27 July 2016

Ternyata Memiliki Sifat Iri Dapat Memberikan Dampak Baik Untuk Masa Depan, Ini Caranya

Sosial, Iri

Iri adalah sifat yang muncul karena melihat sesuatu keadaan dari orang lain yang lebih baik. Iri adalah sifat alamiah yang di miliki oleh setiap manusia, sifat iri ini di golongkan menjadi 2, yaitu :

  • Iri Negatif.
  • Iri Positif.

Apakah Iri Negatif itu ?

Iri Negatif adalah suatu sifat atau sikap yang muncul dari dalam diri karena melihat atau mendengar orang lain memiliki sesuatu keadaan lebih baik. Iri Negatif ini adalah bentuk dari suatu keinginan yang belum dapat diwujudkan karena kurangnya kemampuan, sehingga apa bila melihat sesuatu yang baik, maka si pemilik sifat iri akan selalu memberikan nilai negatif terhadap apa yang dilihat dan yang di dengar.

Sifat Iri Negatif jika tidak di hilangkan maka akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit hati lainnya, seperti :

  • Selalu negatif dalam menilai seseorang atau melihat suatu keadaan.
  • Menimbulkan nafsu yang berlebihan.
  • Gelisah yang berlebihan dan jauh dari ketenangan hidup.
  • Malu yang berlebihan.
  • Minder yang berkepanjangan.
  • Berusaha untuk mendapatkan sesuatu dengan cara yang salah.
  • Munculnya kesombongan baik sadar ataupun tidak sadar.
  • Merasa diri lebih baik, Tidak mau kalah dengan orang lain, selalu merasa benar.

Orang yang memiliki sifat Iri Negatif biasanya akan mengalami keadaan yang selalu sempit, mengapa ?

Karena sifat Iri yang dimilikinya itu akan menciptakan karakter yang tidak di sukai banyak orang, jika dalam kehidupan orang yang membenci lebih banyak jumlahnya di bandingkan dengan orang yang menyukai, maka bisa di pastikan hidup akan semakin sempit dan berbagai sebab datangnya rezeki yang di berikan Allah melalui tangan-tangan manusia akan terhambat.

Sifat Iri Negatif banyak juga timbul karena beberapa hal yang berhubungan dengan pendidikan dan ilmu yang kurang memadai, terutama ilmu Agama, Ilmu Agama adalah satu-satunya pembentuk karekter manusia yang lebih banyak, mensyukuri atas segala Nikmat dari Allah, sehingga Penyakit Iri Negatif tidak akan pernah datang dan masuk ke dalam diri.

Apakah Iri Positif itu ?
Iri Positif hampir sama dengan Iri Negatif, yaitu timbulnya rasa di dalam diri karena melihat sesuatu hal yang lebih baik dari orang lain, rasa yang timbul pada orang yang memiliki sifat dan karakter Iri Positif tentu sangat jauh berbeda dengan orang yang memiliki sifat dan karakter Iri Negatif.

Orang yang memiliki Sifat Iri Positif akan menghasilkan rasa salut dan bangga terhadap hasil pencapaian orang lain dan cenderung memberikan penghargaan atas prestasi atau perubahan lebih baik dari orang lain yang di lihatnya itu.

Sifat Iri Positif biasanya akan melahirkan beberapa sifat dan karakter positif yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah:

  • Selalu Positif dalam menilai suatu keadaan.
  • Memunculkan nafsu positif untuk mencontoh hal yang baik.
  • Memiliki kehidupan yang luas dengan pergaulan yang tidak terbatas. Karena orang yang memiliki Iri Positif memiliki sifat yang selalu ingin belajar dari orang lain tanpa batasan.
  • Percaya diri dan percaya pada kemampuan diri sendiri, serta memiliki optimis yang sangat tinggi karena melihat orang lain yang lebih baik.
  • Memiliki sifat rendah hati dan jauh dari kesombongan.
  • Memiliki kesadaran diri yang sangat tinggi dan memiliki rasa syukur yang besar atas segala hasil yang diperolehnya dalam hidup. 
Dari perbedaan kedua sifat Iri ini dapat di simpulkan bahwa, sifat Iri dapat memberikan manfaat besar untuk diri sendiri, manfaat besar itu tergantung dari sifat Iri yang mana yang dimunculkan oleh diri sendiri, jika Sifat Iri Positif yang dimunculkan  dalam sikap dan sifat, maka hasilnya dan manfaatnya jiga akan dirasakan oleh diri sendiri, yaitu sebuah manfaat dan kebaikan, tapi jika Sifat Iri Negatif yang di munculkan, maka perolehan hasil negatiflah yang akan di peroleh oleh diri sendiri.

Setelah mengetahui kedua perbidaan Iri yang dimiliki oleh hampir semua orang, sudah tentu pilihan akan di berikan pada Sifat Iri Positif. 

Sifat Iri Positif sangat baik jika di terapkan dalam setiap aspek kehidupan, misalnya.

  • Jika kita seorang pelajar atau seorang mahasiswa, jika kita Iri melihat kepandaian teman sekolah atau teman kampus kita, maka sifat Iri positif dapat mengakibatkan munculnya keinginan untuk juga memiliki prestasi yang sama dari teman kita tersebut.
  • Jika kita seorang Pekerja atau pebisnis sifat Iri Positif yang muncul karena melihat teman atau tetangga memiliki prestasi yang lebih baik dalam pekerjaan dan bisnis itu juga sangat baik, di harapkan sifat Iri Positif yang muncul ini dapat menimbulkan keinginan untuk bekerja lebih giat dan berusaha lebih keras untuk mencapai hasil yang sama dari teman kita tersebut.

Masih banyak contoh sifat Iri yang memberi manfaat untuk kita dalam kehidupan, karena itu peliharalah sifat Iri Positif dalam diri sendiri, dan lakukan pemupukan secara terus menerus terhadap sifat Iri Positif yang dimiliki dengan cara :

  • Tetap menjadi manusia yang tidak merasa puas dengan Ilmu.
  • Selalu Memiliki Keinginan yang kuat untuk belajar.
  • Tidak memiliki sifat pasrah dan cenderung pesimis dalam hidup.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan sifat Iri Negatif dengan sifat Iri Positif dalam kehidupan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment