16 September 2016

Cara Mengatur Uang Pendapatan Yang Tepat

Bisnis, Uang

Hidup yang cukup atau layak adalah relatif, semua orang memiliki ukuran yang berbeda dalam hal ini, semakin mahalnya beberapa biaya pengeluaran setiap bulan, juga sebagai penyebab kebanyakan orang enggan untuk berfikir bagaimana cara yang tepat untuk membelanjakan uang penghasilannya setiap bulan.

Dari setiap pendapatan yang di hasilkan, penting untuk membuat perencanaan yang baik dalam membelanjakannya, sebab jika tidak, maka devisit anggaran pasti akan selalu dialami, membuat sebuah perencanaan yang baik dalam membelanjakan penghasilan yang di dapatkan setiap bulan, juga bermanfaat dalam analisa dari pendapatan itu sendiri, analisa yang di maksud adalah, kita dapat mengetahui apakah penghasilan yang telah kita dapatkan setiap bulan sudah memenuhi kriteria cukup atau mapan, atau malah kurang dan jauh dari kemapanan.

Melakukan analisa terhadap penghasilan yang di dapatkan setiap bulan juga sangat bermanfaat dalam menentukan langkah penting atau tindakan untuk mengambil keputusan yang tepat dari pekerjaan atau bisnis yang telah memberikan kita hasil rutin setiap bulan.

Tanpa melakukan evaluasi dan analisa terhadap penghasilan bulanan yang telah didapatkan, dapat berakibat salah dalam memanage keuangan dan cara membelanjakannya, sehingga akibat yang sangat di takuti oleh orang banyak bisa saja terjadi pada diri kita, yaitu hidup akan selalu “Gali lobang - Tutup Lobang”.

Keadaan seperti ini sangat membahayakan, sebab gaya hidup seperti ini akan berimbas munculnya beberapa masalah sosial baru dalam kehidupan kita secara perlahan, seperti :

  • Timbulnya beberapa ide untuk mendapatkan uang dengan cara yang salah, seperti membuat kartu kredit dan menggunakannya untuk menutupi kekurangan biaya hidup setiap bulan, meminjam uang pada Bank dengan tujuan yang sama, yaitu menutupi kebutuhan hidup yang kurang setiap bulan, jika langkah ini terjadi, maka ketentraman hidup pasti akan terganggu jika semua hutang tersebut semakin banyak dan tidak terbayarkan. Ingat kartu kredi dan meminjam uang melalui Bank harus di ganti dan di bayar, jika tidak maka anda akan berurusan dengan bank, jika bermasalah, maka nama dan identitas anda akan tercemar secara permanen dalam data perbankan, seperti data yang ada pada BI, trek record anda akan buruk, jika anda terlibat dengan penunggakan pembayaran pinjaman melaui bank, baik kartu kredit atupun pinjaman bank lainnya.
  • Terjualnya beberapa aset penting yang seharusnya tidak terjadi, misalkan menjual rumah, menjual kendaraan, atau menjual beberapa barang berharga lainnya dengan harga yang sangat murah.
  • Terpaksa memiliki kebiasaan baru untuk mudah meminjam uang kepada semua orang untuk mencukupi semua kebutuhan hidup yang kurang, seperti meminjam uang kepada keluarga, meminjam uang kepada teman, bahkan ada juga yang berani meminjam uang pada kantor tempatnya bekerja dengan cara pembayaran “Potong gaji”. langkah yang di lakukan seperti ini juga sangat berbahaya untuk masa depan, sebab kita akan kehilangan harga diri secara luas, sebab semakin banyak orang yang kita minta untuk meminjami uang, sehingga masalah lain akan muncul, yaitu semua orang akan malas untuk bertemu dengan kita, karena mereka berfikir “pasti, ujung-ujungnya kita akan pinjam uang kepada mereka.”

Untuk mencegah terjadinya beberapa kebiasaan baru yang sangat merusak citra diri, berikut adalah beberapa cara yang harus kita lakukan terhadap penghasilan setiap bulan.
  • Jika anda bekerja dan sudah berkeluarga, jalani pola hidup sederhana dengan menjauhi gaya hidup konsumtif dan berlebihan. Jika anda belum berkeluarga aturlah pendapatan setiap bulan dengan baik, sayangilah gaji anda, sebab uang itu di dapatkan setelah anda bekerja selama satu bulan, dan uang itu juga merupakan penopang operasional untuk bekerja di bulan berikutnya, jika di habiskan dengan cepat, maka sudah dapat di pastikan anda akan berhutang atau meminjam uang pada orang lain untuk mencukupi operasional dalam bekerja.
  • Mulailah menabung, menabung adalah cara terbaik menghindari pemborosan dan menghamburkan uang, menabung juga dapat membantu ikut meredah gejolak diri terhadap keinginan untuk berbelanja secara berlebihan. Mulailan menabung secara rutin setiap bulan, dan biasakanlah untuk di lakukan secara rutin, cara yang paling tepat untuk menabung adalah, setiap anda menerima penghasilan setiap bulan, lakukan tindakan penyelamatan terhadap penghasilan yang anda terima itu dengan cara langsung memotongnya untuk di tabung. Jika masih memungkinkan tabunglah sebagian dari total penghasil yang anda dapatkan dari gaji setiap bulan, atau palin sedikit 30 % dari jumlah penghasilan anda setiap bulan, tabunglah uang penghasilan pada rekening yang tidak memiliki ATM, tujuannya adalah agar anda lebih sulit untuk mengambil uang jika menginginkan sesuatu yang tidak terlalu penting untuk dibeli. Setelah anda menabung, lupakanlah bahwa anda memiliki uang dalam tabungan tersebut, tujuannya agar anda dapat menghindari keinginan untuk belanja berlebihan karena anda memiliki uang tabungan.
  • Mulailah memilih teman yang memberi dampak baik, "ikuti arus tetapi jangan terbawa arus", kata bijak yang sangat tepat dalam bergaul dengan beberapa teman, sebab cara mengatur keuangan bisa juga di pengaruhi oleh beberapa teman dekat anda sendiri, bertemanlah dengan siapa saja dan luaskan pergaulan anda, tetapi berfikirlah dua kali jika ingin mengikuti gaya hidup mereka yang berlebihan. Sadar diri adalah cara yang paling baik untuk menghindari terbawa arus kehidupan yang boros.
  • Jadilah orang yang keren tanpa harus boros, jadilah orang yang gaul dan banyak teman tanpa harus boros, carilah kebahagiaan dan kesenangan hidup tanpa harus menghamburkan uang, dan jadilah orang yang baik tanpa harus menderita (saya yakin anda dapat memahami maksud dari apa yang saya tuliskan ini).
  • Jadilah manusia yang lebih produktif, jika anda menginginkan sesuatu, wujudkanlah dengan bekerja lebih giat, agar penghasilan dapat bertambah, sehingga keinginan itu jika di wujudkan tidak akan mempengaruhi keadaan keuangan anda, atau anda bisa dengan cara melakukan beberapa usaha atau bisnis sambil bekerja, langkah ini juga merupakan cara jitu untuk menambahkan penghasilan yang masih kurang setiap bulan.

Demikianlah teman-teman cara memperlakukan penghasilan bulanan yang baik dan benar,  serta bagaimana cara bersikap dan berprilaku yang benar terhadap keinginan diri, semoga langkah ini dapat bermanfat untuk kita semua dan kita dapat terhindar dari kebiasaan kekurangan uang karena salah mengaturnya.

Terima Kasih, Salam Sukses selalu.

Depok Bisnis Info

0 komentar:

Post a comment