31 July 2016

Cara Mengantisipasi Berbagai Jenis Dan Karakter Konsumen

Bisnis, Info, Konsumen, Pembeli

Dalam berbisnis melayani konsumen dengan memberikan pelayanan yang memuaskan adalah keharusan bagi seorang pebisnis, sebab konsumen adalah pemberi omset dalam bisnis yang kita jalankan, melayani konsumen kadang di balas dengan kebaikan, kadang juga di balas dengan keburukan, semua tergantung pada kepuasan yang di berikan oleh kita sebagai pebisnis dalam pelayanan.

Berikut adalah tipe konsumen yang harus di ketahui.

  1. Konsumen yang mudah kecewa karena pelayanan yang buruk, konsumen wajar kecewa karena tidak mendapatkan apa yang diinginkannya dalam bertransaksi, jika hal ini di alami oleh kita sebagai pebisnis, untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki cara pelayanan dan sistem pelayanan dalam bisnis anda.,
  2. Konsumen yang kecewa karena produk yang tidak berkualitas. Konsumen seperti ini biasanya tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang anda tawarkan dengan tujuan ingin mendapatkan manfaat yang sama atau sesuai dengan apa yang di tawarkan kepada mereka, konsumen yang memiliki tipe seperti ini akan mengalami kekecewaan jika apa yang di tawarkan tidak sesuai dengan kenyataannya.
  3. Konsumen sensitif. Konsumen sensitif adalah konsumen yang memiliki kecenderungan mudah kecewa karena hal yang kecil atau karena hal sepele yang tidak di sengaja, kekecewaan konsumen seperti ini sangat mudah terjadi, karena itu berhati-hatilah dalam melayani konsumen dengan tipe seperti ini.
  4. Konsumen “CUEX”. Konsumen seperti ini adalah konsumen kebalikan dari konsumen sensitif, mereka cenderung tidak perduli dengan sikap, prilaku dan servicing dari orang yang melayani, konsumen CUEX memiliki tujuan hanya membeli lalu pergi tanpa komentar apapun.
  5. Konsumen Teliti. Konsumen Teliti adalah tipe konsumen yang akan membeli dengan cara pembelian dengan teliti, kadang mereka menggali sebanyak-banyaknya tentang informasi dari produk yang ingin di beli dan melakukan survei harga dengan berbagai cara, survei yang di lakukan oleh konsumen seperti ini biasanya lebih banyak bertujuan untuk melihat perbandingan harga.
  6. Konsumen sadis. Konsumen seperti ini adalah konsumen yang memiliki sifat egaois atau ingin untuk sendiri, sikap mereka hanya memikirkan keuntungan untuk diri sendiri, walaupun penjual rugi sekalipun, mereka tidak perduli. Sifat serakah dan egois sangat terlihat jelas di konsumen dengan tipe semacam ini.
  7. Konsumen Loyal. Konsumen yang memiliki sifat dan sikap positif, konsumen yang selalu membeli secara rutin karena berbagai alasan, diantaranya suka dengan produk atau barang yang di beli, suka dengan pelayanan yang ramah dan baik dan alasan lainnya. Konsumen Loyal biasanya selalu melakukan repeat order pada tempat belanja yang sama.

Setelah mengenal beberapa tipe konsumen seperti di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan.

  • Konsumen memiliki karakter dan sifat yang berbeda, tetapi memilki keseragaman keinginan, yaitu ingin mendapatkan pelayanan yang memuskan, maka kenalilah konsumen berdasarkan prilaku, setelah melihat dan merasakan prilaku dari konsumen dengan tipe masing-masing, maka kita harus lebih berhati-hati dalam melayani mereka. Berikanlh pelayanan terbaik anda.
  • Milki prosedur penawaran yang tepat kepada konsumen dalam hal: kejelasan perintah kerja dan kejelasan pemberian harga, langkah ini bertujuan agar konsumen sepakat terlebih dahulu dengan apa yang kita tawarkan.
  • Penjual harus memiliki sikap positif yang lebih dari konsumen.
  • Penjual harus memiliki kesabaran dan ketelatenan yang tinggi dalam melayani.

Diharapkan startegi menghadapi konsumen dengan berbagai watak, sikap dan sifat dapat di terapkan dengan baik oleh kita sebagai pebisnis dengan tujuan untuk mencegah kekecewaan konsumen yang memiliki berbagai tujuan dalam bertransaksi.

Sabar dalam melayani dengan mengedepankan sikap profesional kita sebagai pebisnis dapat menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi berbagai macan konsumen yang akan kita temukan dalam perjalanan bisnis.

"Sebab konsumen adalah RAJA !"

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menghadapi konsumen dengan karaketr yang sangat beragam dalam bisnis, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam Sukses Selalu
-Depok Bisnis Info-


0 komentar:

Post a comment