4 September 2016

Cara Bisnis Modal 4 M Yang Cepat Untung Dan Minim Resiko

Bisnis, Info, 4 M, Untung, Minim Resiko

Jika anda memiliki uang banyak dan bingung mau buka usaha atau bisnis apa, berikut adalah cara bisnis dengan modal 4 M yang cepat untung dan minim resiko serta masuk akal.

Bisnis yang sangat mudah untuk di jalankan adalah dengan membangun rumah kost di sekitar kampus yang berlokasi di Kota Depok.

Bisnis Kost adalah bisnis yang paling mudah untuk di jalankan dan pada bisnis ini juga bisa di bilang cepat untuk mendapatkan untung besar bahkan resiko yang akan di alami juga sangat kecil bahkan tidak ada sama sekali.

Mengapa memilih Kota Depok sebagai lokasi bisnis untuk membuka Rumah Kost, sebab Depok adalah Kota yang sangat di padati oleh banyak kampus dalam lokasi yang berdekatan, sehingga kawasan depok khususnya sekitar kampus sangat representatif untuk bisnis kost.

Berikut adalah beberapa cara simpel yang harus di lakukan untuk memulai Bisnis Kost di Kota Depok.

  1. Carilah lokasi untuk membangun kost di sekitar kampus baik di sekitar jalan utama ataupun di sekitar jalan menuju jalan utama. Misalkan daerah Kukusan, Beji Depok dan sekitarnya atau boleh juga daerah sekitar jalan Margonda Depok.
  2. Jika memungkinkan pilihlah tanah yang strategis, atau minimal lokasi atau tempat memiliki akses ke arah kampus lebih banyak dan dekat.
  3. Lokasi Kost Boleh di pinggir jalan atau di dalam sedikit, yang terpenting adalah kendaraan dapat masuk sampai lokasi kost, terutama kemdaraan roda empat atau mobil.
  4. Siapkan Modal minimal 4 M, 1 M untuk membeli tanah, dan 3 M untuk biaya membangun kost dengan jumlah kamar minimal 45 kamar.
  5. Bangunan Kost yang akan di bangun harus berbentuk rumah mewah dengan kamar tertata rapi di dalam rumah dengan jumlah kamar minimal 45 kamar.
  6. Lakukan Design bangunan yang tepat dan rencanakan proses pembuatan bangunan dengan baik, sebab hal ini sangat penting dalam proses pembangunan agar bangunan rumah kost yang di buat cepat selesai dan rapih sesuai perencanaan.
  7. Terapkan cara membangun tempat kost yang cerdas, baik dari design, bentuk bangunan dan penataan ruang kamar serta berbagai fasilitas penunjang seperti fasilitas ruang tamu, fasilitas dapur, fasilitas tempat menjemur pakaian, fasilitas musholah dan lainnya, fasilitas yang lengkap juga merupakan penunjang penting agar bisnis kost berjalan lancar karena kost yang telah di bangun akan banyak di minati oleh pengontrak.
  8. Pilihlaj jasa kontraktor yang kompeten atau minimal pemborong yang memiliki pengalaman dalam membangun rumah, jangan terpesona hanya dengan penawaran harga yang murah saja, sebab murah belum tentu berkualitas, jika memungkinkan membangun sendiri itu lebih baik, carilah tukan dan kenek yang berpengalaman dan rapih dalam bekerja.
  9. Sambil menunggu bangunan selesai, lengkapi semua legalitas usaha kost yang akan di buat, sebab banyak pengusaha kost yang terkena masalah pajak karena menganggap legalitas tidak penting.

Setelah bangunan selesai dan jadi, maka lengkapilah interior dengan fasilitas yang lengkap, seperti :

  • Fasilitas Furniture dalam kamar kost, seperti AC, lemari pakaian, meja belajar, Rak Buku, Tempat tidur dan lainnya.
  • Sediakan Fasilitas WIFI Gratis.
  • Sediakan Fasilitas Genset.
  • Sediakan Fasilitas CCTV agar rumah kost aman dari kejahatan.
  • Fasilitas penunggu kost 24 jam.
  • Fasilitas Kebersihan.
  • Fasilitas Lain penunjang kenyamanan, seperti ruang tamu khusus yang terpisah dari kamar kost, Toilet khusus Tamu, Musholah, Dapur Umum, Tempat menjemur yang nyaman dan aman, Tempat Setrika Pakaian, Taman, Dan fasilitas lainnya.

Setelah bangunan selesai dan jadi, maka ada beberapa hal yang harus di lakukan agar Rumah kost cepat terisi, berikut adalah caranya:


  1. Lakukan langkah promosi secara offline, seperti : membuat brosur dan di bagikan kepada mahasiswa melalui kampus terdekat, lakukan pemasangan spanduk atau banner seperti promosi yang di lakukan oleh marketing properti ketika menjual rumah, lakukan seperti itu, dengan spanduk atau banner maka akan lebih banyak orang yang membaca dan tahu lokasi tempat kost baru milik kita.
  2. Lakukan Promosi besar-besaran melalui Internet baik dengan membuat Website yang lengkap dengan jasa SEO, atau boleh juga menggunakan jasa Google Adword sebagai pengiklan Website milik kost anda atau juga memanfaatkan jasa beberapa akli IT agar promosi berjalan maksimal.

Setelah promosi berhasil dan 45 kamar terisi dengan penyewa,  maka persiapkanlah diri anda untuk mendapatkan dan menerima keuntungan yang besar dalam waktu singkat.
Satu hal penting sebelum menghitung keuntungan atau pendapatan andaa, berikut adalah cara menentukan harga sewa kost.

Cara menentukan harga kost yang pantas.

  • Sasaran atau target penghuni adalah mereka yang memiliki kemampuan dalam finansial, sebab harga sewa yang harus di buat tidak /bulan melainkan /tahun.
  • Sesuaikan harga dengan fasilitas yang di miliki dalam bisnis kost anda, jika fasilitas VIP maka berikanlah harga yang pantas dan sesuai, jika kost memiliki fasilitas sedang maka sesuaikan saja harga yang akan di berikan kepada calon penyewa.
  • Harga Kost yang biasanya di patok oleh beberapa pengusaha kost di sekitar margonda atau kuksan beji Depok berkisar antara 12.000.000 hingga 15.000.000 IDR /tahunnya, semua tergantung dari bangunan dan fasilitas yang di sediakan.

Berikut adalah hitungan kasar sederhana dari keuntungan bisnis kost.

Jumlah kamar 45 kamar.
Harga untuk sewa kost 1 kamar per tahun 12.000.000
maka omset kotor yang akan di dapatkan adalah : 12.000.000 X 45 = 540.000.000,-

Berarti dalam satu tahun omset yang di dapat adalah 540.000.000 IDR

Untuk mengurangi jumlah pengeluaran, lakukanlah beberapa pengawasan ketat terhadap keuangan, jangan banyak menggunkan uang sewa kost untuk keperluan pribadi yang berlebihan sebab pendapatan itu masih termasuk biaya balik modal atau BEP.

jika pengeluaran untuk operasional rumah kost /tahun bisa di jalankan dengan jumlah uang sebesar 20 % dari pendapatan /tahun maka anda akan mendapatkan sisa pendapatan sebesar 80% dari total pendapatan uang sewa /tahun atau berjumlah 432.000.000 IDR.

Maka dalam waktu 5 tahun saja, jika pendapatan konstan atau stabil uang sewa yang terkumpul sebesar 432.000.000 X 5 = 2.160.000.000 IDR.

Modal anda akan kembali dalam waktu singkat, yaitu 10 tahun saja, untuk hasil atau pendapatan selama 10 tahun, silahkan kalikan dengan 2 omset untuk 5 tahun yang telah terhitung di atas. 

Demikianlah uraian singkat tentang cara berbisnis dengan bermodal 3 M cepat untung dan minim resiko, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment