30 August 2016

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis dengan menerapkan strategi Analisa Detil dan Langkah Antisipasi Yang Tepat.

Bisnis, Info, Omset, Pertumbuhan

Omset terus turun dan sulit untuk naik banyak di alami oleh para pebisnis, kadang keadaan seperti ini banyak mengakibatkan rasa frustrasi berkepanjangan. 

Sebelum kita membahas bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dalam bisnis, kita harus mengetahui penyebab mengapa omset selalu turun dan sulit untuk bertumbuh.

Mari kita lakukan analisa bersama !!!

Faktor Umum yang biasanya sering terjadi sebagai penyebab turunnya omset adalah :

  • Adanya input dan output yang tidak seimbang dalam bisnis anda, apakah input ? dan apakah output ? saya telah menuliskan pada artikel sebelumnya yang dapat anda baca silahkan klik di sini. Cash flow biasanya sangat di tentukan oleh perputaran input dan output yang seimbang, sehingga stok barang yang anda miliki akan selalu sehat dan selalu mampu melayani setiap pembeli dengan stok yang sangat cukup dan memadai.
  • Setelah Input dan Output yang sehat dari hasil analisa, maka cobalah untuk menganalisa pengaturan keuangan atau manajemen keuangan dalam bisnis anda, bisnis yang di kelola dengan manajemen yang baik pasti akan mejadi bisnis yang sehat, sebab vitamin dari bisnis yang dapat menyebabkan pertumbuhan bersumber dari keadaan keuangan, misalkan : anda belanja untuk stok barang pasti memerlukan uang, anda menggaji semua karyaan dan tenaga marketing yang handal juga menggunakan uang, anda melakukan upaya promosi juga memerlukan uang, semua bergerak karena ada bahan bakarnya yaitu perputaran uang yang sehat. Jangan-jangan bisnis mulai turun omset karena bisnis anda terlalu banyak melakukan penghematan biaya karena bisnis terlalu banyak harus membayar hutang sehingga biaya atau dana yang sangat di butuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan tidak tercukupi, sehingga banyak aspek yang juga ikut terbawa karena masalah keuangan yang di hadapi dalam bisnis milik anda tersebut.
  • Cash flow bagus, keuangan bagus, kok mengapa masih turun juga ? kelemahannya mungkin ada di bagian stok barang, bagian promosi dan pemasaran atau marketing atau juga karena kurang baiknya servicing yang di lakukan secara langsung kepada konsumen, apa kelemahan pada bagian stok barang, bisa jadi mereka salah dalam mengambil strategi dalam penyetokan barang, stok barang fast moving lebih sedikit dari barang yang slow moving, sehingga banyaknya pesanan pelanggan atau konsumen tidak maksimal terlayani dengan baik, sehingga pelanggan beralih dan memesan pada tempat lain, atau saat pembeli datang ke tempat penjualan barang lalu barang yang mereka ingin beli selalu tidak ada, keadaan ini dapat membuat pelanggan beralih untuk belanja ketempat lain. Dalam bagian marketing, cobalah lakukan penelitian lebih jauh, apakah target yang di berikan kepada mereka telah terlampaui atau tidak, bagaimanakah langkah follow up yang mereka lakukan dalam melayani repeat order atau upaya dalam membuat jaringan pemasan baru, ini juga harus di evaluasi lebih dalam lagi, pembenahan besar-besaran harus di lakukan jika anda menemukan permasalahan serius pada bagian marketing, sebab mereka adalah ujung tombak dari bisnis yang anda miliki yang akan sangat mempengaruhi terutama dalam memberikan kontribusi omset sebagai modal dari bisnis anda tersebut.
  • Coba anda lakukan investigasi lebih detil lagi dari perilaku karyawan yang memegang peranan penting dalam market atau pemasaran dan pengiriman barang, apakah ada yang janggal pada bagian itu ? jika anda melihat kejanggalan, maka cepatlah lakukan audit dengan cepat dan teliti, sebab sudah menjadi trend sekarang banyak karyawan yang pandai bermain menggunakan wewenang yang bukan milik mereka hanya untuk kepentingan diri dan untuk memperkaya diri sendiri, bahkan banyak juga kasus yang sering saya temukan, konsumen atau pelanggan juga ikut andil dalam permainan dengan orang dalam perusahaan yang ada dalam bisnis milik kita, ini lebih berbahaya, karena mereka melakukan ini tanpa memikirkan orang lain dan ini harus di cegah dan di berantas dengan segera, jika keadaan ini memang ada, maka ambilah langkah tegas, sebelum terlambat. Saya yakin anda mengerti maksud saya pada bagian ini.
  • Omset yang terus turun bisa juga di sebabkan karena konsentrasi anda dalam mengawasi dan menerapkan strategi dalam bisnis sedang terganggu yang di sebabkan suatu masalah pribadi atau masalah di luar perusahaan, jika benar, maka mulailah kembali untuk fokus dalam pengembangan bisnis.
  • Persaingan yang ketat juga bisa menjadi penyebab terjadinya penurunan omset yang cukup mempengaruhi. Jika anda kalah dalam menerapkan kesemangatan dan strategi yang benar maka hal ini jelas akan sangat mempengaruhi omset anda, sebab ada istilah mempertahankan kemenangan jauh lebih sulit di bandingkan meraih kemenangan, persaingan dalam bisnis bukan menjadi sebuah kekhawatiran, jika kita tetap mampu memberikan pelayanan berkualitas dan service yang memuaskan kepada pelanggan lama ataupun pelanggan baru.
  • Kurangnya infrastruktur penunjang kenyamanan dan keamanan dalam melayani konsumen, baik dari tempat bisnis yang anda miliki yang semakin menurun kualitasnya ataupun dari tenaga pelayan yang ada pada barisan depan dalam melayani konsumen dan pelanggan, ini juga harus di perhatikan, karena kesan pertama begitu menggoda selanjutnya... pasti akan LUAR BIASA.. !!!

