14 July 2016

Keuntungan Menggunakan E-Money Dalam Transaksi Bisnis : Prepaid Card Dan Prepaid Software Dalam E-Commerce

Bisnis, Info, E-Money, Prepaid Card, Prepaid Software, E-Commerce

E-Money adalah uang dalam bentuk digital yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara luas dengan fungsi yang sama sebagai alat pembayaran secara elektronik dan digital. E-money memiliki keunggulan tersendiri dalam kegunaannya sebagai alat pembayaran, diantaranya adalah:

  • Lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan tugas sebagai alat pembayaran yang sah serta lebih memudahkan siapapun dalam bertransaksi tanpa harus repot membawa uang tunai sebagai alat pembayaran.
  • Memiliki keamanan yang baik, sebab masyarakat yang menggunakannya tidak perlu membawa uang kontan dalam melakukan pembayaran atau bertransaksi.
  • Sangat tepat untuk dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang mudah, cepat dan tepat bagi masyarakat umum.

Alat pembayaran elektronik atau alat pembayaran Digital Atau E-Money menggunkan dua media utama dengan perbedaannya masing-masing, yaitu:

  • Prepaid Software.
  • Prepaid Card

Apakaah Prepaid Card itu ?

Prepaid Card adalah alat pembayaran dalam bentuk kartu elektronik yang menggunakan chip tertanam dalam kartu yang dapat menyimpan data nilai elektronik atau nominal uang elektronik, pengisian kartu bayar elektronik ini dilakukan dengan cara memasukan kartu kesebuah alat yang dapat memberikan input informasi jumlah atau nominal uang elektronik pada kartu tersebut, alat yang di gunakan dapat membaca data dan menginput data yang dibutuhkan yang berhubungan dengan segala data dan informasi terhadap kartu yang di hubungkkan kedalam alat card reader. Kartu Prepaid Card mudah dalam penggunaannya dan hampir semua tempat transaksi memiliki fasilitas ini yang sering di sebut sebagai Mercant atau tempat bertransaksi. Sistem penggunaan Prepaid card sangat terintegrasi dan semua berdasarkan data yang telah di input agar pengguna dapat menggunakannya dengan mudah.


Apakah Prepaid Software Itu ?
Prepaid Software adalah Digital cash yang dapat di gunakan sebagai alat pembayaran dalam bertransaksi secara elektronik atau transaksi digital dengan data dan informasi yang tersimpan dalam hard disk sebuah server komputer atau PC komputer pihak pengelolanya. Mekanisme pemindahan dana elektronik pada Prepaid Software ini menggunakan jaringan komunikasi seperti internet yang juga memiliki integritas yang sangat baik antara pengelola, bank data, pengguna dan penerima pembayaran transaksi.

Kedua alat pembayaran elektronik ini atau yang disebut sebagai E-Money sangat dapat bermanfaat dan sangat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dalam bertransaksi sebagai alat pembayaran yang sah sama seperti mata uang yang telah beredar sebelumnya sebagai alat pembayaran. E-Money juga sangat bermanfaat dalam bertransaksi dalam bisnis jual beli online atau sering disebut masyarakat dengan sebutan E-Commerce.

0 komentar:

Post a comment