4 July 2016

Produk Unggulan Pasar Tradisional Yang Banyak Di Serbu Pembeli Saat Menjelang Lebaran

Bisnis, Info, Produk, Pasar Tradisional

Lebaran identik dengan memasak dan menyajikan makanan khas hari raya lebaran yang akan disajikan untuk keluarga atau tamu yang akan datang berkunjung, kadang ada juga masyarakat yang masih melakukan tradisi mengantar makanan saat malam takbiran kepada keluarga mereka, karena beberapa alasan inilah mengapa pasar tradisional selalu dipadati pengunjung saat menjelang lebaran atau menjelang malam takbiran.

Masyarakat biasanya memenuhi pasar tradisional untuk membeli beberapa kebutuhan mereka untuk merayakan lebaran terutama yang berhubungan dengan masakan dan hidangan sebelum lebaran atau hidangan saat lebaran, berbagai masakan khas lebaran atau beberapa masakan khas antaran di malam takbiran biasanya berupa:

  1. Rendang Daging.
  2. Semur Daging.
  3. Ketupat.
  4. Sayur pepaya untuk pelengkap makan ketupat.
  5. Dan makanan khas lainnya yang umum di sajikan saat lebaran atau takbiran.

Berdasarkan jenis masakan khas yang sering dibuat oleh masyarakat saat malam takbiran dan lebaran seperti di atas, tak heran jika beberapa bahan keperluan untuk membuat makanan tersebut saat menjelang takbiran dan lebaran sangat laku keras di borong oleh pembeli, berikut adalah beberapa bahan pembuat makanan khas takbiran dan lebaran yang sangat laku keras di pasar tradisional.

  • Pepaya. Sayuran ini adalah termasuk produk dagangan pasar tradisional yang sangat laris saat menjelang takbiran dan puasa, biasanya saat momen seperti lebaran haga sayuran ini pasti mengalami kenaikan, hal ini terjadi karena permintaan akan pepaya sebagai pelengkap pembuat sayur untuk ketupat sangat tinggi, terutama pepaya yang sudah di potong atau diiris seperti lidi pendek, pepaya yang telah diolah dan siap untuk di buat sayur pelengkap hidangan ketupat ini dijual dengan harga 10.000 IDR per setengah kilo gram.
  • Kulit Ketupat. Produk pasar tradisional ini juga tak kalah laku keras saat menjelang lebaran, sebab hampir semua masyarakat membuat ketupat saat menjelang lebaran, sehingga permintaan akan kulit ketupat sangat tinggi di pasar tradisional, bahkan karena tingginya permintaan akhirnya banyak bermunculan para pedagang musiman untuk ikut berjualan kulit ketupat di pasar tradisional. Harga kulit ketupat biiasanya di hargai 10.000 s/d 12.000 per 10 buah, tergantung besar atau kecilnya kulit ketupat yang akan dibeli.
  • Daging. Produk yang satu ini telah sangat diburu pembeli saat menjelang puasa apalagi saat menjelang lebaran, biasanya daging selalu memberikan respon dengan naiknya harga saat permintaan akan daging meningkat oleh masyarakat, dagin adalah bahan utama untuk membuat hidangan paling dinantikan saat lebaran, yaitu rendang daging atau semur daging, harga daging di pasar tradisional saat menjelang lebaran biasanya berkisar 120.000 IDR per kilo gram.
  • Kentang. Produk pasar tradisional yang satu ini juga tak kalah diminati ooleh para pembeli, kentang biasanya menjadi sayuran yang paling diburu saat menjelang lebaran, sebab fungsi kentang yang khas yaitu untuk membuat sambal goreng kentang adalah termasuk hidangan yang sangat digemari saat lebaran dan berkumpul bersama keluarga.
  • Bumbu Giling. Produk ini juga memegang peranan penting untuk membbuat hidangan saat lebaran tiba, tak heran para pedagang bumbu giling dipasar tradisional selalu ramai di borong para pembeli, mereka biasanya membeli bumbu giling untuk membuat rendang dan opor ayam sebagai hidangan utama di hari lebaran.
  • Kelapa parut dan santan kelapa. Produk ini juga sangat laku keras saat menjelang lebaran, sebab kelapa atau santan kelapa biasanya di gunakan sebagai bumbu utama untuk membuat makanan dan hidangan istimewa saat lebaran tiba, seperti membuat opor ayam atau rendang daging agar kedua masakan tersebut memiliki rasa yang mantap dan nikmat untuk dihidangkan di hari lebaran.

0 komentar:

Post a comment