31 July 2016

Masalah Pendidikan : Anak SD Harus Menghadapi Pelajaran Kurikulum Berat Setara Dengan Pelajaran SMP Masa Lalu

Sosial, Pendidikan, Kurikulum, SD, Sekolah Dasar, SMP
Foto Dari : www.pendidikankarakter.com

"Kurikulum SD Tahun 2016 setara dengan pelajaran SMP di Jaman Orang Tuanya", kalimat ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi ketika saya memberikan pengawasan pada anak saat belajar untuk mengerjakan rumah, mungkin ini juga di rasakan oleh banyak orang tua yang mengalaminya ketika melakukan pendampingan saat membantu anak dalam mengerjakan tugas dari sekolah.

Karena keadaan ini saya ingin berbagi kepada semua pembaca dalam artikel ini bagaimana sikap kita sebagai orang tua agar anak dapat mengikuti pelajaran yang di berikan dan mereka dapat mengerjakan semua  Pekerjaan Rumahnya dengan baik, berikut adalah caranya.


  • Sebagai Orang Tua kita wajib melakukan pengawasan dan pemantauan secara langsung terhadap aktifitas anak di sekolah dan di rumah.
  • Lakukan pendampingan secara langsung saat anak mengerjakan tugas dari sekolah (saat mengerjakan pekerjaan rumah).
  • Berikan penjelasan dan cara mengerjakan semua tugas sekolah atau pekerjaan rumah dengan cara yang sederhana yang dapat di mengerti oleh anak.
  • Jangan langsung memberikan jawaban soal dari pekerjaan rumah anak kita, tetapi berikan penjelasan bagaimana cara mengerjakannya, lalu perhatikan apakah anak kita mampu mengerjakannya sendiri setelah di berikan pemahaman cara mengerjakan soal tersebut.
  • Kurangi waktu bermain dan perbanyak untuk membaca serta latihan untuk mengerjakan soal yang lebih banyak.
  • Ulas pelajaran yang akan di pelajarai setiap hari baik sebelum berangkat sekolah maupun setelah pulang dari sekolah.
  • Lakukan pemantauan dan pengecekan nilai yang di dapatkan setiap hari.
  • Jangan memarahi anak jika mereka sulit untuk memahami pelajaran yang kita terangkan, lakukan bimbingan dengan sabar.
  • Jika kita sempat untuk mendampingi anak di sekolah, maka lakukanlah, tujuannya bukan untuk memanjakan anak, tetapi langkah ini bertujuan untuk memantau dan memperhatikan prilaku anak kita saat sekolah, apakah mereka konsentrasi dalam belajar atau tidak.
  • Berkan pengertian dan pemahaman untuk selalu belajar dengan cara yang baik dan mudah  agar  dapat di mengerti oleh anak.
  • Sertakan anak kita dalam program pendidikan tambahan di luar jam sekolah agar pelajaran yang sulit dan tidak mudah di mengerti anak dapat dimengerti dan di pahami oleh anak.


Alhamdulillah dengan cara yang saya lakukan ini, anak saya yang masih duduk di bangku SD kelas III dapat mengikuti pelaran yang di berikan oleh Bapak/Ibu Gurunya di sekolah bahkan Anak saya mendapatkan Peringkat ke-3 di sekolahnya. 


Demikianlah sedikit tips dan cara melakukan pendampingan pada anak yang masih duduk di bangku SD dengan kurikulum 2016 yang berat agar mereka dapat mengikuti pelajaran dan dapat mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

0 komentar:

Post a comment