14 August 2016

Cara Mendapatkan Pelayanan Yang Tepat Dan Memuaskan Untuk Konsumen


Bisnis, Info, Pelayanan, Konsumen


Menjadi konsumen memang harus memiliki ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan transaksi baik secara online ataupun secara offline, hal ini di lakukan bertujuan agar saat melakukan transaksi konsumen mendapatkan kepuasan dari pelayanan terbaik yang di harapkan.

Berikut adalah tujuan utama mengapa menjadi konsumen harus memiliki ketelitian dan hati-hati dalam melakukan transaksi pembelian.

  • Ketelitian dan hati-hati sangat bermanfaat agar tidak tertipu oleh beberapa oknum penjual.
  • Ketelitian dan hati-hati sangat bermanfaat dalam mencapai tujuan mendapatkan pelayanan dan service sesuai yang diinginkan.
  • Ketelitian dan hati-hati sangat bermanfaat untuk memperkecil ruang gerak dari kegiatan atau praktek pemasaran yang overclaim yang banyak di lakukan oleh beberapa oknum penjual melalui internet.

Mengapa langkah hati-hati penting di lakukan ?

Maraknya bisnis yang menawarkan jasa atau penjualan barang secara online banyak membawa dampak yang baik, terutama dalam mempermudah konsumen untuk mendapatkan pelayanan jasa atau memperoleh barang yang di inginkan dengan cepat, semakin banyak para penyedia pelayanan jasa dan penjual online membuat konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih pelayanan yang tepat untuk kebutuhan yang di inginkannya.

Sikap teliti dan lebih berhati-hati itu sangat baik dalam upaya melindungi diri dari segala bentuk dampak negatif yang dapat terjadi karena kesalahan dalam memilih atau mendapatkan pelayanan jasa serta memilih transaksi yang tidak sesuai dengan penawaran yang di berikan oleh para penyedia jasa dan penyedia barang kebutuhan konsumen yang sangat banyak di jaman sekarang.

Selama ketelitian dan hati-hati yang diterapkan tepat dan tidak terlalu berlebihan, maka konsumen akan menemukan manfaat dari langkah protektif yang di lakukannya, tetapi jika konsumen menerapkan langkah over selektif dan over protektif malah akan membawa dampak yang sangat merugikan diri sendiri, diantaranya adalah :

  • Lebih sulit dalam memilih pelayanan jasa yang tepat sesuai kebutuhan.
  • Lebih sulit dalam memilih barang atau produk yang di butuhkan.
  • Malah akan lebih banyak membuang biaya dan waktu karena terlalu over selektif.
  • Dapat menimbulkan kesan sebagai konsumen yang unfriendly dan kurang menyenangkan sehingga terbangun image yang kurang baik sebagai konsumen.

Dalam praktek memilih pelayanan atau memilih penyedia jasa dan barang terhadap kebutuhan agar mendapatkan pilihan yang tepat dan mendapat pelayanan yang baik, ada beberapa cara yang dapat di terapkan oleh konsumen secara benar, yaitu :

  • Hak konsumen adalah memilih, tetapi dalam memilih tidak di anjurkan untuk sekedar mencari perbandingan harga yang paling murah atau harga termurah saja, tanpa melihat kualitas, sebab sudah menjadi rahasia umum, setiap barang atau jenis pelayanan yang murah belum tentu akan dapat memuaskan kebutuhan.
  • Ambil keputusan atau jatuhkan pilihan kepada jenis jasa atau penyedia barang yang telah berpengalaman dalam melakukan pelayanan kepada konsumen dengan jaminan kepuasan konsumen yang memiliki testimoni atau kesaksian pelanggan yang telah merasakan pelayanan dari penyedia jasa atau penyedia barang yang bersangkutan, lakukan penelitian secara seksama dan kumpulkan data otentik yang di perlukan.
  • Pastikan pelayanan purna jual dan garansi dari penyedia jasa atau barang yang akan di pilih, biasanya penyedia jasa atau penyedia barang yang memiliki kredibilitas dan profesional akan mengedepankan hal ini dalam melayani konsumennya.

Cara di atas merupakan strategi yang paling tepat untuk mendapatkan pelayanan jasa atau penyediaan barang sesuai yang diinginkan konsumen, agar konsumen dapat menerima pelayanan jasa dan barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, sebab jika salah dalam menerapkan cara yang tepat seperti di atas maka resiko yang lebih besar akan di dapatkan oleh konsumen yang memiliki cara salah dalam melakukan seleksi terhadap pelayanan jasa atau penyediaan barang yang di butuhkannya, sehingga apa yang di harapkan sulit di dapatkan.

Demikianlah penjelasan singkat bagaimana cara menjadi konsumen yang bijak dalam melakukan pilihan dari penyedia jasa atau penyedia barang sesuai kebutuhan yang tepat, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam Sukses Selalu.
-Depok Bisnis Info-

0 komentar:

Post a comment