakukan oleh kedua perusahaan besar tersebut hingga sekarang kedua brand ini menjadi sangat familiar di telinga masyarakat luas.

Sebagai pebisnis dan pengusaha pastinya ada keinginan untuk mencapai posisi super brand di kalangan masyarakat luas terhadap produk dan barang hasil produksi perusahaan kita seperti pencapaian yang telah di raih oleh Aqua dan Indomie sebagai perwakilan kedua merek dagang terbesar di Indonesia, tetapi kadang kita masih bingung bagaimana caranya untuk membuat produk milik kita di kenal secara luas oleh masyarakat, berikut adalah beberapa cara membangun brand dari hasil analisa dari kedua merek dagang terbesar indonesia Aqua dan Indomie.

  • Jadilah pelopor dalam membuat suatu produk yang sangat di butuhkan oleh masyarakat luas.
  • Utamakan kualitas dan mutu dari produk atau barang yang telah di buat.
  • Jadikan produk kita adalah kebutuhan utama untuk masyarakat atau minimal produk yang kita produksi adalah produk kebutuhan alternatif yang utama.
  • Jika produk milik kita sudah banyak yang sejenisnya di pasaran, maka buatlah produk yang anda miliki berbeda dengan produk yang banyak ada di pasaran, baik dari bahan, cara pembuatan yang lebih baik, Kualitas, mutu dan jaminan kepuasan konsumen lainnya.
  • Jangan terburu nafsu untuk lebih mementingkan jumlah hasil produksi di bandingkan dengan mutu dan kualitas hasil produksi.
  • Lakukan upaya promosi dan sosialisasi terhadap manfaat dan mutu dari produk milik kita secara luas di masyarakat.

Mengapa hal diatas sangat penting untuk di lakukan, sebab brand bukan di ciptakan oleh perusahaan, perusahaan hanya bertuga membuat merek dan memproduksi barang atau produk lalu melakukan langkah promosi dan menjualnya, brand 100% tercipta karena manfaat, mutu dan kualitas yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari saat pertama mereka membeli lalu merasakan manfaat, mutu dan kualitas dari barang dan produk. Jika masyarakat puas maka akan ada repeat order dan upaya promosi gratis karena testimoni alamiah terhadap kelebihan suatu baran dan produk kepada masyarakat lain sehingga brand dengan sendirinya akan muncul dengan kuat dan kokoh dalam masyarakat secara luas.

Itulah sistem sederhana yang harus di lakukan oleh kita sebagai pemilik barang atau produk jika ingin memiliki brand yang di kenal sempurna oleh masyarakat luas.

Begitupun sebaliknya Brand yang buruk juga merupakan hasil penilaian masyarakat, karena upaya dan tujuan yang dimiliki oleh perusahaan dalam membuat suatu barang atau produk yang asal laku dan terjual. maka predikan brand buruk pasti akan di dapatkan dengan cepat, karena semua adalah hasil dari penilaian masyarakat luas.

Maka berhati-hatilah dalam melakukan langkah produksi jika ingin memiliki brand dengan nama besar dalam masyarakat sebab promosi negatif dari masyarakat jauh lebih cepat jika di bandingkan dengan promosi positif “Kesan pertama itulah yang sangat memberi pengaruh terbentuknya sebuah brand sebagai perwakilan dari identitas perusahaan dan produk yang di hasilkan.


Demikianlah artikel singkat tentang cara sederhana dan tepat menciptakan Brand dalam masyarakat, semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi inspirasi.
Salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment