2 August 2016

Cara sukses Bisnis Tanpa Pendidikan Tinggi : "Learning By Doing"

Bisnis, Info, Sukses, Learning, By, Doing

Sukses dalam bisnis dan menjadi pengusaha yang sukses banyak menjadi impian semua orang, tetapi kadang impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses  terhalang oleh rasa khawatir karena tidak memiliki pendidikan yang tingggi. Padahal dalam berbisnis pendidikan yang tinggi bukan merupakan modal utama untuk meraih sukses, banyak para pebisnis yang mampu membuktikan bahwa mereka tetap mampu sukses walaupun pendidikan tinggi tidak di sandangnya.

Pendidikan memang sangat mempengaruhi cara berfikir dan cara mengembangkan sebuah bisnis yang di jalankan, terutama bisnis yang memang berhubungan dengan profesional pada bidang tertentu dengan latar belakang yang dimiliki oleh banyak pebisnis yang sukses, tapi inilah keunikan dalam menjalankan bisnis, kesuksesan dalam bisnis tetap mampu diraih oleh seseorang yang tidak memiliki pendidikan tinggi, asalkan orang tersebut mau melakukan metode bisnis sederhana yaitu “Learning By Doing”.

Apakah Metoda Learning By Doing itu ?

Metoda Bisnis Dengan menerapkan sistem Learning By Doing adalah sistem sederhana bagi para pebisnis yang tidak memiliki modal pendidikan dengan melakukan bisnis yang di jalankan sambil belajar dalam perjalanan. Atau bahasa sederhananya adalah belajar sambil melakukan, karena tidak ada sesuatu yang tidak bisa di pelajari, semua pasti bisa di pelajari, yang penting adalah kemauan untuk selalu meningkatkan kualitas diri harus kuat sebagai modal dalam tujuan untuk memunculkan potensi dalam diri sendiri.

Berbisnis itu ibarat mengendarai kendaraan, bagi pengemudi pemula, mengendarai mobil sendiri pada jalan raya yang padat, pasti akan mengalami proses pembiasaan, sebab banyak hal yang harus di biasakan oleh pengemudi pemula agar terbiasa dengan jalan raya yang di laluinya, belum lagi mengendalikan kendaraan atau mobil di jalan raya yang cukup padat bagi pengemudi pemula pasti diperlukan penyesuaian yang memerlukan waktu untuk dapat lebih lancar dalam mengendarai kendaraan atau mobil pada jalan yang padat tersebut, seperti :

  • Bagaimana mengukur jalan yang harus pas dengan body kendaraan atau mobil.
  • Bagaimana cara mengatur dan memindahkan transmisi kendaraan atau mobil dengan baik.
  • Bagaimana cara berhenti pada jalan yang menanjak.
  • Bagaimana cara berjalan kembali setelah berhenti pada jalan yang menanjak.
  • Dan masih banyak penyesuaian lain yang akan di hadapi saat belajar untuk membiasakan diri mengemudi pada jalan raya yang padat.

Semua kendala di atas akan teratasi dengan baik oleh seorang pengemudi pemula jika pengemudi pemula itu berani untuk memulai dan memiliki keberanian untuk menjalankan kendaraan di jalan yang padat (Walau Modal Nekat).

Dalam berbisnis juga demikian, seorang pebisnis pemula yang tidak sama sekali memiliki pendidikan tinggi dan pengalaman dalam bisnis tetap akan mampu untuk sukses dalam bisnis dan menjadi pengusaha yang berhasil, jika si pebisnis pemula ini memiliki keberanian untuk memulai (walaupun bermodal nekat).

Setelah memiliki keberanian untuk memulai dengan menjalankan bisnis yang telah dipilih, langkah berikutnya yang sangat penting adalah bekerjalah bersama orang-orang yang memiliki keahlian yang tidak anda miliki.

Maksudnya adalah:

  • Jika anda tidak berpendidikan tinggi, maka carilah mitra usaha atau karyawan yang berpendidikan tinggi.
  • Jika Anda tidak pandai menjual, maka carilah mitra usaha atau karyawan yang pandai melakukan penjualan dan teknik marketing yang hebat.
  • Jika Anda tidak pandai bicara, maka carilah mitra usaha atau karyawan yang pandai berbicara.
  • Jika Anda tidak memiliki kepandaian dalam akutansi atau perhitungan keuangan lainnya, maka carilah mitra usaha atau karyawan yang memiliki kepandaian dalam hal akutansi dan perhitungan bisnis lainnya.
  • Jika anda tidak pandai ilmu manajemen, maka carilah mitra atau karyawan yang pandai manajemen dalam bisnis.
  • Dan lainnya.

Langkah ini disebut langkah melengkapi kelemahan dengan memanfaatkan kelebihan dari orang lain.

Para mitra usaha dan karyawan yang memiliki keahlian yang hebat ini lalu anda pekerjakan dengan memberikan gaji yang sesuai dengan keahlian masing-masing.

Langkah ini adalah langkah cerdas yang telah banyak di terapkan oleh para pengusaha dengan latar belakang pendidikan yang biasa saja dan mereka telah membuktikannya dengan keberhasilan yang di capai.

Jadi mulai sekarang, janganlah kecil hati jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses walau tidak memiliki pendidikan yang tinggi, tetaplah optimis karena itulah yang akan membuat perubahan untuk masa depan.

"Orang yang hebat dan memiliki pendidikan tinggi sekalipun tidak akan mampu melakukannya dengan sendiri, mereka juga bisa hebat karena bekerja sama dengan banyak orang-orang hebat dalam perusahaannya".

0 komentar:

Post a comment