3 August 2016

Cara Mengantisipasi Penyalahgunaan Kepercayaan Dalam Bisnis

Bisnis, Info, Penyalahgunaan, Kepercayaan, Penghianatan, Korupsi
Foto Dari : richardbistrong.com

Kepercayaan dalam bisnis merupakan bentuk tanggung jawab besar yang harus di jalankan dengan sempurna. Saking begitu pentingnya kepercayaan, ada sebuah ujaran yang banyak di gunakan oleh para pebisnis profesional tentang pentingnya kepercayaan, yaitu “Kehilangan kepercayaan jauh lebih berbahaya jika di bandingkan kehilangan uang, sebab kehilangan uang masih banyak cara untuk mendapatkan uang tersebut kembali tetapi jika kehilangan kepercayaan, maka kepercayaan akan sulit di dapatkan kembali”.

Ada beberapa sebab mengapa seseorang dapat menyalahgunakan kepercayaan yang telah di berikan.

  • Orang yang menyalahgunkan kepercayaan adalah orang yang memiliki karakter dan sifat yang sangat jauh dari kejujuran, sifat seperti ini juga semakin menjadi karena mereka memiliki sifat serakah atau ingin untung lebih besar untuk diri sendiri.
  • Adanya peluang dan kesempatan untuk melakukan penyalahgunaan kepercayaan karena kurangnya pengawasan dari internal perusahaan.
  • Adanya peluang dan kesempatan yang di buat oleh konsumen atau pelanggan dengan tujuan untuk mendapatkan pelayanan dan service lebih murah (lewat jalan belakang), biasanya kasus seperti ini melibatkan karyawan atau orang kepercayaan dalam perusahaan yang kita miliki.
  • Kurangnya profesional perusahaan dalam memberikan keuntungan dan penghargaan pada para pekerjanya (karyawan atau orang kepercayaan).
  • Kurangnya ketegasan perusahaan dalam membuat aturan terhadap pelanggaran ini.


Beberapa penyebaab di atas adalah pemicu utama terjadinya penyelewengan kepercayaan, semua itu sebenarnya dapat di cegah jika pengusaha dapat lebih jeli dalam memberikan pengawasan terhadap bisnisnya. 

Berikut adalah cara antisipasi masalah penyelewengan kepercayaan.

  • Perusahaan harus lebih berhati-hati dalam menerima pekerja atau karyawan, lakukan tes psikologi yang ketat saat melakukan perekrutan karyawan baru, sebab penyebab utamanya penyalahgunaan kepercayaan adalah berasal dari sikap dan karakter orang yang bersangkutan.
  • Lakukan langkah pengawasan ketat dalam perusahaan di semua bagian dalam perusahaan anda, lakukan upaya proteksi yang lebih baik agar peluang terjadinya penyalahgunaan kepercayaan dapat di cegah.
  • Buatlah aturan dan kode etik profesional yang jelas dan tegas terhadap pelanggaran kepercayaan yang di lakukan oleh karyawan.
  • Berikan penghargaan yang sesuai dengan etos kerja semua karyawan yang anda miliki dalam perusahaan, sebab salah satu penyebab terbesar terjadinya penyalahgunaan kepercayaan adalah kurangnya penghargaan dari perusahaan terhadap hasil pekerjaan yang telah di lakukan oleh karyawan.

Berikut adalah beberapa contoh peluang yang sangat memungkinkan terjadinya penyalahgunaan kepercayaan oleh karyawan dalam sebuah perusahaan.

  • Karyawan yang memiliki keleluasaan bekerja di luar dengan interaksi yang sangat luas dengan konsumen atau klien dalam perusahaan.
  • Karyawan yang memiliki wewenang penuh dalam bidang keuangan atau perijinan atau pengambil keputusan penting yang berhubungan dengan konsumen atau klien milik perusahaan.

Pada bagian penting ini perusahaan harus lebih ketat dalam melakukan pengawasan, sehingga kebocoran yang dapat merugikan perusahaan dapat di cegah atau minimal dapat di kurangi sehingga kerugian perusahaan sebagai akibat dari penyalahgunaan kepercayaan yang di lakukan oleh karyawan dapat di cegah.

0 komentar:

Post a comment