17 July 2016

Cara Membuat Kesepakatan Dalam BIsnis Yang Efektif

Bisnis, Info, Cara, Membuat, Kesepakatan
Foto Diambil Dari : m.infospesial.net

Profesional dalam berbisnis sangat mempengaruhi terjadinya transaksi yang lebih banyak, ini adalah sebuah bukti menawarkan sesuatu kepada orang lain sehingga terjadi sebuah kesepakatan adalah bentuk terjadinya persetujuan dari pihal pebisnis dengan konsumen atau calon pelanggan, sebuah penawaran yang luwes dapat lebih unggul dalam pencapaian kesepakatan dengan konsumen atau pelanggan, berikut adalah cara menawarkan peluang atau barang dengan cara profesional dan luwes kepada calon konsumen dan pelanggan.

  1. Buat penawaran dalam bentuk layout atau bentuk draft yang jelas, rapi sebagai lambang dari pribadi bisnis milik anda yang profesional, lalu terangkan secara dan detil dari apa yang tertulis dalam penawaran yang telah dibuat.
  2. Terangkan apa kelebihan dari penawaran yang telah di buat dengan detil dan gunakan bahasa yang jelas, singkat dan tepat.

Dua langkah ini bertujuan untuk memberikan daya tarik khusus dari bisnis anda yang sedang di tawarkan, kesiapan fisik dan mental yang diiringi dengan kepandaian atau penguasaan terhadap materi yang akan di sampaikan kepada konsumen atau pelanggan sangat menjadi penentu dalam terjadinya kesepakatan.

Calon konsumen atau pelanggan yang telah menghubungi merupakan sebuah tanda bahwa mereka membutuhkan apa yang dapat anda berikan, jika dilihat keadaan ini sebenarnya transaksi 50% bisa di pastikan akan terjadi, sekarang penentunya adalah kita sebagai pengusaha yang akan melengkapinya menjadi 100% “DEAL” dengan menambahkan 50% dari kekurangannya, berikut adalah hal yang sangat diperlukan.

  1. Datangi pelanggan segera setelah mereka menghubungi anda.
  2. Bawa serta kelengkapan berbisnis anda dengan lengkap.
  3. Dengarkan apa yang calon konsumen atau pelanggan inginkan.
  4. Berikan solusi dari apa yang calon konsumen inginkan.
  5. Berikan jalan keluar dari keraguan calon konsumen atau calon pelanggan.
  6. Tunjukan bahwa anda berkualitas dengan memperlihatkan profesional dalam penampilan, sikap, ucapan dan gerakan serta jadilah pebisnis yang cerdas dalam menjawab semua pertanyaan.
  7. Berikan perhitungan harga yang tepat sesuai kemampuan calon konsumen atau calon pelanggan.

Setelah selesai melakukan tugas anda dengan melakukan semua hal yang tertulis di atas, tinggalkan calon konsumen anda dengan closing atau penutup pembicaraan tentang bisnis anda yang sedang anda tawarkan dengan bahasa seorang pebisnis profesional walapun ucapan itu hanya sekedar ucapan “Terima Kasih” dari anda sebagai pebisnis.

Follow Up.
Langkah Follow Up adalah kegiatan yang harus anda lakukan setelah itu, dalam melakukan follow up tidak harus anda kembali mengunjungi calon konsumen atau pelanggan, langkah ini sangat cukup dengan anda melakukan hubungan pembicaraan melalui telepon atau media komunikasi lainnya, langkah Follow Up juga jangan terlalu lama, lakukan maksimal 1 atau 2 hari dari hari presentasi yang telah anda lakukan.

Jangan pernah melakukan langkah Follow up melalui pesan singkat, sebab bahasa tulisan dengan bahasa pembicaraan sangat memiliki perbedaan yang cukup jauh dalam ikut memberi suasana dan maksud dari sebuah tujuan penyampaian yang anda lakukan dalam pemberian informasi kepada calon konsumen atau calon pelanggan.

Menyampaikan informasi dengan berucap lebih baik dari memberi informasi dengan menulis, sebab berucap sekaligus menyampaikan "Rasa".

Demikian keterangan singkat tentang membuat langkah kesepakatan yang efektif dalam bisnis yang anda tawarkan kepada calon konsumen dan calon pelanggan, semoga bermanfaat.
Salam Sukses Selalu. 

0 komentar:

Post a comment