22 July 2016

Cara Mengantisipasi Opini “Sekarang Semua Orang Berdagang Sehingga Yang Beli Tidak Ada”

Bisnis, Info, Cara, Antisipasi, Banyak, Dagang, Berdagang, Saingan

Berbisnis adalah hal setiap orang dan semakin lama semakin banyak persaingan dalam segala jenis bisnis adalah bentuk pertumbuhan bisnis yang dapat mengakibatkan persaingan semakin ketat sehingga ada opini dalam masyarakat yang mengatakan “sekarang semua orang melakukan jualan atau berbisnis dengan cara berdagang, lalu siapa yang jadi pembelinya jika semua orang melakukan berdagang ?”.

Pendapat seperti ini tidak 100% benar dan jangan di jadikan sebuah kekhawatiran yang besar sehingga menyebabkan mental berbisnis menjadi turun, sebab persaingan yang semakin ketat dapat di atasi dengan cara menerapkan beberapa strategi yang tepat dalam setiap tantangan yang di hadapi dalam menjalankan bisnis.

Mengapa berdagang sangat di gemari oleh banyak masyarakat sekarang ini ?
  • Berdagang adalah jenis bisnis yang paling mudah untuk di lakukan, karena berdagang sebetulnya sering di lakukan oleh banyak orang tanpa sadar. Apakah berdagang itu ? berdagang adalah suatu kegiatan untuk mempromosikan sesuatu pada orang lain sehingga orang lain tertarik untuk juga memiliki sesuatu yang di promosikan itu, misal ketika anda membeli Adroid baru yang canggih lalu beberapa teman anda melihat kecanggihan dari aplikasi atau fitur yang ada dalam android milik anda, sehingga semua teman yang melihatnya ingin untuk juga membeli android serupa dengan anda merupakan sebuah promosi yang sangat erat kaitannya dengan cara sederhana dari berdagang.
  • Semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat membuat semakin mudahnya masyarakat dalam mendapatkan segala informasi yang sangat luas juga menjadi salah satu penyebab mengapa berdagang semakin digemari oleh banyak orang, sebab cara berdagang dahulu dengan sekarang sangat jauh berbeda, berdagang jaman sekarang sangat lebih efektif yaitu cukup dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, hal inilah yang memicu keinginan masyarakat yang dahulu mereka tidak sama sekali memiliki keahlian berdagang dengan adanya teknologi sekarang tugas berdagang yang mereka tidak bisa menjadi sangat terbantu melalui kemudahan teknologi yang ada.
  • Berdagang dapat di lakukan secara paruh waktu atau dapat di lakukan sambil bekerja atau sambil menjalankan bisnis yang lain, sehingga dengan menambahkan bisnis berdagang dalam kegiatan rutin sehari-hari sudah sangat cukup efektif terutama dari segi waktu dan tenaga bagi sebagian masyarakat yang memiliki kesibukan atau rutinitas, karena alasan waktu yang sibuk inilah berdagang banyak dipilih oleh masyarakat sebagai bisnis yang mudah untuk di jalankan.
  • Berdagang adalah bisnis yang tidak diperlukan sebuah keahlian khusus, modalnya hanya 3, yaitu: Kepandaian memilih barang yang akan di jual, kepandaian menentukan harga jual yang sesuai dengan produk atau barang dan kepandaian menjual kepada teman atau keluarga besar dan tetangga.

Karena mudahnya melakukan bisnis berdagang ada kekhawatiran persaingan berdagang semakin berat dan semakin tidak terkendali sebab semua orang kini memiliki bisnis dengan cara berdagang, bagaimana cara mengantisipasinya melihat keadaan seperti ini ?

  • Yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan rezeki berlebih kepada manusia yang mau berusaha juga dengan cara yang berlebih. Selama kita mau berupaya dengan cara yang lebih baik dan lebih banyak dari yang orang lain lakukan pasti hasil yang di dapatkan akan lebih banyak jika dibandingkan orang lain.
  • Gunakan hukum rata-rata, banyak menawarkan banyak yang menolak, sedikit menawarkan maka sedikit yang menolak, tidak mau menawarkan maka tidak ada yang menolak dan yanng membelipun juga akan tidak ada. Hukum rata-rata inilah yang boleh kita jadikan acuan dalam melakukan bisnis berdagang agar dagangan kita laris dan banyak yang membeli.
  • Lakukan bisnis berdagang dengan cara yang berbeda dari orang kebanyakan, seperti membuat berbagai inovasi agar dagangan atau cara berdagang anda berbeda dengan orang lain sehingga anda akan mampu bersaing bahkan mmampu memenagkan persaingan dengan menggunakan ide atau gagasan serta inovasi yang anda buat. Seperti contoh : dahulu orang melakukan bisnis ojek dengan cara mangkal di pangkalan ojek, kini dengan inovasi sebagian orang mereka berhasil membuat ojek dengan aplikasi atau ojek online, dahulu orang jika membutuhkan taksi mereka harus menunggu lamma hingga berjam-jam dipinggir jalan, kini jika mereka membutuhkan taksi ada aplikasi yang sangat mudah untuk mencari dan memanggil taksi yang akan langsung datang menjemput anda sampai depan pintu rumah anda, coba dari beberapa contoh yang saya sebutkan ini anda kaitkan dengan bisnis berdagang yang anda miliki, sehingga contoh ini dapat melahirkan ide yang unik dan menarik sehingga bisnis berdagang yang anda miliki bukan hanya berbeda tetapi akan diminati oleh seluruh lapisan masyarakat secara luas.
  • Anda harus memiliki target atau sebuah tujuan bahwa bisnis berdagang yang di lakukan secara partime saat ini akan menjadi sebuah bisnis besar yang akan anda andalkan sebgai bisnis utama milik anda kelak. Tujuan seperti ini juga dapat mempengaruhi bagaimana annda melakukan kegiatan berdagang yang anda lakukan saat ini, sebab tujuan yang jelas juga sangat baik dalam meningkatkan kualitas serta berbagai peningkatan profesional serta rancangan kedepan terhadap bisnis berdagang yang anda kelola saat ini.


Demikian uraian singkat tentang cara mengantisipasi opini yang mengatakan semua orang sudah melakukan bisnis berdagang sekarang yang dapat mempengaruhi gairah berdagang yang kita miliki menjadi menurun atau kurang percaya diri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi inspirasi. Salam sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment