1 September 2016

Cara Bisnis Masyarakat Pribumi Pada Daerah Berkembang

Bisnis, Info, Masyarakat Pribumi, Asli

Masyarakat Pribumi atau masyarakat asli adalah masyarakat yang lahir dan menetap secara turun-temurun pda suatu daerah atau suatu tempat. Daerah yang sangat pesat perkembangannya sangat memberikan pengaruh dalam kehidupan Masyarakat Asli atau masyarakat pribumi, berikut adalah dua pengaruh utama yang bisa terjadi.

1. Masyarakat pribumi dapat tergeser keberadaannya.

Perkembangan yang sangat pesat pada suatu daerah dapat mengakibatkan tergesernya masyarakat asli atau masyarakat pribumi dari tanah kelahiran mereka, hal ini di sebabkan, banyaknya masyarakat asli yang menjual tanah milik mereka kepada masyarakat pendatang, langkah yang di ambil oleh masyarakat pribumi seperti ini bukan merupakan sebuah kesalahan, sebab daerah yang berkembang dengan pesat, pasti akan membawa dampak perubahan lain yang juga ikut terpengaruh karena pesatnya perkembangan daerah tersebut, salah satu imbas dari perkembangan daerah yang sangat cepat adalah naiknya harga tanah pada daerah tersebut, faktor inilah yang di nilai oleh masyarakat pribumi sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan uang banyak dengan menjual tanah milik mereka, semakin banyak tanah yang di jual mengakibatkan masyarakat pribumi tergeser dari tanah kelahiran mereka saat daerah tempat tinggal mereka justru sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

2. Masyarakat Pribumi tetap tinggal menetap dan ikut berbisnis.

Perkembangan daerah yang sangat pesat, banyak  dilihat dan di jadikan sebagai peluang oleh masyarakat pribumi, mereka tidak menjual tanah kelahiran mereka, tetapi justru masyarakat pribumi juga ikut mengembangkan bisnis yang sangat bermanfaat dalam memperbaiki ekonomi dan kehidupan mereka, sehingga bahaya tergeser dari tanah kelahiran dapat dihindari walupun daerah tempat kelahiran mereka berkembang dengan pesat.

Apa sajah bisnis yang di lakukan oleh masyarakat pribumi yang tinggal pada daerah yang sangat pesat perkembangannya itu ?


1. Masyarakat pribumi membangun kontrakan dan ruko.

Langkah yang di lakukan oleh masyarakat pribumi seperti ini merupakan cara yang cerdas dalam mengikuti perkembangan daeerah tempat mereka tinggal, sebab dengan cara ini kehidupan masyarakat pribumi pasti akan mengalami peningkatan yang luar biasa dari segi penghasilan atau pendapatan. Bisnis kontrakan baik rumah ataupun ruko sederhana yang di buat oleh masyarakat pribumi pasti akan diserbu pendatang yang akan tinggal, baik untuk menetap maupun yang datang untuk berusaha pada daerah tersebut. Harga yang di berikan untuk biaya mengontrak biasanya beragam, tergantung pada bentuk bangunan dan letak bangunan, jika bentuk bangunan sederhana dan lokasinya agak kedalam atau tidak di pinggir jalan, maka harga kontrakannya lebih murah, sedangkan jika rumah dan ruko sederhana yang di kontrakan berada pada lokasi strategis dan terletak di pinggir jalan yang ramai, maka harganya cukup mahal.


2 Masyarakat pribumi membuat bisnis lahan parkir di lahan milik mereka.

Berkembang pesatnya sebuah daerah, akan juga berimbas pada bisnis yang ada pada daerah tersebut, salah satu strategi sederhana yang di lakukan oleh masyarakat pribumi dalam menyambut perkembangan cepat pada daerah mereka adalah dengan membuat bisnis tempat parkir nyaman dan murah, lahan parkir yang di buat masyarakat pribumi berada pada lahan atau tanah milik mereka pribadi, baik tanah halaman rumah ataupun lahan milik masyarakat pribumi yang terletak pada lokasi strategis seperti terminal, tempat bisnis, tempat perbelanjaan dan stasiun kereta api. Bisnis lahan parkir yang di buat oleh masyarakat pribumi walau dengan managemen sederhana, tetapi omset yang dapat di raih terbilang sangat besar, bayangkan saja jika dalam lahan parkir yang di sediakan dapat menampung 500 kendaraan saja, lalu di kalikan dengan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 / kendaraan, maka omset pendapatan perhari sudah dapat dihitung yaitu sebesar Rp. 1.000.000,- / harinya.


3. Masyarakat pribumi bekerja sama dengan pengusaha properti.

Berkembangnya daerah yang cepat juga banyak di manfaatkan masyarakat pribumi untuk berbisnis properti, cara bisnis properti yang di lakukan juga sederhana yaitu bekerja sama dengan beberapa kontraktor atau pemilik modal pada lahan milik masyarakat pribumi yang terletak pada lokasi strategis untuk di jadikan perumahan atau ruko, sistem pembagian hasil yang di sepakati juga sangat sederhana, biasanya para pemilik tanah akan di berikan beberapa bangunan properti dan royalti yang sangat besar dari para pemilik modal dan kontraktor.

4. Masyarakat pribumi berbisnis dengan berjualan pada lahan milik mereka sendiri.

Kegiatan bisnis seperti ini juga banyak di lakukan oleh masyarakat pribumi yang tinggal dan memiliki lahan pada daerah berkembang yang strategis, sehingga mereka dapat juga menghasilkan uang yang lumayan. Bisnis berjualan yang di lakukan oleh masyarakat pribumi adalah berjualan sembako atau barang kebutuhan lainnya pada daerah tempat tinggal mereka atau pada daerah yang ramai dan strategis di lahan milik mereka sendiri. Murahnya operasional dalam bisnis masyarakat pribumi ini dapat menambah keuntungan yang lebih besar, salah satu penghematan biaya yang dapat dilakukan dalam bisnis masyarakat pribadi yang berjualan pada lahan milik mereka adalah biaya tempat untuk berbisnis, sebagai pemilik tempat pada lokasi strategis tentunya masyarakat pribumi tidak perlu membayarnya, sebab mereka berbisnis di lahan milik mereka sendiri. Itu adalah penghematan biaya dalam bisnis yang sangat besar, karena kita tahu bahwa biaya tempat untuk berbisnis apalagi tempat yang strategis sangat memerlukan uang yang cukup banyak dan biaya tempat dalam bisnis adalah termasuk modal utama yang harus di keluarkan di awal saat akan memulai bisnis, hal inilah yang bisa di hemat oleh masyarakat pribumi dalam bisnis yang mereka jalankan sehingga bisnis tersebut dapat memberikan untung yang besar.

Demikianlah cara bisnis yang di lakukan oleh masyarakat pribumi dalam ikut serta pada laju perkembangan daerah tempat mereka tinggal agar mereka tidak tergeser karena pesatnya perkembangan daerah kelahiran mereka.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu
Depok Bisnis Info


0 komentar:

Post a comment