17 August 2016

Beberapa Sebab Mengapa Konsumen Menolak Penawaran

Bisnis, Info, Tolakan, Konsumen, Penawaran, Reputasi

Salah satu tantangan yang harus di hadapi dalam bisnis adalah menghadapi tolakan yang pasti akan di jumpai saat melakukan penawaran, selama jumlah tolakan dengan yang menerima masih memiliki presentasi yang seimbang yaitu 50% (tolakan) dan 50% menerima, berarti bisnis masih berjalan normal, tetapi jika jumlah yang menolak lebih besar dan sangat jauh perbandingannya dengan yang menerima, maka kita harus melakukan evaluasi.

Pasti ada beberapa sebab yang salah mengapa hasil tolakan lebih tinggi bahkan yang menerima tidak ada sama sekali, berikut adalah alasan mengapa konsumen menolak penawaran yang kita berikan.

  • Konsumen menolak apa yang di tawarkan karena isu reputasi kita yang jelek.
  • Konsumen menolak apa yang di tawarkan karena harga yang di tawarkan tidak logis dengan pekerjaan, jasa atau barang yang di tawarkan.
  • Konsumen menolak karena belum membutuhkan barang, jasa atau pelayanan dari kita.
  • Konsumen menolak karena mereka telah menjadi konsumen loyal pada perusahaan lain (berlangganan).

Mari kita bahas lebih jauh semua penyebab ini dengan lebih lengkap.


1. Konsumen menolak apa yang di tawarkan karena isu reputasi kita yang jelek.

Reputasi penting untuk di jaga dalam melayani konsumen, karena jika reputasi tidak mampu kita pertahankan dan konsumen kecewa dengan pelayanan yang kita berikan, maka keadaan ini akan menghasilkan promosi negatif yang akan menyebar dengan cepat, keadaan ini sangatlah merugikan kita sebagai pebisnis, oleh karena itu hindarilah keadaan seperti ini.

Rasa kecewa yang di ungkapkan oleh konsumen karena beberapa sebab, diantaranya adalah :
  • Hasil pekerjaan yang kita lakukan tidak memuaskan.
  • Ada beberapa janji yang tidak di tepati.
  • Waktu yang tidak tepat dalam proses penyelesaian pekerjaan ( waktu yang molor dari jadwal).
  • Pelayanan yang tidak memuaskan (sikap dan prilaku).
  • Kecewa karena mutu dan kualitas pelayanan yang tidak sesuai dengan penawaran yang di berikan.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hindarilah sebab-sebab apapun yang dapat melahirkan rasa kecewa konsumen, jangan pernah merusak kepercayaan yang telah di berikan oleh konsumen, sebab hilangnya kepercayaan akan sulit di dapatkan kembali.

"Ada pepatah mengatakan jika kita kehilangan uang dalam bisnis, uang dapat mudah kita dapatkan kembali, tetapi jika kita kehilangan kepercayaan dalam bisnis, maka kepercayaan itu akan hilang selamanya".


2. Konsumen menolak apa yang di tawarkan karena harga yang di tawarkan tidak logis.

Penolakan yang di lakukan oleh konsumen, harga yang rasional dan sesuai dengan manfaat dari barang dan jasa yang di tawarkan sangat menentukan hasil yang akan di dapatkan, dalam membuat sebuah penawarab untuk konsumen lakukanlah banyak pertimbangan, apa sajakah pertimbangan tersebut ?
  • Dalam menentukan harga penawaran lakukan survei harga pasar yang serupa dengan yang akan anda tawarkan, jangan memberikan harga yang sangat jauh berbeda dengan harga umum atau harga pasaran jika kualitas pelayanan yang anda berikan tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan orang lain.
  • Lakukan kalkulasi dengan menggunakan data-data yang falid dan lengkap sehingga anda dapat mengeluarkan harga yang logis dan sesuai.
  • Lakukan penyeleksian secara ketat dalam membuat beberapa item barang atau pelayanan yang ada dalam penawaran yang akan di buat dan lakukan efisiensi pemilihan item dan jenis pelayanan yang tepat sehingga anda dapat melahirkan harga terbaik yang sangat relefan.


3. Konsumen menolak karena belum membutuhkan pelayanan yang anda tawarkan.

Tolakan konsumen karena belum membutuhkan pelayanan yang anda tawarkan, masih memungkinkan akan menerima apa yang anda tawarkan, karena itu sikapi penolakan dengan alasan seperti ini dengan tepatm sebab konsumen dengan alasan seperti ini boleh anda simpan dalam data konsumen yang akan di tawarkan kembalai setelah ini.

Yang terpenting adalah buat kesan yang baik walaupun mereka menolak anda, sebab kesan itu akan berguna untuk mempermudah anda menghubungi mereka lagi dalam waktu dekat. dan mungkin saja saat penawaran ke-2 itulah timing yang tepat untuk anda dan konsumen menerima anda dengan penawaran yang anda berikan.

Hal yang harus diingat dalam membuat sebuah penawaran, jangan pernah terlihat atau menunjukan rasa kecewa yang berlebihan kepada konsumen jika mereka menolak anda, sebab tolakan hari itu saat anda melakukan penawaran, mungkin saja akan di kenang oleh konsumen karena mereka terkesan dengan bentuk penawaran anda yang berbeda dan cara anda bersikap, lalu konsumen yang menolah sekarang mungkin akan memilih anda kembali kelak.


4. Konsumen Menolak karena mereka telah menjadi konsumen loyar perusahaan lain.

Konsumen loyal biasanya terbentuk dari suatu ikatan sebab yang mengikat antara konsumen dengan penyedia jasa atau barang, banyak hal yang dapat mengikat keduanya menjadi simpul yang sangat kuat yang tidak terpisahkan, salah satunya adalah munculnya kepercayaan yang kuat dari konsumen terhadap penyedia jasa dan pelayanan, karena mereka memiliki pelayanan yang memuaskan atau mereka memiliki kualitas barang atau produk yang hebat dan tidak di miliki oleh peruahaan lain.

Apakah konsumen loyal ini tidak dapat di rebut menjadi milik anda ?

Tentu saja bisa, dalam dunia bisnis hal seprti ini bukan merupakan pelanggaran hukum, selama upaya yang anda lakukan tidak melanggar hukum dalam segala aspek.

Bersaing untuk merebut hati pelanggan atau konsumen, sah-sah saja untuk di lakukan, selama cara yang di lakukan tetap elegan dan baik sesuai dengan hukum perdagangan atau jual beli yang ada.

Satu hal yang penting untuk di perhatikan, jika anda menginginkan untuk mengambil hati pelanggan dengan tipe seperti ini, maka buatlah suatu perbedaan yang menyolok dengan mengedepankan kelebihan dan kualitas pelayanan yang dapat anda berikan kepada para pelanggan atau konsumen dengan tipe seperti ini.

sehingga apa yang anda tawarkan dapat mengambil hati mereka.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sebab mengapa konsumen menolak penawaran yang anda berikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua dan salam sukses selalu.

-Depok Bisnis Info-


0 komentar:

Post a comment