16 August 2016

Hikmah Merdeka 17 Agustus 1945

Sosial, Hikmah, Merdeka, 17 Agustus 1945

Kemerdekaan yang telah di raih oleh bangsa kita bukan sebuah hadiah yang di dapatkan dengan mudah, semua ini karena perjuangan dan pengorbanan yang di lakukan oleh para pejuang masa lalu dari seluruh wilayah Nusantara, perjuangan yang di lakukan oleh pahlawan dalam membebaskan Negeri Indonesia dari penjajahan sudah sangat banyak kita ketahui dari cerita sejarah, buku sejarah atau kesaksian para tokoh yang mengalami gerakan dan perjuangan untuk kemerdekaan.

Apa yang di lakukan dan di perjuangkan oleh pahlawan yang berjuang sampai arah penghabisan untuk memerdekakan Negri Indonesia dari tangan para penjajah di masa itu harus juga tetap membara dalam diri kita sebagai generasi penerus bangsa, sebab para pejuang kemerdekaan pasti memiliki alasan yang sangat kuat mengapa Indonesia harus merdeka dengan segera, karena para pejuang meresakan betapa hidup sungguh tidaklah menyenangkan jika terus terjajah dan terbelenggu oleh Bangsa lain yang semena-semena di Negara Indonesia saat itu.

Para pejuang juga tidak ingin penjajahan di Indonesia terus berlama-lama menggerogoti Negeri Indonesia yang makmur dan indah ini, mereka tidak ingin apa yang mereka alami jangan sampai di alami oleh anak cucu mereka kelak, alasan inilah yang menjadi kekuatan besar sehingga Indonesia bisa merdeka, karena Tekad dan keinginan yang sangat kuat untuk merdeka para penjajah dan perongrong Bangsa akhirnya dapat di tumpas habis.

Kini para pejuang telah tiada, tetapi apa yang di perjuangkan mereka tetap abadi dapat dinikmati hingga saat ini yaitu “MEREDEKA”. lalu sebagai generasi penerus saat ini apa yang seharusnya kita lakukan ?

Apakah kita akan melewatkan dengan sia-sia kemerdekaan yang telah di berikan dan diwariskan para leluhur Negeri Indonesia Tercinta, atau kita akan kembali di jajah oleh kebodohan atau kita akan mengulang penjajahan di Negeri Indonesia dalam Versi yang lain, tidak mampu untuk berdiri sendiri dan selalu mengandalkan bangsa lain dalam setiap keputusan penting untuk Negeri Ini, atau kita tetap terjajah karena ketidak mampuan kita dalam menciptakan lapanagan pekerjaan dan peluang usaha untuk anak bangsa, bahkan banyak para putra bangsa yang tergadaikan kewarganegaraannya hanya karena uang, jabatan dan kedudukan yang istimewa di negara lain.

Hanya karena uang rela hijrah untuk mengabdi di negara orang lain sehingga menetap dan pindah menjadi warga negara lain, karena sulit mencari pekerjaan di Negeri ini akhirnya hijrah kenegeri orang lain, karena hidup susah akhirnya harus hijrah kenegara orang lain untuk mengadu nasib.

Sungguh kasihan perjuangan para pahlawan yang mati dalam membela Negara Indonesia di masa lalu, karena apa yang mereka perjuangkan dengan harapan generasi penerus dapat menikmati hasil perjuangan yang di lakukan seakan sia-sia.

Generasi sekarang lebih mudah menyerah, lebih mudah untuk pasrah bahkan generasi sekarang lebih banyak mementingkan diri sendiri, kebersamaan sudah punah, kepentingan diri dann golongan sudah tak malu lagi di nyatakan, musyawarah semakin sarat dengan kepentingan, semua orang ingin kaya ,semua orang ingin mendapatkan jabatan dengan berbagai cara. lihat semua saling serang dengan cara yang lebih kejam dari penjajah di masa lalu.

Sekarang coba renungkan mau dibawa kemana Negeri yang di hadiahi oleh pejuang dengan nyawa, darah dan air mata mereka yang telah gugur di masa lalu.
Mungkin ini hanya di nilai klise semata......


Para pejuang yang telah gugur berharap, Indonesia Merdeka dari :
  • Penjajahan dan penindasan bangsa lain sehingga Indonesia berdaulat dan memiliki sikap dalam mengambil tindakan yang tepat untuk masa depan bangsa.
  • Kemiskinan yang meraja lela karena keserakahan dari mereka yang selalu berusaha memperkaya diri sendiri tanpa perduli dengan orang lain dengan berbagai cara.
  • Hasutan dan perpecahan dari beberapa orang yang sangat tidak bertanggung jawab yang memiliki kepentingan untuk diri sendiri.
  • Dan masih banyak lagi masalah rumit lainnya yang akan menghancurkan Integritas Bangsa Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia.


Ini adalah tugas bersama, untuk di perjuangkan bukan hanya untuk di perbincangkan dan di perdebatkan.

Kapan kita Merdeka yang sesungguhnya Merdeka...
Kapan kita Terbebas dari keserakahan oleh diri sendiri....
Kapan kita pantas menyandang generasi pewaris kemerdekaan yang sempurna...

Jawablah dari kalbu yang terdalam...

0 komentar:

Post a comment