15 September 2016

Cara Menentukan Tempat Berdagang Yang Tepat

Bisnis, Dagang, Berdagang

Berdagang adalah salah satu bisnis yang dapat di lakukan oleh semua orang, kuncinya adalah kemauan, modal untuk berdagang juga tidak harus besar, berdagang juga tidak memerlukan keahlian khusus dalam menjalankannya, semua dapat di lakukan dengan mudah (learning by doing).

Selain kemauan untuk berdagang, lokasi berdagang yang tepat juga menjadi faktor penting yang harus di perhatikan, sebab tempat yang tepat sangat menentukan omset dalam berdagang.

Berdagaang membutuhkan tempat dengan kriteria khusus agar pencapaian omset dapat maksimal, diantaranya adalah memilih tempat yang tepat pada lokasi yang strategis, baik yang berada dalam pasar tradisional, lokasi di dalam Mall atau lokasi berdagang di pinggir jalan raya.

Dalam menentukan lokasi berdagang yang tepat, harus di lakukan dengan teliti, sebelum memilih tempat yang tepat, lakukanlah survei atau penelitian dengan seksama pada tempat yang akan di pilih untuk berdagang.

Saat melakukan survei, mulailah lakukan beberapa analisa dari tempat berdagang yang akan di pilih, hal yang harus di lakukan saat melakukan survei adalah dengan melakukan pengamatan lebih teliti saat tiba di lokasi, berikut adalah pengamatan yang harus di lakukan.

  • Lokasi berdagang adalah lokasi resmi dan legal. Ini penting agar anda mendapatkan kenyamanan saat berdagang pada tempat tersebut.
  • Kumpulkan beberapa data, semua hal tentang tempat yang akan kita pilih untuk berdagang harus kita dapatkan dengan lengkap, seperti siapa pemilik aslinya (dengan bukti kepemilikan yang sah). Langkah ini sangat penting agar anda tidak salah dalam melakukan transaksi terhadap tempat berdagang yang anda pilih, baik untuk membelinya ataupun untuk menyewanya. Bertanya dengan beberapa pedagang yang lebih dahulu berdagang pada lokasi tersebut juga boleh anda lakukan sebelum melakukan transaksi terhadap tempat berdagang yang anda akan sewa atau beli.
  • Hindari membeli atau menyewa toko yang bermasalah, seperti sengketa kepemilikan, toko bermasalah dengan cicilan bank atau pihak terkait lainnya, atau toko tidak memiliki kejelasan surat-surat resmi yang di butuhkan.
  • Dapatkan bukti pembayaran yang sah dari transaksi pembelian atau penyewaan toko yang anda lakukan.
  • Pilihlah lokasi berdangang yang ramai orang lalu-lalang. Lokasi dagang seperti ini sangat berpotensi beromset besar, karena akan ramai pengunjung.
  • Perhatikan situasi sekitar, pandanglah lokasi berdagang yang akan di pilih dari beberapa sisi, tujuannya adalah, apakah tempat berdagang tersebut mudah di lihat dari semua sisi, hal ini juga berpengaruh dengan omset dan pengunjung yang akan datang untuk berbelanja.
  • Jika tempat berdagang adalah ruko atau toko yang ada di pinggir jalan, perhatikanlah fasilitas lahan parkir pada tempat tersebut, sebab lahan parkir atau tempat parkir yang cukup walau tidak terlalu luas sangat mempengaruhi minat pembeli untuk berhenti dan belanja.

Setelah berhasil memilih dan menetukan tempat berdagang yang tepat dengan menerapkan beberapa cara diatas, lalu lakukanlah beberapa persiapan sebelum berdagang, diantaranya adalah :
  • Lakukan pembersihan tempat berdagang agar terlihat rapih, indah, menarik dan bersih.
  • Anda boleh menghias tempat berdagang dengan beberapa ornamen tambahan yang menarik dan sesuai dengan barang dagangan anda.
  • Lakukan penambahan etalase atau beberapa rak dan meja untuk memajang barang dagangan.
  • Lengkapi tempat berdagang dengan banner atau merek dagang yang di tempel atau di letakkan pada sisi bangunan yang mudah di lihat.
  • Dan lakukan beberapa persiapan berdagang lainnya.

Demikianlah cara memilih tempat berdagang yang tepat agar omset atau pendapatan saat berdagang dapat maksimal karena tempat yang berdagang yang di pilih adalah tempat bedagang yang representatif.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment