6 September 2016

Cara Menjadi Pembicara ( Public Speaker) Yang Hebat.

Bisnis, Pembicara, Bicara, Public, Speaker

Menjadi seorang pembicara di depan umum atau public speaker memang tidak mudah, tetapi semua orang bisa melakukannya jika mau melakukan beberapa hal mudah di bawah ini, yaitu :

1. Berlatih dengan sungguh-sungguh.

  • Seperti profesi atau keahlian yang lain berbicara di depan umum merupakan keahlian yang di hasilkan karena latihan, cara berlatih yang paling mudah adalah dengan membiasakan diri untuk berani berbicara di depan umum, karena kemampuan dalam berbicara di depan orang banyak sebenarnya faktor utama yang menjadi ukuran mampu atau tiddaknya seseorang untuk melakukan itu adalah karena keberanian yang harus di munculkan dari dalam diri, karena itu mulailah untuk berlatih dengan cara paksakan diri anda untuk berbicara dalam sebuah forum yang di hadiri banyak orang di mana saja, walaupun bicara di depan umum yang anda lakukan hanya sekedar bertanya atau mengemukakan pendapat saja.

  • Latihan berikutnya yang juga dapat bermanfaat untuk menambah kemampuan berbicara adalah dengan meniru cara berbicara orang yang sudah terbiasa berbicara di depan orang banyak, dalam penduplikasian yang di lakukan, anda boleh contek abis segalanya dari dia, baik apa yang di bicarakan, cara berbicaranya atau bahkan gaya berbicara juga boleh anda tiru atau duplikasikn habis-habisan, langkah ini dapat sangat membanti dalam memupuk rasa percaya diri dalam diri anda, setelah anda mampu meniru barulah anda tambahkan dengan gaya bicara milik anda sendiri.

  • Jika berbicara di depan umum merupakan modal penting dalam usaha, pekerjaan atau bisnis yang anda jalankan, maka berusahalah untuk memilik hasil yang cukup besar dari bisnis tersebut atau minimal anda memiliki sebuah bukti dari keberhasilan dalam bisnis, usaha atau pekerjaan anda tersebut, sebab hasil dan bukti hasil yang besar juga sangat mempengaruhi dalam keberanian berbicara di depan umum.

  • Jangan takut salah, dalam latihan berbicara salah adalah hall yang biasa, karena itu persiapan untuk mencegah salah bicara juga bagian penting yang harus di perhatikan, sebelum berbicara di depan umum, buatlah beberapa cacatan kecil tentang materi yang akan anda sampaikan saat berbicara, lalu cobalah untuk merangkainya berdasarkan catatan kecil yang telah anda buat, langkah ini sangat baik untuk di lakukan agar mental yang biasanya agak drop karena menghadapi orang yang banyak saat berbicara di depan umum tidak terlalu mempengaruhi materi yang ingin anda sampaikan. Mental yang mmenurun sering dapat membuat efek lupa dengan apa yang akan di sampaikan saat berbicara di depan, karena itu boleh langkah ini di terapkan sebagai latihan.

  • Latihan berbicara boleh juga anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan keluarga sebagai pendengar, ini juga baik sebagai bentuk latihan, apalagi jika latihan seperti ini di lakukan dengan serius dan sering, latihan ini sangat bermanfaat untuk membentuk mental dalam diri sebagai pembicara, sebab sekali lagi mental adalah fakor penting dalam suksesnya menjadi pembicara di depan orang banyak atau public speaker.



  • Latihlah cara berbicara dengan sikap berdiri saat berbicara, langkah ini juga sangat membantu dalam mempercepat proses pembentukan mental yang baik dalam berbicara.


2. Kuasai Materi Yang Akan di Sampaikan.

Penguasaan materi baik dengan cara menghafal atau berdasarkan pengalaman yang di tuangkan dalam pembicaraan yang anda lakukan di depan umum sangatlah bermanfaat. Bicara di depan banyak orang jika di lakukan dengan persiapan yang baik dan terencana, pasti akan menambah kepercayaan diri anda sendiri sebab materi pembicaraan yang akan di sampaikan sebagai materi yang akan di bicarakan telah anda kuasai dengan baik, ini juga dapat memberikan poin tersendiri terhadap kesuksesan anda berbicara di hadapan orang banyak.

Karena itu dalam mempersiapkan materi harus di lakukan dengan lebih maksimal, kumpulkan semua data yang lengkap dan gali informsi sebagai penunjang teori yang akan di sampaikan maka hasilnya pasti akan luar biasa, anda akan menjadi seorang pembicara yang cerdas dan jika hal ini sudah terjadi maka mental takut biasanya akan hilang dengan cepat.

3. Lakukan pemanasan sebelum berbicara.

Biasanya saya sebelum memulai berbicara di depan banyak orang, saya melakukan hal-hal sederhana sebagai pemanasan, seperti lompat-lompat atau lari-lari kecil di tempat bahkan saya suka ke Toiket dulu sambil berkaca, dan saat berkaca saya katakan pada bayangan yang ada dalam kaca tersebut “Hai... Anda Itu Orang Hebat !!!”, langkah ini saya lakukan untuk menghilangkan rasa grogi yang selalu datang saat saya mau memulai bicara di depan orang banyak, langkah ini boleh juga anda terapkan karena sangat membantu sekali, silahkan buktikan sendiri.

4. Selingkan dengan banyak humor atau entertaining dalam pembicaraan.

Pembicara yang hebat adalah mereka yang mampu menguasai panggung dengan kemampuan entertaining yang tinggi, terutama dalam pembawaan materi. Materi yang di bawakan dengan gaya monoton akan membuat suasana yang adem dan monoton pula, tetapi materi yang di selingi dengan banyak humor dan penuh gairah biasanya juga akan membentuk suasana yang sama, karena itu sisipkanlah beberapa humor yang update dalam setiap materi pembicaraan yang anda bawakan.

5. Tambahkan Alat Peraga dalam berbicara.

Menambahkan alat peraga seperti slide proyektor atau LCD Proyektor atau alat-alat penunjang presentasi lainnya juga sangat membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan banyak orang, sebab biasanya pendengar akan lebih fokus untuk mengikuti pembicaraan yang anda berikan dengan lebih baik karena dalam berbicara anda menggunakan alat peraga yang lengkap sehingga kesan profesional telah langsung di berikan oleh semua orang yang menyaksikan anda berbicara.

6. Berikan penampilan terbaik anda.

Penampilan terbaik disini maksudnya adalah dalam berbicara di depan banyak orang, berpenampilanlah yang baik dan profesional, jika materi bisnis yang di sampaikan, maka gunakanlah jas dan dasi atau gunakan setelan pakaian penunjang bisnis sesuai standart, penampilan juga sangat membantu dalam membuat kesan pertama saat bicara di depan umum, dan penampilan sangat membantu anda dalam menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara di depan orang banyak.

7. Jadilah artis yang baik dan jadilah ondel-ondel yang baik.

Maksudnya adalah ketika berbicara maka jadilah anda seakan seorang artis terkenal dengan segudang talenta dan kemampuan, karena itu explor semua kemampuan anda saat berbicara di depan dalam bentuk cara berbicara, gaya bicara dan bahasa tubuh yang dapat memberikan daya tarik lebih bagi pemirsa yang menyaksikan anda.

Juga jangan lupa untuk menjadi ondel-ondel yang baik saat berbicara di depan artinya saat berbicara di depan jangan pernah tunjukan anda lemah, anda capek apalagi anda sedih, pemirsa yang menyaksikan anda tidak mau melihat itu semua, oleh karena itu lupakan sejenak semua permasalahan yang anda hadapi ketika anda akan menjadi seorang pembicara, langkah termudahnya adalah jadilah artis dan ondel-ondel yang baik.

Demikianlah penjelasan singkat dan jelas bagaimana cara menjadi pembicara di depan umum atau public speaker yang handal, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam Sukses Selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment