4 July 2016

Mendulang Omset Besar Dengan Memanfaatkan Momen Lonjakan Arus Mudik Lebaran

Bisnis, Info, Omset, Besar, Momen, Arus Mudik, Lebaran

Arus mudik yang sudah mulai terjadi sejak hari akhir bekerja sudah berlangsung, jalan luar kota yang semakin padat dan dipenuhi oleh para pemudik yang akan merayakan hari lebaran bersama keluarga di kampung halaman merupakan sebuah peluang besar bagi para pebisnis yang berdomisili di sepanjang jalur perjalanan arus mudik luar kota.

Padatnya pengunjung yang memadati jalur luar kota memberikan rezeki tersendiri bagi para pebisnis yang tetap memberikan pelayanan kepada para pemudik, diantara beberapa bisnis yang sangat terlihat memiliki omset yang cenderung naik saat arus mudik berlangsung adalah:

  • Bisnis Toilet Umum. Bisnis ini terbilang bisnis yang jarang diminati oleh para pebisnis sebab bisnis ini tidak terlalu bergengsi dari segi performa bisnis, padahal bisnis Toilet umum saat menjelang arus mudik memiliki omset yang sangat besar, terutama mereka yang memiliki Bisnis Toilet yang berada pada tempat strategis seperti terminal bus dan RestArea Jalan Tol. Bayangkn saja jika seorang harus membayar 2.000 IDR untuk melakukan aktifitas pergi ke toilet, bisa anda bayangkan jika pengguna toilet lebih dari 1000 orang dalam satu hari, berapa omset si pemilik toilet umum tersebut, silahkan anda menghitungnya.
  • Bisnis Makanan Dan Minuman. Bisnis ini juga merupakan bisnis berpeluang besar saat arus mudik terjadi, banyak para pebisnis kuliner yang telah mempersiapkan diri untuk menampung para pelanggan sekali lewat dalam satu tahun ini, para pebisnis makanan sangat berusaha untuk memberikan pelayanan dengan cara berlomba untuk bersaing dari segi harga makanan dan jenis makanan yang dijual, tentunya makanan yang dijual juga ditunjang dengan rasa yang nikmat sehingga dua langkah ini menjadi jurus yang sangat tepat untuk memikat para pemudik yang kelaparan saat perjalanan pulang kampung untuk mudik lebaran, langkah memberikan pelayanan yang sempurna juga diharapkan dapat memberikan kesan yang selalu teringat oleh para pengunjung agar saat lebaran mudik tahun depan mereka akan mampir kembali untuk beristirahat dan makan di restoran milik para pebisnis kuliner yang sama.
  • Bisnis Penjualan Tiket. Bisnis ini juga salah satu bisnis yang memiliki omset fantastis saat menjelang lebaran dan pulang kampung, banyak para pebisnis penjual jasa pengadaan tiket yang meraup untung hingga ratusan juta rupiah saat menjelang lebaran, tetapi dengan semakin berkembangnya jaman bisnis penjualan tiket banyak juga yang memiliki penurunan omset cukup signifikan, hal ini disebabkan mereka harus bersaing dengan beberapa aplikasi pembelian tiket secara online yang semakin banyak.
  • Bisnis Rental Mobil. Bisnis ini juga salah satu bisnis yang sangat memiliki omset besar saat menjelang lebaran dan saat arus mudik, sebab banyak juga para pemudik yang memang pulang kampung sengaja memilih untuk menyewa kendaraan pada rental mobil langganan para pemudik masing-masing, sehingga permintaan akan mobil sewaan sangat melonjak bahkan ada beberapa pengusaha rental mobil yang menambahkan jumlah armada untuk dapat melayani lonjakan pesanan akan kendaraan sewaan di hari lebaran. Omset para pebisnis rental mobil juga semakin besar dengan cara menerapkan strategi sewa "model baru" yaitu, mobil tidak dapat di sewa jika hanya untuk satu hari saja, para penyewa harus menyewa dengan paket sewa untuk pulang kampung yaitu sekitar satu minggu untuk satu kendaraan yang akan disewa tentunya dengan harga yang "wow.. lumayan mahal". Sekali lagi semua terjadi karena peluang dan kesempatan yang dibuat karena banyaknya permintaan mobil untuk dipakai pulang kampung atau mudik lebaran.
  • Bisnis Angkutan Umum. Bisnis ini juga melonjak omsetnya saat menjelang arus mudik, biasanya para pebisnis angkutan umum sudah hafal betul appa yang harus mereka lakukan untuk menjaring lebih banyak pemudik yang menggunakan jasa mereka, karena itu banyak para pebisnis angkutan umum berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan mutu terhadap konsumen yang menggunakan jasa angkutan umum milik mereka itu.
  • Bisnis Penjual Oleh-oleh dan buah tangan. Bisnis ini juga akan ramai dikunjungi para pemudik sebab pulang kampung tanpa oleh-oleh di anggap tidak lengkap, karena itu banyak para pemudik yang biasanya saat pulang kampung sengaja mampir untuk membeli oleh-oleh untuk saudara dan keluarga tercinta di kampung halaman, bahkan ada juga para pemudik yang membeli oleh-oleh atau buah tangan saat pergi untuk mudik dan saat pulang dari mudik, hal inilah yang memberikan omset cukup lumayan untuk bisnis oleh-oleh dan buah tangan saat arus mudik berlangsung.

0 komentar:

Post a comment