1 August 2016

Dampak Negatif Yang Dapat Muncul Jika Menjalankan Bisnis Dengan Kesombongan

Bisnis, Info, Kesombongan, Sombong

Sombong adalah sifat buruk yang harus di hindari dalam bisnis, sebab berbisnis dengan kesombongan akan memberi dampak buruk terhadap bisnis yang di jalankan, diantaranya adalah :

  • Kesombongan dapat menyebabkan sulitnya mendapatkan pelanggan atau konsumen loyal dalam bisnis yang di jalankan.
  • Kesombongan dapat mengakibatkan munculnya sikap merasa paling hebat, merasa paling jago, merasa paling tahu, merasa paling pandai. Dalam berbisnis sifat dan sikap seperti ini dapat merugikan diri sendiri, karena pebisnis yang memiliki sifat dan karakter negatif karena kesombongan akan sulit untuk membuka diri terhadap ilmu dan masukan yang baik yang sebenarnya sangat bermanfaat dalam berbisnis, sebab pebisnis yang akan meraih kesuksesan besar adalah pebisnis yang mau belajar untuk selalu berkembang dengan menambahkan wawasan serta ilmu.
  • Kesombongan dapat menjadi Brand Negatif yang membahayakan masa depan bisnis.

Jika keberhasilan yang di inginkan dalam bisnis, sudah seharusnya kesombongan harus di hilangkan dari dalam diri, karena kesombongan sangatlah merugikan dan kesombongan lebih banyak membawa kerugian besar dalam perjalanan bisnis yang di jalankan. Kita tidak perlu bertanya, jika setiap transaksi yang sudah sangat tersusun rapi dan hampir terjadi batal terlaksanan, mungkin salah satu sebabnya adalah sifat kesombongan yang terlihat oleh klien saat itu juga, sebab kadang sifat sombong akan dapat sangat dirasakan oleh orang lain sebagai lawan bicara kita dalam melakukan aktifitas bisnis.

Kesombongan sangat dapat dirasakan oleh orang lain melalui :

  • Gaya berperilaku dan cara berbicara.
  • Cenderung lebih banyak bicara tentang diri sendiri di bandingkan tentang orang lain.
  • Tidak mau kalah dalam mengeluarkan pendapat saat melakukan perjanjian atau kesepakatan.
  • Selalu merasa paling benar dengan pendapat diri sendiri, bahkan sangat tidak menghargai pendapat orang lain.
  • Tidak mau mengalah dan selalu memenangkan kepentingan diri sendiri walaupun orang lain harus menanggung kerugian besar, orang yang sombong tidak memperdulikannya sama sekali.

Karena itu belajar dan selalu menambahkan ilmu serta memperluas pergaulan adalah salah satu strategi dalam memberikan pembelajaran untuk diri sendiri dalam mencegah munculnya kesombongan saat berbisnis.

Berikut adalah penyebab kesombongan yang muncul dalam berbisnis.

  • Kesombongan Karena Faktor External, Memiliki tempat usaha atau tempat berbisnis yang ramai di kunjungi para pembeli. Biasanya keadaan ini sangat memungkinkan kesombongan akan muncul dalam diri si pebisnis jika tidak di cegah dengan tetap rendah hati dan sadar diri.
  • Kesombongan Karena Faktor Internal, kesombongan internal adalah kesombongan yang memang sudah ada dalam diri seorang pebisnis jauh-jauh hari sebelum orang tersebut berbisnis, kesombongan semacam ini adalah karakter pribadi yang memang sudah dimiliki sebelumnya.

Sekali lagi dalam berbisnis jauhilah penyakit kesombongan, karena pebisnis yang sombong suah pasti akan di rugikan oleh dirinya sendiri. 

Dalam menjalankan bisnis dengan kesombongan akan memutuskan mata rantai penyebab kesuksesan sebab :

  • Pebisnis yang memiliki kesombongan pasti akan kehilangan banyak konsumen, hilangnya konsumen dan klien dalam bisnis adalah awal kehancuran.
  • Pebisnis dengan karaketer sombong akan sulit bergaul dengan orang lain atau sulit bergaul dengan para pebisnis yang lain, sebab karakter kesombongan sangat tidak di sukai oleh hampir semua orang, sebab kenyamanan akan hilang jika siapapun berhadapan dengan seseorang yang memiliki sifat sombong.

Demikianlah penjelasan singkat tentang dampak negatif yang dapat muncul jika menjalankan bisnis dengan prilaku yang sombong. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan...
Salam sukses selalu.
-Depok Bisnis Info-

0 komentar:

Post a comment