25 September 2016

Mau Sukses Berdagang ? lakukanlah Cara Berdagang Pasif Dan Cara Berdagang Aktif

Bisnis, Cara Berdagang, Cara Berjualan, Aktif, Pasif

Dalam menjual ada dua cara yang dapat di lakukan, tujuannya adalah sama, yaitu menarik pelanggan atau konsumen yang banyak, sehingga omset yang di dapat memuaskan. 

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara berdagang tersebut dengan jelas.

1. Berdagang Pasif.

Berdagang pasif adalah cara berdagang atau berjualan yang dilakukan pada sebuah tempat berjualan yang strategis, tempat berjualan dengan cara ini biasanya si pemilik toko akan melakukan upaya maksimal dalam berhias pada tempat jualannya dengan melangkapi segala macam barang dagangan yang akan di jual dengan lengkap, upaya ini di harapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga konsumen atau para pembeli berdatangan dan berbelanja.

2. Berdagang Aktif.

Berdagang aktif adalah cara berjualan atau berdagang dengan melakukan upaya proaktif mendatangi konsumen secara langsung, atau istilah lain dari cara berdagang ini adalah cara berdagang "Jemput Bola", istilah "Jemput Bola" memang diambil dari istilah permainan sepak bola yang umum sering kita saksikan, seorang pemain bola pasti akan berlarian untuk berusaha menciptakan Gol, seperti itulah istilah berdagang dengan cara "Jemput Bola"

Dari kedua cara berdagang diatas, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan cara berdagang dengan cara pasif.

Pedagang lebih mudah untuk di cari oleh konsumen ketika saat berjualan, kadang pembeli yang datang di sebuah tempat perbelanjaan, baik pasar tradisional ataupun mall-mall besar, ketika mereka berbelanja pada tempat tersebut, untuk membeli suatu barang atau produk kebutuhan, tanpa sengaja melihat beberapa tempat belanja kebutuhan lain. 

Misalkan: 
Ketika seseorang mencari kebutuhan akan pakaian pada sebuah toko atau mall, pasti orang tersebut melewati beberapa tempat belanja lainnya, seperti toko makanan, toko asesoris, toko mainan anak, toko musik dan toko-toko lainnya. 

Terlihatnya beberapa toko lain saat itu yang belum di butuhkan oleh konsumen ketika sedang lewat untuk belanja kebutuhannya, suatu saat apa yang dilihatnya itu pasti akan teringat, dan ketika orang tersebut membutuhkan keperluan akan barang atau produk pada toko atau tempat yang pernah dilewatinya, maka orang itu pasti akan berusaha untuk mencari di tempat yang pernah dilewati itu. 

Jadi manfaatnya atau kelebihan yang didapatkan dengan cara berjualan pasif adalah pembeli dapat mudah menemukan lokasi berjualan si pemilik barang dagangan yang menjual dengan cara pasif tersebut, walaupun mereka banyak yang hanya lewat dan tidak membeli diawal. 

Saat berjualan secara pasif walau lebih banyak orang yang hanya lewat pada tempat berjualan milik anda dan mereka belum membeli hari ini, janganlah putus asa, sebab mereka suatu saat pasti akan ingat tempat anda berjualan dan pasti mereka akan mampir untuk berbelanja.

Kekurangan berdagang Dengan Cara Pasif.

Untuk mendapatkan pelanggan yang akan datang dan membeli, para pedagang hanya bisa menunggu dengan sabar, kadang para pedagang saat menunggu pembeli sering mengalami kejenuhan dan rasa bosan, kejenuhan dan rasa bosan ini dapat berimbas pada daya juang dan semangat berdagang.

Biaya operasional yang besar setiap hari ketika membuka tempat berdagang, juga merupakan kekurangan yang harus di perhatikan, sebab jika tidak pandai mengatur keuangan, maka berdagang seperti ini dapat menimbulkan kerugian, dan bahkan dapat berakibat pada kebangkrutan, sebab operasional saat berdagang tetap harus dikeluarkan walau yang membeli belum tentu memberikan keuntungan yang seimbang dengan pengeluaran hari itu.

Kelebihan berdagang secara Aktif.

Berdagagang secara aktif yang sesuai dengan namanya, yaitu aktif untuk menjemput konsumen baik secara personal maupun berkelompok lebih mudah untuk meraih omset besar dalam waktu singkat, sebab pedagang aktif langsung menjumpai para pembelinya pada lokasi atau alamat langsung konsumen mereka.

Kekurangan berdagang secara aktif.

Operasional dalam berdagang secara aktif jauh lebih besar, sebab pedagang harus selalu memindahkan barang dagangan ketempat atau lokasi konsumen yang di tuju.

Berdagang dengan cara aktif juga lebih repot dalam melakukan aktifitas berdagang yang di lakukan, sebab barang dagangan selalu dibawa saat menjual kepada konsumen, dan pastinya daya angkut juga terbatas, sehingga barang dagangan belum tentu terbawa semua dan jika terbawa semua juga memerlukan biaya pengangkutan yang besar dan merepotkan.

Berdagang pasif juga kadang lebih banyak di lakukan pada tempat yang tidak tetap, biasanya lebih banyak berada pada tempat yang memiliki kategori tempat berdagang musiman, jika tempat berdagang sudah tidak ada lagi, baik karena tidak diijinkan lagi ataupun di larang oleh si pemilik tempat, para pedagang tidak memiliki kekuatan hukum apapun untuk mempertahankan tempat berdagannya itu.

Tempat selalu berpindah-pindah sehingga konsumen sulit untuk menjadi konsumen loyal atau berlangganan.

Tempat berdagang sering di serobot oleh pedagang lain, karena tidak adanya aturan yang pasti.

Kesimpulan:

Dari kedua cara berdagang diatas dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya, semoga menjadikan bahan pertimbangan bagi anda dalam mengambil keputusan yang tepat untuk melakukan cara berdagang mana yang tepat untuk diri anda sendiri.

Jika boleh saya menyarankan lakukanlah keduanya.

Sebab cara berdagang yang efektif di saat ini, apapun langkah yang ditempuh tujuannya adalah memaksimalkan penjualan setiap saat agar barang dagangan kita cepat habis terjual dan uang yang dihasilkan dapat kembali berputar dengan cepat, sehingga hasil keuntungan juga dapat langsung dirasakan.

Jika anda memiliki tempat berjualan seperti toko atau tempat jualan lain, seperti tempat berjualan pada sebuah mall, tetaplah lakukan cara penjualan aktif, dengan mengikuti beberapa event jualan yang sering diadakan di sebuah tempat yang sangat ramai pengunjung dan pembeli.

Dan jika anda telah melakukan penjualan secara aktif dan memiliki jadwal yang padat untuk berjualan di berbagai tempat, anda juga boleh mulai memikirkan untuk melakukan cara berdagang pada suatu lokasi yang tetap dengan cara menabung dan  membeli toko sebagai tempat berjualan anda, karena semakin banyak aktifitas berjualan merupakan bentuk usaha yang maksimal sebagai pemicu kesuksesan dalam berjualan.

Terima Kasih.
Semoga Bermanfaat dan Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment