22 September 2016

Penerapan Etika Bisnis Yang Benar Dapat Mencegah Bisnis Ilegal

Bisnis, Bisnis Ilegal, Mencegah Bisnis Ilegal

Berbagai berita yang mengupas tentang produk ilegal dan berbahaya untuk di konsumsi masyarakat seakan tidak pernah ada habisnya, keadaan ini sangat memprihatinkan, sebab produk-produk ilegal yang banyak diberitakan ini, jumlahnya sangat banyak, dari semua jenis produk ilega ini rata-rata merupakan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas, seperti beras yang mengandung plastik, produk makanan yang mengandung formalin dan bahan berbahaya untuk kesehatan lainnya, bahkan akhir-akhir ini juga ramai di beritakan makanan untuk balita yang mengandung bahan logam berbahaya dengan kadar yang sangat tinggi di daerah Banten-Tangerang, juga ada berita yang sangat membuat kekhawatiran di tengah masyarakat beberapa waktu lalu, tentang beredarnya Vaksin palsu.

Kondisi seperti ini sangat memprihatinkan, sebab jika beberapa produk ilegal yang sangat berbahaya ini terus beredar dan dikonsumsi oleh masyarakat, dapat memberikan dampak buruk dari segi kesehatan.

Kadang saya berfikir, apa sebenarnya yang ada dalam benak para pebisnis yang berani melakukan hal seperti ini ?

Dan apakah mereka tidak berfikir sebelumnya untuk melakukan bisnis yang merugikan masyarakat seperti ini ?

saya juga bertanya dalam diri, sebenarnya ini salah siapa ?

apakah pemerintah dan pihak terkait yang salah, karena pengawasan dan penegakan aturan hukum yang kurang tegas atau aturan hukum masih dapat di beli di Negeri ini ? dan mengapa oknum pebisnis seperti ini masih saja ada ?

ataukah memang salah para oknum pebisnis yang hanya mementingkan keuntungan besar untuk diri sendiri saja, tanpa memikirkan akibat yang lebih luas dari praktek usaha ilegal mereka ?

Jika boleh saya menyarankan, untuk mencegah beberapa hal yang dapat memberi dampak yang tidak baik terhadap masyarakat yang juga akirnya akan berakibat buruk terhadap bisnis milik kita sendiri karena menerapkan cara berbisnis yang salah, berikut adalah pertimbangan yang harus di lakukan sebelum melakukan bisnis yang ilegal.

1. Biasakan untuk selalu memiliki tujuan jangka panjang ketika akan memulai bisnis.

Etika pebisnis yang profesional, bukan hanya terletak pada kepiawaiannya mengolah dan menjalankan bisnis yang dimilikinya, dalam rencana membuat suatu bisnis dengan mengharapkan untung jangka panjang dan tidak memberikan efek samping berbahaya untuk orang lain, adalah bentuk etika yang harus di miliki semua pebisnis.

Sikap dan pribadi yang hanya berfikir untuk meraup untung besar tanpa memikirkan dampak buruk secara luas bagi masyarakat yang akan di timbulkan dari sebuah keputusan yang di ambil dalam menjalankan bisnis, sudah harus di hilangkan, karena sikap seperti ini jaminannya adalah bisnis tidak akan langgeng, yang lebih parah lagi adalah, ada sebagian pebisnis yang emang sengaja membuat bisnisnya hanya untuk tujuan jangka pendek, yang penting untung besar lalu pergi dengan cepat tanpa bukti, ini yang lebih berbahaya lagi, maaf... di negeri ini masih sangat banyak yang seperti itu.

Yang celakanya lagi, para oknum pebisnis seperti ini juga banyak mendapatkan backup dari oknum pejabat yang seakan menjadi dewa penolong kelancaran aktifitas bisnis ilegal ini, pemikiran seperti ini merupakan hasil kesimpulan yang saya dapatkan dari beberapa pengamatan berita melalui berbagai media dengan bukti terkuaknya banyak praktek bisnis haram yang dijalankan oleh banyak pebisnis yang tidak memiliki etika yang benar, semoga tidak salah, maaf jika data saya tidak otentik.

Sekedar mengingatkan, seberapapun besarnya keuntungan bisnis yang didapat dalam waktu singkat tanpa mengedepankan azas kebenaran, norma hukum, norma agama dan norma masyarakat, pasti tidak akan membawa kebaikan dan keberkahan, tinggal tunggu saja, apa yang akan Tuhan perbuat pada keadaan ini, karena itu hati-hatilah.

