14 September 2016

DHF (Dengue Haemorrhagic Fever) atau Demam Berdarah

DHF adalah penyakit yang di tularkan oleh nyamuk Aedes aigepty albopictus yang mengandung Virus Dengue. Virus Dengua akan masuk ke tubuh manusia ketika nyamuk Aedes aigepty albopictus yang mengandung Virus Debue menggigit manusia.

Pola penyakit DHF seperti pelana kuda yaitu dimana suhu badan akan naik pada hari ke-3 pertama, kemudian akan menurun pada hari ke 4-5, lalu akan naik kembali pada hari ke 6-7 setelah itu panas akan turun secara tiba-tiba.



Lihat pada gambar di bawah ini tentang siklus pelana kuda.

Kesehatan, DHF, Demam Berdarah


Inveksi Virus Dengue telah menjadi masalah kesehatan yang serius pada banyak negara tropis dan sub tropis. Salah satunya yaitu, Indonesia. Di Indonesia, penyakit DHF pertama kali di temukan pada tahun 1968 di Surabaya dan sekarang telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia. Kejadian penyakit DHF setiap tahun semakin meningkat dengan manifestasi klinis yang berbeda mulai dari yang ringan sampai yang berat.



Berdasarkan data dari WHO, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk DHF di Asia Tenggara pada tahun 2006 lalu, berikut adalah persentasi jumlah kasus DHF di 10 negara Asia Tenggara, berdasarkan data WHO tahun 2006.
  • Indonesia 57%.
  • Thailand 23%.
  • Srilangka 6%.
  • Myanmar 6%.
  • India 6%.
  • Maldives 1%.
  • Banglades 1%.
  • Timor Leste 0%.
  • Bhutan 0%.
  • Nepal 0%.

Untuk melihat keterangan lebih lengkap, silahkan lihat pada data gambar di bawah ini.

Kesehatan, Demam Berdarah, DHF




Berdasarkan data WHO tahun 2006 tersebut, terbukti bahwa DHF setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan, segala upaya telah di lakukan oleh banyak negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia untuk menekan angka kenaikan kasus DHF.

Peran serta masyarakat juga memiliki peranan sangat penting dalam ikut mengupayakan pencegahan semakin tingginya kasus DHF dalam masyarakat itu sendiri, terutama kegiatan sederhana yang harus tetap di lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka, sebab Virus Dengue yang di bawa oleh nyamuk Aedes aigepty dan Aedes albopictus sangat mudah berkembang biak pada lingkungan ekosistem yang sangat berdekatan dengan manusia, seperti pada bak mandi atau tempat penampungan air lainnya, juga pada beberapa tempat yang dapat menimbulkan genangan air saat musim hujan.

Sampai saat ini belum ada Vaksin untuk mencegah dan obat khusus untuk mengobati DHF, pentatalaksanaanya yaitu dengan menggantikan cairan tubuh yang hilang karena kebocoran plasma, terapi tambahan untuk kasus DHF biasanya adalah dengan mengkonsumsi jus buah jambu biji. Daun buah jambu biji yang banyak mengandung Tanin, Minyak atsiri, Quersetin dan minyak malat juga sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan penderita DHF karena dapat meningkatkan jumlah trombosit darah dan peningkatan daya tahan tubuh.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyakit DHF, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam sukses selalu Dan Tetap Sehat.
Depok Bisnis Info.



0 komentar:

Post a comment