24 September 2016

Buatlah Konsep Bisnis Hasil Identifikasi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Bisnis, Konsep Bisnis

Banyak orang yang merasa bingung dan ragu ketika ingin memulai sebuah usaha dan bisnis, kadang rencana yang sudah sangat matang batal untuk dilakukan, alasannya klise, masalah modal yang ditunggu belum juga datang.

Padahal konsep bisnis yang benar adalah, sebuah rencana hasil pemikiran diri sendiri dengan mempertimbangkan segala kekurangan dan kelebihan yang di sesuaikan dalam rencana atau konsep bisnis yang akan dibuat tersebu.
Saya jadi khawatir, apakah dalam membuat konsep ketika akan memulai bisnis, sudahkah mereka mempertimbangkan beberapa hal yang saya maksudkan itu, yaitu memadukan kekurangan dan kelebihan diri sendiri saat membuat konsep bisnis ketika akan memulai sebuah bisnis, jika memang sudah dilakukan mengapa konsep yang dibuat masih saja menunggu sesuatu dari luar diri sendiri, seperti modal misalnya, padahal sebuah konsep bisnis yang baik menghasilkan sebuah solusi, bukan malah menghasilkan masalah baru ketika konsep itu selesai dibuat.

Karena alasan itulah saya tertarik untuk membuat sebuah tulisan tentang bagaimana membuat konsep bisnis baru yang baik sehingga ketika konsep itu selesai, langsung dapat dipraktekkan dan diterapkan sehingga bisnis dapat langsung dijalankan dan menhasilkan uang.

Berikut adalah Tips dalam membuat konsep bisnis yang benar yang mungkin bermanfaat untuk anda yang baru akan memulai bisnis.

Langkah sebelum membuat Konsep Bisnis.

  • Lakukan identifikasi terhadap kelebihan diri sendiri atau beberapa orang yang akan dilibatkan dalam bisnis yang akan di buat. Semua orang pasti memiliki kelebihan, kelebihan itulah yang harus dijadikan ujung tombak dalam mencetuskan sebuah gagasan dalam pembuatan kerangka dasar dari konsep bisnis yang di buat, lalu maksimalkan semua kelebihan yang ada, dan masukkan kedalam aset awal untuk terwujudnya bisnis yang akan dibuat.
  • Lakukan identifikasi terhadap kekurangan diri sendiri, kekuranga juga harus di jadikan sebagai patokan atau accuan dalam membuat sebuah konsep bisnis, mengenali kekurangan diri sangat bermanfaat dalam membuat konsep yang tidak berlebihan, sehingga konsep itu benar-benar mewakili dari sipembuatnya, sehingga bisnis yang akan dibuat juga merupakan hasil dari pertimbangan kekurangan diri sendiri. Mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan bertujuan agar sebelum memulai membuat konsep bisnis, kita dapat mempertimbangkan apakah kekurangan yang dimiliki harus di carikan solusinya atau tidak, misalnya, ketika menyusun konsep dengan menganalisa kekurang dari segimodal, maka sejak awal sebelum membuat konsep bisnis kita harus mencari solusinya untuk megatasi kekurangan modal ini, dengan cara menggandeng investor yang tepat sesuai yang dibutuhkan, atau membuat konsep dengan kekuatan modal yang ada, jika ini di lakukan pasti konsep yang telah dibuat merupakan sebuah konsep bisnis yang siap untuk running tanpa harus lagi mencari-cari pertolongan terhadap kekuranga yang ada.
Melakukan Identifikasi kekurangan dan kelebihan diri dalam membuat konsep bisnis juga menjadi penentu dalam terciptanya sebuah peluang bisnis hasil perpaduan kedua hal itu. 

Contoh: 

  • Jika anda tidak memiliki modal, Janganlah membuat konsep bisnis dengan modal yang terlalu besar, tetapi jika anda tetap teguh dengan membuat konsep bisnis yang memerlukan modal besar, maka carilah beberapa investor sebagai solusi dari masalah tersebut, dan presentasikanlah konsep bisnis anda kepada mereka dan jelaskan dengan baik lalu berikan sebuah ide cemerlang dari konsep bisnis yang telah anda buat itu.
  • Jika anda tidak memiliki realasi yang memiliki modal sebagai investor, maka anda dapat mempertimbangkan untuk meminjam modal dari bank dengan jaminan aset yang anda miliki.

  • Tetapi jika calon investor dan aset yang akan dijaminkan sebagai tambahan modal untuk membuat bisnis dari hasil konsep yang dibuat tidak anda miliki, maka pertimbangkanlah lagi untuk tetap mempertahankan konsep bisnis yang telah anda buat itu, hal yang lebih mudah adalah lakukan beberapa revisi terutama dari segi modal, atau anda juga dapat merubah konsep dengan membuat bisnis dengan modal yang terjangkau atau yang sesuai dengan kemampuan anda.


Jika ini telah di lakukan maka konsep yang telah selesai di buat tidak perlu lagi harus menunggu sesuatu yang belum terkonsep, seperti masalah modal yang belum ada tadi misalnya.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.
Salam Sukses selalu.

0 komentar:

Post a comment