5 August 2016

Cara Menjaring Pelanggan Atau Konsumen Agar Lebih Banyak Yang Datang Dan Bertransaksi Pada Bisnis Anda

Bisnis, Info, Pelanggan, Konsumen, Pelayanan, Servicing, Toko, Pelayan
Foto Taken : smallbusiness.chron.com

Jika Anda memiliki Toko dan berjualan berbagai kebutuhan atau Anda memiliki sebuah Toko Grosir dan Tempat penjualan berbagai kebutuhan sehari-hari, kedatangan pelanggan atau konsumen yang banyak untuk membeli adalah tujuan yang ingin di capai. Ada beberapa cara yang harus di lakukan agar konsumen dan pelanggan lebih banyak berkunjung ke Toko yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan.

  • Toko yang ramai di kunjungi adalah Toko yang berada di tempat yang strategis, minimal Toko harus berada tepat di pinggir jalan raya dengan tempat parkir yang memadai.
  • Toko harus terlihat dari jalan tanpa terhalang dengan apapun.
  • Barang atau produk yang disediakan harus lengkap, langkah ini bertujuan untuk membangun kesan awal yang baik, yaitu Toko milik Anda memiliki barang atau produk dagangan yang lengkap sehingga konsumen yang datang terlayani dengan baik. Keadaan seperti ini memberi dampak baik yaitu konsumen akan betah untuk berbelanja di tempat Anda karena Toko Anda menyediakan perlengkapan kebutuhan mereka dengan lengkap, sebaliknya jika Toko Anda tidak memiliki barang atau produk yang lengkap, maka konsumen akan kecewa sehingga konsumen akan pergi dan berbelanja di tempat lain yang lebih lengkap.
  • Layani semua pembeli yang datang dengan ramah, baik dan sopan, jika Anda memiliki karyawan yang bertugas untuk melayani, ajarkan secara baik bagaimana cara memberikan pelayanan sempurna kepada pelanggan.
  • Jalin keakraban dengan pelanggan, kadang ada pelanggan yang akan menjadi pelanggan setia karena merasa dekat dengan Anda saat belanja, atau terjadi komunikasi dan keakraban yang baik.
  • Tata dan susun semua barang dagangan yang ada dalam toko dengan rapih dan mudah di lihat oleh konsumen dan pelanggan.
  • Ciptakanlah tempat belanja dengan suasana yang nyaman untuk para pembeli dan konsumen Anda.
  • Layani semua pelanggan dan konsumen dengan penuh kesabaran, karena pembeli adalah Raja.
  • Bukalah Toko lebih awal dan tutuplah lebih akhir jika memungkinkan.
  • Buatlah jadwal buka Toko dan tutup Toko yang selalu tepat waktu. Tujuannya adalah agar konsumen hapal kapan anda mulai berdagang dan kapan waktunya anda tutup.
  • Buatlah acara-acara khusus yang rutin dilakukan baik acara bazar atau acara discount pada saat-saat tertentu.
  • Jangan lupa untuk memberikan bonus saat Hari Raya dengan cara memberi suvenir untuk pelanggan jika memungkinkan, perhitungkan untung dan ruginya secara benar, untuk konsumen yang berhak mendapatkan hadiah tersebut, buatlah hadiah sederhana yang tidak terlalu mahal, tetapi dapat memberikan kesan yang mendalam. Silahkan Anda tentukan dan pikirkan suvenir apa yang tepat dan terjangkau oleh Anda.
  • Sediakan fasilitas tambahan yang bermanfaat untuk pelanggan, seperti tempat menunggu yang nyaman, fasilitas penunjang yang lainnya seperti AC, Fasilitas Toilet yang bersih, Jaringan Internet gratis seperti wifi misalnya, atau fasilitas lainnya yang tetap harus Anda perhitungkan untung dan ruginya untuk bisnis Anda tersebut, pada langkah ini silahkan sesuaikan saja dengan kemampuan Anda sendiri, jangan terlalu memaksakan, sesuaikan saja dengan baik, sehingga langkah ini benar-benar efektif dan menghasilkan keuntungan lebih.

Demikianlah artikel singkat tentang cara menjaring pelanggan dan konsumen agar lebih banyak yang datang untuk berkunjung dan berbelanja pada bisnis yang Anda jalankan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, silahkan tambahkan lagi apa yang telah Anda baca pada artikel ini dengan wawasan yang Anda miliki lalu padukan agar lebih lengkap.

Selamat mencoba dan salam sukses selalu.
-Depok Bisnis Info-


0 komentar:

Post a comment