Keberkahan rezeki harus menjadi tujuan utama dalam berbisnis, walaupun kata “Berkah” tidak memiliki patokan nilai, tetapi bisa di pastikan berapapun nilainya dari sebuah rezeki yang diperoleh dari keuntungan berbisnis yang halal, pasti akan cukup dan bermanfaat, silahkan buktikan.

Dan, satu lagi yang harus diingat, bisnis itu hanya urusan Dunia, dan bisnis hanyalah sebagian kecil dari aktifitas kehidupan, kelak ketika kita mati dan selesai kontrak hidup didunia yang diberikan Tuhan, maka semua harus dipertanggung jawabkan, mungkin kita bisa lolos melakukan kejahatan dihadapan manusia, tetapi dihadapan Tuhan tidak akan ada satupun yang akan luput. Itu pasti.

Sekali lagi berhati-hatilah dan jauhi kegiatan bisnis ilegal yang hanya kan memberikan keuntungan tidak berkah untuk diri sendiri.

2. Strategi untung besar secara singkat dengan cara legal dan benar.

Mendapatkan untung besar dalam waktu singkat, sangat diperbolehkan dalam bisnis, mengapa tidak ? malah, hal ini harus banyak diterapkan oleh semua para pelaku bisnis, yang terpenting cara mendapatkannya legal, benar dan halal, juga tidak merugikan orang lain.

Pasti ada cara yang bisa anda temukan untuk dapat mewujudkan ini, silahkan untuk mengatur strategi yang baik, jika sudah ada caranya, lalu terapkanlah segera dan lakukanlah Action.

Hasil besar dalam waktu singkat yang akan didapat jika menerapkan cara berbisnis yang sesuai dengan etika, pasti akan mudah untuk di wujudkan, dan anda bisa bayangkan jika keuntungan besar dalam waktu singkat ini bisa di dapatkan secara rutin dan sering, pasti mantap.. luar biasa...

3. Ikuti Aturan dan Hukum yang berlaku dengan taat dan patuh.

Aturan hukum yang telah dibuat pemerintah sebetulnya sangat bermanfaat untuk menjadi rambu dalam berbisnis yang bermanfaat bagi pebisnis jika di terapkan dengan baik, sebab semua aturan yang dibuat bertujuan agar usaha dan bisnis yang akan kita jalankan dapat berjalan dengan baik, misalnya saja kelengkapan legalitas.

Kelengkapan legalitas perusahaan, legalitas produk yang akan di pasarkan dan legalitas lainnya, merupakan kelengkapan penjunjang bisnis yang harus dimiliki, semua itu bukan hanya sekedar secarik kertas yang ditanda tangani oleh pejabat terkait, tetapi semua hal itu merupakan bentuk pengakuan yang diperoleh dari pemerintah dan instansi terkain terhadap bisnis kita.

Legalitas juga merupakan bentuk hasil keputusan untuk bisnis milik kita yaitu keputusan layak atau tidak semua elemen bisnis kita untuk berjalan dari pemerintah melalui instansi terkait.

Sama seperti kendaraan, sebelum di jalankan pada jalan raya, semua kendaraan harus mengalami uji layak jalan, tujuannya disamping kenyamanan untuk pemilik dan pengendara, juga merupakan bentuk pengawasan terpadu tentang keamanan kendaraan itu saat berjalan jalan umum, kendaraan yang tidak layak jalan wajib untuk dibatalkan ijinnya, sebab pasti akan membahayakaan pemilik dan pengguna jalan saat dijalankan.

Begitu juga bisnis, legalias adalah bentuk uji kelayakan sebuah bisnis dengan tujuan jangka panjang, aturan ini dibuat bukan hanya untuk menyelamatkan pemilik bisnisnya saja, tetapi juga semua masyarakat yang akan ikut terlibat dengan bisnis tersebut.

Demikianlah beberapa sikap dan sifat pebisnis yang harus dimiliki sebagai antisipasi agar bisnis ilegal tidak semakin banyak dan semakin membawa keresahan di dalam meresahkan masyarakat.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam sukses selalu.

Depok Bisis info.

0 komentar:

Post a comment