19 September 2016

Jangan Malu Karena Kegagalan


Bisnis, Kegagalan, Gagal


Kegagalan pasti sering terjadi dalam kehidupan, semua orang pernah mengalami sebuah kegagalan, kegagalan juga sering dianggap sebagai hasil sebuah usaha dan upaya yang tidak di harapkan, sebab, kadang hasil kegagalan sangat tidak sesuai dengan upaya, usaha dan tindakan yang telah di berikan untuk mengharapkan terwujudnya sebuah keinginan.

Bahkan kegagalan banyak dianggap sebagai tujuan yang tidak di ingini oleh hampir semua orang, tetapi mengapa kegagalan selalu datang dan seakan menjadi momok untuk semua orang ?

sebagai manusia biasa yang memiliki perasaan dan hati, sangatlah wajar jika kegagalan memberikan dampak kesedihan, rasa malu,  bahkan putus asa, tetapi di balik begitu banyak cerita tentang kegagalan yang sangat di takuti dan tidak diharapkan, ternyata kegagalan mengandung hikmah yang sangat hebat.

Kegagalan merupakan bentuk pendidikan untuk diri sendiri agar menjadi manusia yang tangguh dan selalu optimis, kegagalan yang dialami juga merupakan kebanggaan yang layak untuk di syukuri, sebab kegagalan bisa merupakan bentuk teguran dan pembelajaran yang dapat menjauhkan diri kita dari kesombongan, atau belum siapnya mental kita untuk menerima kesuksesan, kegagalan merupakan bentuk ujian langsung dari Tuhan sebagai hasil dari implementasi perjuangan yang kita lakukan, kegagalan mungkin saja bentuk pertanyaan Tuhan kepada kita, “sejauh mana kesungguhan kita dalam menginginkan kesuksesan yang ingin dicapai dan jika kita berhasil akan kita pergunakan untuk apa kesuksesan tersebut ?”.

Sudah selayaknya kita melakukan perubahan cara memandang sebuah kegagalan, jika dahulu kita malu karena mengalami kegagalan, atau memiliki kesedihan yang belum juga sembuh hingga kini karena kegagalan, sekarang kita harus merubah semua rasa yang merugikan tersebut dengan melakukan hal baru yang lebih baik ketika mengalami kegagalan, yaitu bersyukur yang banyak dan bangga karena pernah mengalami kegagalan.

Mengapa demikian, kegagalan adalah pengalaman hidup yang sangat berharga yang belum tentu orang lain pernah mengalaminya, anda akan menjadi seorang advisor yang kompeten, bukan karena hidup anda sempurna tanpa pernah mengalami kegagalan, justru karena sangat banyaknya kasus kegagalan yang pernah di alami itulah, anda mampu memberikan solusi untuk banyak orang yang mengalami kegagalan serupa dengan yang anda pernah alami.

Berikut adalah beberapa tindakan sangat tepat ketika mengalami kegagalan.
  • Lakukan introspeksi diri dan evaluasi secara besar-besaran dengan menghasilkan sebuah kesadaran yang sempurna.
  • Jadikanlah semua kesalahan yang berakibat kegagalan sebagai pembelajaran berharga untuk diri sendri dan buatlah janji untuk tidak mengulang kesalahan serupa.

Sekali lagi, malu karena mengalami kegagalan adalah sia-sia, karena itu kuatkanlah diri untuk kembali melangkah dengan langkah yang pasti dan benar, semua masih ada harapan, buktinya adalah kita masih di berikan panjang umur hingga sekarang, itu menandakan bahwa kita masih di berikan kesempatan untuk memperbaiki segala kesalahan yang pernah kita lakukan dalam hidup ini, bangkitlah dan semangatlah, karena kesuksesan berada di balik kegagalan yang sedang kita alami sekarang.

Jangan pernah menghitung seberapa sering anda terjatuh dan gagal, mulailah memperbaiki kegagalan dengan cara sederhana, yaitu bangkit disetiap kali kita terjatuh karena kegagalan.

Terima Kasih dan Selamat berjuang, salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment