21 July 2016

Cara Mengajarkan Menabung Pada Anak Sejak Kecil, Berikut Manfaatnya !!!

Sosial, Menabung, Anak

Membiasakan menabung pada anak adalah bentuk mendidik kepada anak agar terbiasa untuk hidup hemat, manfaatnya adalah anak akan memahami secara perlahan betapa berharganya uang yang diberikan oleh orang tuanya, sehingga anak akan mengerti bahwa hidup menghamburkan uang adalah tidak baik dan merugikan. 

Berikut adalah beberapa manfaat yang sangat terasa jika pendidikan menabung kita lakukan pada anak sejak dini.

  • Anak akan lebih mengutamakan menabung dan sikap ini akan menjadi karakter yang bermanfaat saat anak tumbuh lebih dewasa, mereka akan memiliki sifat yang tidak konsumtif dan sering menghamburkan uang.
  • Mendidik anak untuk tidak terlalu banyak memiliki keinginan yang sis-sia atau keinginan yang kurang bermanfaat dengan menghabiskan uang banyak yang tiddak bermanfaat.
  • Melatih dan mendidik serta menanamkan pemahaman bahwa uang adalah sesuatu yang harus di hargai dan dipakai dengan cara yang bijak, sebab uang adalah bentuk dari hasil sebuah pekerjaan yang di lakukan oleh orang tuanya, sehingga anak mengerti bahwa uang adalah hasil jerih payah orang tua yang harus di manfaatkan secara benar.
  • Mengajarkan kepada anak secara langsung mana kebutuhan yang penting dan mana kenutuhan yang tidak penting.

Banyak tempat yang dapat di jadikan untuk latihan anak menabung sejak kecil diantaranya adalah :
  • Celengan atau tempat menabung sederhana yang dapat anda beli pada toko buku atau mall dengan bentuk yang lucu dan unik sehingga anak memiliki gairah untuk mengisi celengan yang telah disediakan.
  • Membiasakan menabung saat sekolah, biasanya ada beberpa sekolah yang secara langsung juga memberikan pendidikan menabung kepada semua muridnya, kesempatan ini bisa kita gunakan dengan baik agar anak kita mau menabung dan terbiasa menabung.
  • Membuka rekening untuk anak pada bank-bank yang juga telah banyak menyediakan jenis tabungan untuk anak-anak.

Disamping pembiasaan kepada anak tentang kegiatan menabung, sebagai orang tua juga memiliki kewajiban untuk memberi contoh dalam hal prilaku hidup hemat pada anak sehingga segala upaya yang kita lakukan agar anak memiliki karakter hidup yang tidak konsumtif dapat berhasil dengan sempurna, sebab berbagai cara apapun akan sia-sia jika anak masih melihat pola hidup yang tidak mencerminkan pola hidup hemat dari kedua orang tuannya, semua akan sia-sia.

Karena itu mendidik anak agar memiliki karakter dan kebiasaan untuk menabung sebenarnya faktor terpenting ada pada bagaiman orang tua mampu memberi contoh dan memberikan pemahaman yang tepat secara nyata tentang menghargai uang dan bagaimana cara bijak untuk menggunakannya dalam lingkungan keluarga yang dilihat secara langsung oleh anak.

Demikianlah cara mengajarkan anak agar menyukai menabung sejak kecil dengan harapan anak memiliki sifat yang tidak cenderung untuk boros dalam membelanjakan uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya, semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi inspirasi.
Salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment