15 August 2016

Cara Membangun Bisnis Bermodal Kepandaian Pendidikan Akademis


Bisnis, Info, Sukses, Pendidikan, Akademis
Kepandaian akademisi adalah kepandaian yang di peroleh oleh seseorang yang di dapat melalui pendidikan formal sehingga ilmu yang di dapatkan menyerap dengan baik dan siap untuk di terapkan atau di implementasikan dalam dunia kerja atau bisnis.

Hasil dari pendidikan dan belajar dalam bidang yang dipilih oleh seseorang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas diri sebagai pelengkap keberhasilan di dunia kerja atau bisnis yang akan di jalankannya, apalagi dunia kerja atau bisnis yang di lakukan sangat berhubungan dengan apa yang telah di pelajari oleh orang tersebut.

Berikut adalah langkah penting yang harus di perhatikan agar kepandaian akademisi dapat menunjang kesuksesan dalam bekerja dan berbisnis.

1. Tentukan Pilihan Bidang Akademis yang Tepat.
Memilih bidang akademis yang tepat sangatlah mudah, yaitu mulailah untuk memilih Akademisi atau bidang ilmu yang di sukai oleh diri sendiri, bukan merupakan saran orang lain, apalagi hasil paksaan orang lain, mengapa demikian ?
Akademisi atau bidang ilmu yang merupakan pilihan diri sendiri akan lebih mudah untuk di jalani, alasannya sederhana, karena “apa yang di pilih adalah hasil keinginan diri sendiri”, bagian paling awal yang sangat menentukan masa depan ini paling penting dalam menciptakan masa depan, keseriusan dan komitmen dalam belajar sangat di tentukan oleh suka atau tidak sukanya seseorang dalam bidang ilmu yang di pilihnya ketika belajar.

Jangan takut untuk mengungkapkan akademisi apa yang paling anda sukai, walaupun hasilnya banyak orang yang tidak setuju dengan keputusan yang anda ambil, komitmen anda di awal sudah mulai di uji dalam mengambil keputusan. Orang lain yang memberikan saran kepada anda harus anda jadikan cambuk untuk lebih serius dalam belajar dari bidang yang telah anda pilih dan berikan pemahaman dengan cara yang baik, apa alasan anda sehingga anda mengambil keputusan tersebut.

“Jangan mengambil keputusan yang salah untuk masa depan, ikuti kata hati dan rasa yang keluar dari dalam diri tanpa hawa nafsu, sebab apa yang anda pilih untuk masa depan akan ada konsekwensinya, yaitu bertanggung jawab dengan apa yang telah anda pilih untuk masa depan anda sendiri”.

2. Serius dalam belajar dan kuasai setiap pelajaran.
Kesuksesan masa depan dapat dimulai saat anda belajar menimba ilmu di kampus atau tempat pendidikan formal yang anda pilih, jika anda berprestasi dan memiliki nilai yang baik karena proses perjuangan belajar yang serius, maka itu merupakan bentuk dari pencapaian prestasi yang sangat berhubungan dengan masa depan anda sendiri, sebab nilai yang bagus merupakan hasil dari kegiatan belajar yang anda lakukan, keseriusan anda belajar adalah bentuk penguasaan ilmu yang di pelajari sehingga kualitas diri anda akan bertambah baik, inilah yang sangat di butuhkan untuk membangun masa depan.

3. Selesaikan proses pendidikan dengan cepat dan tepat waktu.
Jika anda mengambil pendidikan S-1, maka anda harus cepat selesai kuliah dalam waktu 4 tahun maximal, sebab jika lebih lama dari itu maka anda akan tertinggal dalam membangun sebuah kesempatan untuk masa depan, baik masa depan yang akan di bangun melalui pekerjaan ataupun membangun masa depan melalui bisnis. Penting dalam belajar untuk tetap fokus dengan belajar, hindari membuang waktu yang sia-sia dan jika memang tidak terlalu penting “janganlah mencari uang saat masih belajar atau kuliah”, tetapi jika anda terpaksa untuk mencari uang karena memang anda harus membiayai kuliah anda sendiri, maka anda harus lebih banyak berjuang dengan lebih bersemangat untuk lulus lebih cepat dan berprestasi.

4. Dapatkan Nilai Yang Sempurna.
Nilai yang sempurna atau hasil kuliah dengan IPK yang bagus sangat bermanfaat sebagai modal anda untuk masa depan, sebab jika anda berharap untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi akademis, banyak perusahaan yang memilih orang-orang dengan IPK dan nilai yang bagus, sebab nilai yang bagus dianggap sebagai bukti bahwa kualitas seseorang itu bagus.

Jika anda memilih untuk berbisnis atau memiliki usaha sendiri, nilai yang bagus merupakan bukti bahwa anda menguasai ilmu yang anda pelajari, sehingga akan bermanfaat dalam bisnis yang akan anda jalankan, terutama jika bisnis tersebut sesuai dengan pendidikan akademis yang anda pelajari.

Setelah lulus dengan predikat nilai yang bagus maka anda dapat langsung memilih untuk menciptakan masa depan anda sendiri dengan beberapa cara. Ingat anda sudah memiliki modal yang boleh di andalkan, yaitu hasil pendidikan dengan nilai yang bagus dan sekali lagi nilai yang bagus itu merupakan cerminan bahwa anda sangat berkualitas dalam bidang anda yang telah anda pelajari, maka anda bisa langsung dapat memulai dengan berkarya untuk menghasilkan uang dan menciptakan masa depan.

Jika anda memiliki relasi yang bagus maka gunakanlah relasi itu dalam mencari peluang, baik peluang yang ada dalam pekerjaan yang sesuai ataupun peluang utuk menciptakan sebuah bisnis.

Dalam memulai sesuatu hindari keraguan dan hindari tujuan “cuma uang”, sebab jika ini yang langsung menjadi tujuan anda maka anda akan kecewa, sebab apa yang anda harapkan belum tentu terwujud, lebih baik jadikan tujuan utama dalam praktek awal bekerja atau berbisnis adalah untuk membuat ilmu yang telah anda pelajari dapat di manfaatkan lebih dahulu, jika anda bekerja dan berbisnis dengan cara yang profesional maka uang pasti akan mengikuti.

Berikut adalah beberapa saran yang mungkin bermanfaat untuk anda dalam menerapkan pendidikan akademis sebagai peluang usaha yang dapat bermanfaat untuk masa depan.

  • Jika anda adalah seorang akademisi yang ahli dalam bidang teknologi dan komputer, maka anda dapat membuat begitu banyak peluang usaha yang sangat berhubungan dengan teknologi, silahkan berkarya dan lakukan bisnis yang sesuai dengan pendidikan anda tersebut, anda bisa memulanya dengan membuat sebuah bisnis lewat internet dengan biaya atau modal yang tidak terlalu besar, misalnya dengan memberikan jasa pelayanan pembuatan website atau pembuatan software dan program, atau bisnis apa saja yang masih berhubungan dengan bidang ilmu yang telah anda kasai saat anda menimba ilmu akadmis.
  • Jika anda adalah seorang ahli Arsitektur, anda dapat membuat bisnis yang berhubungan dengan segala hal yang berhubungan dengan keahlian rancang bangun yang anda miliki tersebut, misalkan dengan membuka usaha kontraktor atau jasa membuat rancangan bangunan baik secara pribadi atau bekerja sama dengan beberapa relasi anda, atau anda juga dapat berbisnis lain yang berhubungan dengan bidang Arsitektur lainnya, seperti pembuatan maket properti profesional.
  • Jika anda adalah seorang ahli dalam dunia kesehatan, anda dapat menggunakan keahlian anda ini dengan membuat layanan kesehatan secara profesional yang sekarang sangat di butuhkan masyarakat luas.
  • Silahkan kembangkan bisnis dan usaha lain yang sesuai dengan pendidikan akademis yang anda miliki.
Jangan pernah ragu untuk memulai, sebab masa depan harus di bangun dengan keyakinan dan keberanian, tanpa itu semua, apa yang telah anda raih dengan nilai dan kualitas yang baik saat menimba ilmu pendidikan akademis akan sia-sia dan tidak berguna, mulailah untuk merancangnya dari sekarang.

Anda juga boleh melakukan kerja sama bersama teman-teman anda dalam memulai bisnis profesional anda tersebut, membangun secara bersama-sama dapat bermanfaat terutama dalam menyatukan kekuatan dan kepercayaan diri saat memulai bisnis dan usaha yang akan di jalankan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara membangun bisnis masa depan dengan bermodal kepandaian akademisi yang anda miliki, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu.
-Depok Bisnis Info-


0 komentar:

Post a comment