12 July 2016

Good Servicing Adalah Jurus Jitu Memenangkan Persaingan Dalam Bisnis Yang Semakin Ketat

Bisnis, Info, Servicing, Pelayanan, Kepuasan, Konsumen, Pelanggan

Good Servicing atau pelayanan yang baik adalah bentuk tindakan nyata yang sangat penting dalam bisnis, sebab di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, pelayanan atau servicing yang baik kepada setiap pelanggan adalah kunci sebuah keberhasilan dalam berbisnis, pelayanan atau servicing yang baik dapat memberikan manfaat secara psikologis kepada pelanggan sehingga pelanggan akan setuju dengan apa yang anda tawarkan kemudian mereka akan mendapatkan kepuasan karena pelayanan terbaik yang kita berikan, oleh karena itu jika anda seorang pebisnis maka cara yang paling mudah untuk mempelajari bagaimana kita dapat memahami secara sempurna tentang pelayanan atau servicing adalah dengan memposisikan diri kita sendiri sebagai seorang konsumen atau pelanggan. 

Sebagai seorang pebisnis kita jangan melupakan bahwa kita juga adalah seorang pelanggan, kiatpun pasti sangat menyukai berada pada sebuah tempat bisnis yang memberikan pelayanan atau servicing yang memuaskan, inilah yang juga harus kita lakukan dalam mengembangkan bisnis yang kita miliki, dalam melayani pelanggan kita juga harus memiliki pelayanan atau servicing yang sempurna karena semua pelanggan pasti menginginkan untuk mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan, ini adalah "sebuah kunci rahasia" yang tidak boleh kita lupakan sebagai seorang pebisnis yang mengharapkan keberhasilan dari bisnis yang kita kelola.

Berikut adalah contoh implementasi servicing yang sepertinya merupakan hal sepele yang sering di lupakan oleh para pebisnis dalam memberikan pelayanan  kepada pelanggan.

  • Melayani Dengan Tulus Dan Ramah. Jika anda membeli sesuatu pasti anda akan suka jika orang yang melayani anda menyapa anda dengan sopan, ramah dan penuh ketulusan.
  • Memberikan salam penuh kehangatan kepada setiap pengunjung atau pelanggan dengan sempurna, contoh: saat seorang pelanggan datang ketempat bisnis anda lalu anda berikan sapaan terbaik padanya dengan kata-kata yang indah dan ramah seperti "selamat pagi bapak/ibu !! terima kasih telah berkunjung ketempat kami, ada yang bisa kami bantu bapak/ibu ?"
  • Pastikan semua pengunjung yang datang ketempat bisnis anda terlayani dengan baik dan tidak ada satupun pelanggan yang anda biarkan menunggu terlalu lama.
  • Hindari kebiasaan buruk menilai seseorang dengan penampilan, maksudnya adalah jika pengunjung berpenampilan keren dan terlihat memiliki uang banyak, kita dahulukan, sedangkan pengunjung dengan penampilan yang biasa-biasa saja kita abaikan.
  • Miliki kesabaran dan ketelatenan dalam memberikan pelayanan dan servicing kepada semua pelanggan walaupun pelanggan itu kurang merespon terhadap pelayanan terbaik yang anda berikan, tetaplah berikan pelayanan kepada tipe pelanggan seperti ini dengan sabar dan tetap ramah, karena disinilah ujian kita sebagai pelayan yang baik kepada konsumen atau pelanggan yang datang.
  • Ingat pembeli adalah raja dan mereka layak bersikap seperti raja, dan kita harus menerima itu dengan rela dan ikhlas.
  • Pelanggan boleh bersikap sesuka hati mereka, kadang sikap tersebut merupakan karakter yang sudah menjadi jati diri untuknya, tetapi bagi kita sebagai pelayan harus memiliki karakter dan sikap yang selalu mencerminkan keramahan dan ketulusan dalam melayani, sangat tidak di anjurkan kita sebagai pelayan untuk terbawa dengan karakter dari pelanggan, malah yang seharusnya adalah kitalah yang harus membawa pengaruh baik sehingga pelanggan yang berkarakter keras mengikuti sikap dan prilaku yang baik seperti kita pada akhirnya.
Manfaat dari penerapan beberpa hal di atas dalam bisnis kita.
  • Jika kita menerapkan beberapa hal yang saya tuliskan di atas maka kesan istimewa dari bisnis anda akan terlihat jelas oleh konsumen atau pelanggan yang datang berkunjung dalam bisnis anda tersebut.
  • Konsumen atau pelanggan akan mendapatkan kesan di istimewakan sebagai raja, karena pelayanan terbaik yang anda berikan.
  • Konsumen atau pelanggan akan melupakan harga dari barang yang akan dibelinya karena melihat pelayanan memuaskan yang anda berikan.
  • Terjadi keterikatan secara psikologis antara anda sebagai pemilik bisnis dengan para pelanggan atau konsumen sehingga mutlak anda akan mampu bersaing secara sehat dengan banyak kompetitor bisnis yang sama dengan bisnis milik anda tersebut.
  • Semakin banyak kesan baik dalam bisnis milik anda karena pelayanan yang diberikan akan berimbas pada promosi secara langsung yang akan di lakukan oleh pelanggan yang mendapatkan kepuasan terhadap layanan istimewa yang anda berikan kepada mereka.
  • Bisnis anda yang berawal sebuah bisnis yang biasa akan berubah menjadi bisnis yang luar biasa jika pelayanan dan servicing yang memuaskan dapat anda berikan kepada semua pelanggan dengan adil dan merata.
Demikianlah uraian singkat mengenai servicing atau pelayanan yang sangat memiliki peran penting sebagai jurus jitu memenagkan persaingan dalam bisnis yang semakin ketat.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Salam Sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment