19 September 2016

Cara Meraup Keuntungan Besar Dari Bisnis Ikan Asin

Bisnis, Ikan Asin

Bisnis ikan asin adalah binis yang menarik untuk di jalankan, karena bisnis ikan asin dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan jika di kelola dengan benar, beberapa strategi yang harus di perhatikan dalam menjalankan bisnis ikan asin berikut ini harus di perhatikan dengan baik, agar bisnis ikan asin yang akan kita jalankan menghasilkan keuntungan sesuai harapan kita.

Apa sajakah strategi penting tersebut, berikut adalah penjelasannya.


1. Memilih tempat berjualan yang tepat.

Bisnis ikan asin dapat di lakukan di berbagai tempat, seperti :
  • Berjualan ikan asin di pasar tradisional.
  • Berjualan ikan asin pada toko atau ruko khusus ikan asin di tempat strategis.

Dimanapun tempat berjualan atau berbisnis ikan asin, syarat utama yang harus di perhatikan adalah tingkat kelembaban tempat dan suhu ruangan yang sedang, artinya tempat berjualan tidak boleh terlalu lembab dan juga tidak boleh terlalu panas. Hal ini penting untuk di perhatikan karena, ikan asin jika di tempatkan pada ruangan terlalu lembab dapat mengakibatkan cepatnya terjadi pembusukan dan tumbuhnya jamur, sedangkan jika ikan asin di letakkan pada tempat yang terlalu kering atau panas, dapat berakibat ikan asin akan kering dan mengalami penyusutan berat yang lumayan besar, selain itu tempat penyimpanan ikan asin yang teralu panas atau kering dapat merubah warna tampilan dari ikan asin itu sendiri, sehingga kesan ikan asin yang segar akan hilang secara kasat mata.

Jumlah stok ikan asin yang akan anda lakukan juga harus menjadi penentu utama dalam mempersiapkan tempat yang cocok untuk berjualan, jika stok ikan asin yang anda miliki tidak terlalu banyak maka anda tidak perlu mempersiapkan tempat terlalu mendetil, hal yang cukup dilakukan adalah settinglah agar tempat berjualan ikan asin memiliki kelembaban yang sedang.

Jika stok ikan asin yang anda miliki lebih banyak (lebih dari 1 Ton), maka anda harus memiliki tempat penyimpanan khusus, yaitu kamar Es, kamar Es adalah sebuah ruangan yang sengaja di buat dengan mendesignya secara khusus untuk menempatkan stok ikan asin yang sangat banyak, biasanya kamar Es telah di lengkapi perangkat pendingin ruangan serupa dengan freeser berukuran ruangan besar. Tujuan pembuatan kamar Es adalah agar stok ikan asin yang sangat banyak akan aman dan awet, kamar es juga sangat bermanfaat untuk menghindari kerugian besar akibat ikan asin yang mengalami penurunan kualitas di karenakan proses pembusukan.

2. Cara memilih ikan asin yang berkualitas tinggi.

Ikan asin adalah makanan pelengkap makanan pokok yang sangat di gemari oleh seluruh lapisan masyarakat, dari masyarakat kelas bawah, hingga masyarakat kelas atas.
Ikan asin yang sangat di gemari adalah ikan asin dengan kadar garam yang sedikit dan sedang, jika ikan asin terlalu asin, konsumen kurang begitu menyukainya, karena itu hindarilah membeli ikn asin dengan kadar garam yang terlalu tinggi.

Berikut adalah cara memilih ikan asin yang memiliki kadar garang yang pas dengan selera pembeli atau konsumen.
  • Cara paling mudah untuk mengetahui kadar garam yang terkandung dalam ikan asin adalah dengan menjilatnya secara langsung, jangan khawatir ikan asin yang anda jilat tersebut tidak akan menggangu kesehatan anda, sebab ikan asin adalah ikan yang telah di proses setengah matang, proses pengasinan ikan adalah salah satu jenis cara pengawetan ikan yang aman.
  • Kadar garam yang terkandung dalam ikan asin juga dapat di lihat secara kasat mata, biasanya kadar garam yang tinggi terlihat jelas jika kita perhatikan secara detil, silahan diperhatikan dengan memegangnya secara langsung, anda akan langsung melihat warna pada ikan tersebut, biasanya ikan akan memiliki warna agak putuh garam, dan rasa garam yang tinggi juga dapat di rasakan pada telapak tangan, ada seperti serbuk butiran halus garam yang sangat terasa jika di perhatika dengan seksama.
  • Kadar garam yang tinggi juga dapat di rasakan pada ikan yang di pegang, ikan akan cenderung sedikit agak lengket, hal ini di sebabkan kadar garam yang tinggi.
  • Ikan asin yang memiliki kadar garam yang rendah dan sedang terlihat memiliki warna ikan yang khas, dan jika di lihat pada daging ikan memiliki warna kecoklatan segar.
  • Kadar garang yang sedikit dan sedang juga dapat dirasakan dengan cara memegangnya, biasanya ikan akan sangat terlihat segar dan tidak lengket.

3. Jumlah pembelian ikan asin.

Untuk mendapatkan harga yang murah, sangat di anjurkan membeli setiap jenis ikan asin. /dus atau /karton, sesuai dengan berat timbangan pada setiap kemasan ikan, anda boleh membeli dari setiap ikan asin dengan kemasan dalam karton yang memiliki berat antara 10 s/d 30 Kg, jika memang jenis ikan asin yang ada lebih dari 30 Kg beratnya, maka perhatikan secara hati-hati kondisi ikan asin pada kemasan tersebut, lihat dan perhatikan ikan pada kemasan dari mulai bagian atas, tengah hingga bagian dasar dari kemasan tersebut. Tujuannya adalah agar anda mendapatkan kualitas ikan yang sama dalam satu kemasan. Kadang ada beberapa pemasok ikan asin yang dengan sengaja mencampurkan ikan asin kualitas kurang baik ke dalam kemasan (dicampur).

Perhatian : “Harga ikan asin akan berbeda (lebih mahal) jika anda membelinya dengan menimbangnya perkilo dari setiap jenis ikan”.

4. Menentukan harga menjual yang pas (berkesan murah).

Ikan asin memang tidak memiliki patokan harga yang pasti, alias harga gelap, tidak seperti berdagang beberapa produk dagangan yang lainnya yang memiliki harga terang, atau dapat di ketahui dengan mudah berapa modalnya.
karena itu dalam memberikan harga jual yang cocok dan benar juga harus di perhataikan agar kita dapat bersaing dengan pedagang ikan asin yang lain, berikut adalah cara yang tepat dalam menentukan harga jual dari ikan asin.

Menentukan harga jual ikan asin ada 2 bagian, yaitu:
  • Harga jual grosir (per Kilogram).
  • Harga jual untuk di ecer (dibawah timbangan per Kilogram).

Berikut keterangan lengkapnya.

>>Harga jual grosir.
Konsumen yang membeli pada grosir ikan asin biasanya membeli dengan partai banyak, karena itu anda dapat langsung menawarkan harga /Kilogram dari setiap jenis ikan asin.

Keuntungan yang boleh anda ambil dari setiap jenis ikan asin pada harga /kilogram dari mulai 4.000 IDR hingga 10.000 IDR, sesuaikan saja dengan harga pasaran pada tempat anda berjualan dan kemampuan daya beli konsumen pada tempat anda berjualan atau berdagang.

Ikan asin yang memiliki tanpilan dan kualitas yang bagus juga layak untuk anda jadikan sebagai ujung tombak dalam mendapatkan untung yang lumayan, sebab kadang saat belanja, ada beberapa ikan asin murah dengan kualitas bagus dan jumlahnya tidak banyak (terbatas). Jika kebetulan mendapat ikan asin dengan kualitas baik dengan harga murah, kita boleh menjualnya dengan harga tinggi agar untung lebih besar.

>>Harga jual Ecer.
Harga jual ecer harus berbeda dengan harga menjual kiloan, keuntungan yang harus di dapatkan jumlahnya harus lebih besar, sebab jika di jual ecer ikan asin akan lebih beresiko susut karena timbangan dan banyak di pegang oleh pembeli, alasan inilah yang menjadi penentu harga lebih mahal.

Anda boleh memberi harga dengan cara sebagai berikut.
  • Jika harga perkilo adalah 10.000 IDR, maka harga untu 1/4 Kg adalah 3.500 IDR s/d 4.000 IDR.
  • Anda juga boleh memberikan harga /ons, sebab ada juga beberapa pembeli yang menyukai membeli ikan asin dengan harga perons, jika harga 1/4 adalah 4.000 IDR, maka harga per onsnya adalah 2.000 IDR.

3. Cara menimbang saat berjualan.

keuntungan ikan asin juga sangat tergantung dari cara anda menimbang saat konsumen membeli ikan asin yang anda jual, menimbang ikan asin tidak sama dengan menimbang barang dagangan lain jika anda melakukan penjualan dengan cara mengecernya, sebab jika timbangan berlebih 1 ons saja, maka anda akan berpeluang mengalami kerugian yang besar, karena itu sangat di anjurkan untuk menggunakan timbangan yang memiliki akurasi yang tepat, seperti timbangan digital misalnya.

Jika terpaksa menimbang dengan menggunakan timbangan standar 10 KG yang banyak di gunakan pedagang pada pasar tradisional, perhatikanlah jarum timbangan saat menimbang ikan asin yang akan di beli oleh konsumen, harus pas dan tepat, tidak lebih dan tidak kurang.

Langkah ini sangat penting bukan tanpa alasan, tetapi lebih di karenakan harga ikan asin yang kita ketahui /Kilogramnya cukup lumayan mahal, jika salah dalam menimbang, maka kita akan kehilangan uang yang cukup besar.

Demikianlah artikel lengkap tentang bisnis ikan asin, terutama dalam Cara Meraup Keuntungan Besar dengan menerapkan beberapa strategi penting sebagai faktor penunjangnya.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.

1 comment:

  1. Yang mau mesan ikan asin partai besar hubungi aku yaa bro.. Wa 081360078339

    ReplyDelete