27 August 2016

Cara Mempersiapkan Masa Pensiun Yang Tepat.

Bisnis, Info, Pensiun

Persiapan sebelum tiba pensiun atau selesainya masa kerja sebagai seorang karyawan tidak perlu untuk di takutkan jika kita telah memiliki kesiappan untuk menghadapinya, persiapan sebelum pensiun memang membuat bingung sebagian orang yang akan mengalaminya, sebab :

  • Bingung karena aktifitas pasti akan berubah total setip hari, aktifitas pergi kekantor yang biasanya di lakukan setiap hari, setelah pensiun tidak dapat di lakukan lagi, hilangnya aktifitas bekerja karena pensiun dapat membuat bingung siappun yang mengalaminya jika aktifitas pengganti bekerja belum di persiapkan sama sekali.
  • Banyak orang yang akan mengalami pensiun merasa kebingungan akan penghasilan yang akan hilang lebih banyak setiap bulan, hal ini terjadi biasanya pada mereka yang tidak memiliki tunjangan pensiun yang layak dari tempatnya bekerja, Karena tidak semua perusahaan swasta memberikan tunjangan pensiun yang sesuai.
  • Timbul kebimbangan yang besar di dalam diri apakah harus melamar untuk bekerja lagi pada perusahaan lain ataukan tetap beristirahat dan menikmati hari tua dengan cukup mengurusi cucu kesayangan.
  • Ada rasa kekhawatiran tunjngan pensiun yang di berikan perusahaan tempat dahulu bekerja akan habis untuk biaya hidup pada masa setelah pensiun.
  • Adanya keinginan untuk berbisnis tetapi tidak memiliki kemampuan dan ilmu untuk menjalankan bisnis, sebab saat bekerja memang tidak pernah berbisnis dan tidak sama sekali memiliki pengalaman berbisnis.

Kekhawatiran umum yang di alami oleh mereka yang akan mengalami pensiun seperti di atas adalah biasa terjadi, tetapi jika boleh saya menyarankan, buanglah rasa takut yang berlebihan saat menjelang masa pensiun, sebab di samping tidak baik untuk kesehatan jasmani dan psikologi karena terlalu berat berfikir dapat berakibat sesuatu yang berbahaya.

Masa pensiun adalah sebuah titik yang pasti akan di alami oleh semua orang yang bekerja, karena pensiun adalah hasil akhir dari pengabdian selama bekerja, peraturan yang juga harus di terapkan oleh perusahaan baik swasta ataupun perusahaan milik pemerintah dengan tidak lagi menggunakan tenaga kerja yang memiliki batas usia pensiun, sebenarnya adalah peraturan biasa yang memang harus di terapkan, tinggal kita yang mengalami masa pensiun jangan terlalu panik dengan keadaan ini.

Pada artikel ini, saya ingin berbagi kepada anda bagaimana cara menghadapi masa pensiun dengan strategi yang tepat sehingga masa pensiun dapat di jalani dengan penuh kebahagiaan dan bermanfaat, berikut adalah tipsnya.

  • Jika Anda merasa tunjangan hari tua yang di berikan oleh perusahaan terasa cukup untuk melanjutkan hidup, dan anda enggan untuk bekerja lagi karena pensiun memang tujuan yang paling anda nantikan, maka anda tidak perlu melakukan apapun, aktifitas bekerja yang biasanya di lakukan setiap hari, bisa anda ganti dengan kegiatan lain yang bermanfaat dan menyenagkan yang dapat menghasilkan sesuatu, walaupun hasinnya tidak sebesar penghasilan saat masih bekerja, seperti membuka bisnis sederhana di rumah tempat tinggal anda bersama istri tercinta, seperti membuka toko sembako lengkap, atau anda juga bisa berbisnis apa saja yang ringan dan dapat menghasilkan, yang terpenting adalah anda menyukai apa yang anda lakukan, konsep sederhananya adalah tetap beraktifitas dengan tujuan supaya tidak jenuh karena setelah pensiun waktu luang sangat banyak dan dapat anda manfaatkan untuk melakukan berbagai aktifitas yang anda sukai atau aktifitas yang dapat dikerjakan melalui hobi yang memang telah lama anda miliki, jika aktifitas ini rutin dapat berjalan, tidak menutup kemungkinan hobi itu akan berkembang menjadi sebuah bisnis yang dapat menghasilkan uang.
  • Jika anda meresa tunjangan hari tua yang di berikan oleh perusahaan kecil dan sangat tidak cukup untuk menutupi kebutuhan hidup yang masih sangat membutuhkan biaya, dan anda masih sanggup untuk bekerja keras dan lebih suka untuk bekerja kembali pada perusahaan lain, maka lakukanlah, yang terpenting adalah anda menyukai keputusan yang akan anda ambil ini, atau anda juga dapat melakukan bisnis yang sederhana tanpa modal yang harus besar, misal dengan menjalankan bisnis budidaya tanaman kegemaran anda, atau berbisnis budidaya ikan di kolam kesayangan anda atau bisnis apa saja yang berpotensi menghasilkan sesuatu. Beberapa minggu yang lalu saya bertemu dengan seorang pensiunan TNI angkatan darat yang memiliki keahlian sebagai pilot pesawat tempur, setelah pensiun seorang bapak yang berpangkat mayor ini bekerja kembali dan melamar pada sebuah perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia dan beliau di terima, lalu saya bertanya kepadanya mengapa bapak masih mau bekerja ? apa bapak tidak merasa lelah ? tanya saya padanya saat bertemu, lalu beliau berkata pada saya, saya masih ingin bekerja dan masih sangat suka dengan bekerja, bukan penghasilannya saja yang saya harapkan tetapi saya merasa hidup saya lebih bergairah jika saya masih beraktifitas, kata bapak yang satu ini. Masa pensiun akan menjadi indah jika kita tidak takut saat mengalaminya, dan lakukanlah pilihan apa yang harus di lakukan sesuai dengan apa yang kita suka, bukan karena terpaksa apalagi karena himpitan ekonomi. Ambilan keputusan dan pilihan yang tepat untuk diri sendiri, jangan bingung dan jangan ragu, sebab masih banyak yang dapat di kerjakan walaupun masa pensiun telah tiba.
  • Tetap berkarya adalah tujuannya dan memanfaatkan waktu untuk sesuatu yang bermanfaat adalah pondasinya, sehingga aktifitas itu akan membawa pada kenyamanan dan kebahagiaan, ingat sekali lagi kebahagiaan yang dapat diperoleh bukan karena masih bekerja dan menghasilkan uang banyak saja, tetapi menikmati hari tua dengan banyak aktifitas yang positif juga dapat bermanfaat, minimal hal tersebut dapat di jadikan contoh untuk generasi penerus terutama keluarga dalam bagaimana cara memanfaatkan waktu yang baik dan manfaat.

Berikut adalah beberapa langkah persiapan dini yang dapat di lakukan sebelum masa pensiu datang.

  • Bagi anda yang belum mengalami masa pensiun, tidak ada salahnya anda melakukan bisnis untuk persiapan masa pensiun akan datang, minimal saat pensiun datang, anda tidak akan kerepotan untuk memilih aktifitas apa yang tepat untuk anda lakukan, atau kerepotan untuk melamar kerja karena masih perlu uang sebagai penopang hidup, atau kerepotan untuk mencari bisnis yang tepat saat pensiun tiba.

  • Menabung saat masih bekerja juga merupakan salah cara yang paling tepat dalam mempersiapkan masa pensiun, karena itu pandailah dalam membelanjakan uang, mana yang lebih pentind dan tidak.

  • Ikuti program asuransi untuk hari tua pada asuransi terpercaya, langkah ini juga sangat banyak membantu anda dalam persiapan masa pensiun.
  • Lakukan beberapa investasi untuk masa depan, dengan melakukan investasi pada perusahaan atau bisnis yang benar dan memiliki prospek baik untuk masa depan.


Semua akan berjalan dengan baik jika perencanaan di buat dengan tepat untuk menghadapi masa pensiun yang tidak dapat dihindari oleh siapapun.

Demikianlan penjelasan singkat tentang bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi masa pensiun yang akan datang dan pasti di alami oleh semua orang yang bekerja. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu.
-Depok Bisnis Info-

0 komentar:

Post a comment