Setelah menganalisa dan menemukan penyebab terjadinya penurunan omset dalam bisnis, maka segeralah melakukan pembenahan dua sistem dasar dalam bisnis agar omset kembali meningkat, yaitu :
  • Lakukan pembenahan sistem secara Offline.
  • Lakukan pembenahan sistem secara Online.
1. Apakah Pembenahan sistem secara Offline itu ?

Pembenahan sistem secara online adalah pembenahan semua strategi dengan upaya yang maksimal dalam semua bagian bisnis dengan integrasi yang lebih baik dan solid pada semua bagian dalam bisnis yang anda miliki, semua bagian dalam bisnis adalah penting dan saling menunjang, seperti bagian dalam tubuh, jika kaki mengalami sakit, maka kepala juga akan mengalami sakit yang sama, lakukan perbaikan pada semua sistem yang di mulai dari semua karyawan pada semua bagian dengan memaksimalkan jobdesk yang telah diberikan agar terlaksana dengan rapi dan selalu terpantau oleh anda sebagai pemilik secara langsung dan kasat mata.

2. Apakah Pembenahan sistem secara online itu ?

Pembenahan yang di lakukan pada semua bagian dalam bisnis anda dengan lebih terintegrasi secara online dalam semua bagian dalam bisnsi atau perusahaan, kontrol semua kegiatan bisnis dengan membuat sebuah sistem yang terkoneksi langsung dengan anda agar mudah dalam pengawasan dan pemberian koreksi dan instruksi agar bisnis berputar dengan lebih cepat dan sempurna.

Demikian penjelasan singkat tentang cara meningkatkan omset dalam bisnis dengan menerapkan strategi yang lebih detil dan tepat, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu.
-Depok Bisnis Info-

0 komentar:

Post a comment