11 September 2016

Hikmah Idul Adha Dalam Kehidupan

Bisnis, Info, Idul Adha


Hari raya Qurban adalah hari raya Umat Islam dengan melakukan penyembelihan hewan Qurban bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk berqurban. Sapi atau Kambing adalah jenis hewan Qurban yang akan di sembelih saat Hari Raya Idul Adha.

Pelaksanaan Qurban pertaman kali di lakukan ketika Nabi Ibrahim AS bermimpi mendapatkan perintah langsung dari Allah untuk menyembelih anaknya yang sangat di cintainya yaitu Nabi Ismail, lalu Nabi Ibrahim memberitahukan perintah Allah tersebut kepada putra kesayangannya Nabi Ismail, sebagaia anak yang sholeh dan taat pada orang tua Nabi Ismail menyambut baik apa yang di ceritakan ayahnya di kala itu. Dengan tujuan hanya mencari Ridho Allah lalu perintah untuk melaksanakan Qurban pertama kalinya di alam Dunia itupun di lakukan oleh Nabi Ibrahim.


Ketika Qurban hendak di lakukan dan Nabi Ismail telah siap untuk di sembelih, dengan sekejap Allah mengganti atau menukar Nabi Ismail yang akan di sembelih dengan seekor domba langsung oleh Allah, Nabi Ismailpun tetap hidup sebagai Anak Soleh yang sangat patuh pada Allah dan Orang tuanya.

Peristiwa awal Qurban tersebutlah yang menjadi peintah untuk semua umat Islam di Dunia untuk melaksanakannya.

Perintah Allah kepada semua Ciptaannya yang memiliki kemampuan berlebih untuk melakukan Qurban, sebenarnya memiliki hikmah jika kita kaji dengan lebih dalam.

1. Jangan pernah lebih mencintai harta dalam Dunia.
Seperti yang telah di alami oleh Nabi Allah Ibrahim saat di perintah Allah untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ibrahim memiliki makna yaitu Nabi Allah saja sangat di uji oleh Allah, apakah tetap patuh dan taat pada Allah ataukah tidak, bahkan Nabi Allah Ibrahim di uji oleh Allah dengan perintah untuk menyembelih Nabi Ibrahim sebagai Qurban, dimana Nabi Ismail adalah putra yangsangat di cintai oleh Nabi Ibrahim.



Ketaatan yang di lakukan oleah Nabi Ibrahim memiliki kajian makna “Jangan pernah mencintai apapun dan sispapun melebihi kecintaan mu pada Allah.”

Bagaimana dengan kita ?

Apakah kita masih lebih mencintai harta, jabatan, kekayaan serta perhiasan lainnya di bandingkan dengan Allah ?

Semoga kita dapat menjawabnya dengan prilaku masing-masing di hadapan Allah yang selalu mengetahui apa yang kita perbuat.

2. Menjalankan Ikhlas Yang Sempurna.
Hikmah dari Qurban juga mengajarkan kita dalam mencapai ilmu ikhlas yang tinggi, seperti yang telah di contohkan oleh Nabi Ismail dikala di perintah untuk di sembelih oleh Ayahnya Nabi Ibrahim.

Begitu yakinnya Nabi Ismail kepada perintah Allah yang di sampaikan oleh ayahanda tercinta Nabi Ibrahim untuk di sembelih merupakan contoh pelaksanaan keikhlasan yang sangat tinggi.

Apakah maknanya jika di kaitkan dengan kehidupan sekarang ?

Lakukanlah segala perintah Allah dengan baik dan Ikhlas yang sempurna, seperti proses pelaksanaan Qurban yang akan di laksanakan esok hari.

Ikhlas untuk menyisihkan sebagian rezeki yang di berikan Allah untuk berbagi kepada sesama dengan melaksanakan Qurban, sehingga ibadah Qurban yang di lakukan diterima Allah sebagai bentuk ibadah dan kepatuhan sebagai hamba atas perintahNya.

4. Semangat Berusaha.
Jika tahun ini kita belum dapat membeli hewan Qurban untuk di sembelih sebagai bentuk ibadah kepada Allah karena kita belum mampu, semoga keadaan ini menjadi motivasi kita agar tahun depan dapat di wujudkan.

Semangat seperti ini sangat baik sebagai penambah etos kerja dalam berusaha atau berbisnis, sebab kemampuan merupakan hasil dari upaya dalam sabhan yang sempurna, semoga di mudahkan untuk tercapai segera, Amin.

3. Merayakan Hari Raya Qurban semoga terbunuh hawa nafsu binatang dalam diri.
Hewan Qurban yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha juga mengandung makna pengkajian yang sangat dalam.

Hewan qurban yang akan di qurbankan adalah lambang dari hawa nafsu yang akan di sembelih dan di hilangkan dari dalam diri kita semua, sehingga hawa nafsu binatang yang kadang masih sering muncul saat menjalankan kehidupan di dunia dapat juga ikut serta tersembelih dan hilangbersamaan dengan hewan qurban yang di sembelih di Hari Raya Idul Adha.

Sehingga setelah Hari Raya Idul Adha, kita kembali menjadi hamba Allah yang tidak lagi mengedepankan hawa nafsu Binatang dalam bertindak dan berjalan di Bumi milik Allah ini, dan semoga Rahman dan Rahim (kasih dan sayang) selalu terpancar dalam gerakan di setiap kehidupan kita semua, baik dalam ucapan, gerakan dan hati, karena semua itu adalah bentuk Iman yang sempurna hanya kepada Allah, Amin YRA.

Depok Bisnis Info Mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437H” semoga kita senantiasa menjadi Hamba Yang tetap patuh dan Taat dengan segala perintahNya.


0 komentar:

Post a comment