16 November 2016

Beberapa Bisnis Yang Dapat Berkembang Dengan Memanfaatkan Komunitas

Bisnis, Komunitas Bisnis, Bisnis Berkembang Dengan Komunitas

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan atau omset dalam bisnis adalah dengan membuat beberapa terobosan baru dalam hal penjualan dan menarik minat konsumen atau klien melakui komunitas. Apakah komunitas itu ? komunitas adalah perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang yang di bentuk menjadi sebuah organisasi atau pekumpulan serupa yang memiliki kesukaan atau hobi yang sama, contoh komunitas pencinta seni maka semua anggota komunitas tersebut adalah orang-orang yang mencintai seni, atau komunitas pencinta mobil tua misalnya para anggotanya adalah oramg-orang yang memiliki mobil tua atau mereka mencintai jenis mobil dengan usia yang relatif tua.

Membentuk sebuah komunitas yang sesuai dengan bisnis milik anda dapat sangat membantu dalam proses perkembangan bisnis yang sesuai dengan komunitas yang anda buat, tujuannya sederhana sebenarnya yaitu menjadikan komunitas yang anda buat sebagai pasar yang dapat mendongkrak omset dari bisnis anda sendiri, ini hanya sebuah cara pemasaran memang, tetapi langkah ini sangat banyak digunakan di beberapa negara berkembang dan ternyata hasilnya luar biasa.

Saat ini di Indonesia saja jumlah komunitas dalam masyarakat sudah sangat banyak, ini adalah aset sebenarnya jika anda sebagai pengusaha mau melakukan berbagai pendekatan kepada mereka, yang penting anda harus melakukan seleksi secara tepat komunitas mana yang dapat sesuai dengan bisnis yang anda miliki untuk di jadikan sasaran kerja sama baik dalam tujuan menjual produk unggulan milik anda ataupun dengan tujuan lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang dapat berkembang dengan menggandeng beberapa komunitas dalam masyarakat.

1. Bisnis Petshop.
Jika anda memiliki bisnis petshop maka banyak komunitas yang dapat anda gandeng sebagai klien anda, diataranya seperti komunitas pencinta hewan peliharaan rumahan seperti para pencinta kucing peliharaan, komunitas pencinta anjing peliharaan dal komunitas lainnya, semakin banyak anda melakukan pendekatan yang baik dalam komunitas ini maka anda akan dapat dengan mudah untuk menyampaikan maksud dan tujuan bisnis anda dalam komunitas tersebut dan ini akan sangat menguntungkan jika di lakukan dengan cara yang baik.

2. Bisnis Otomotif (sparepart atau asesoris kendaraan).
Saat ini komunitas otomotif sangat banyak tersebar disemua daerah dan jumlahnya sangat banyak, sekali lagi ini adalah aset yang dapat dimanfaatkan, jika anda berbisnis yang ada kaitannya dengan dunia otomotif maka penting untuk melakukan kerja sama dengan semua komunitas otomotif yang ada dan sangat banyak ini, lakukan pendekatan kepada mereka lalu anda akan mudah untuk menyampaikan maksud dan tujuan anda dalam komunitas tersebut yang dapat sangat menguntungkan bisnis otomotif yang anda miliki.

3. Bisnis Pakaian Muslim.
Pencinta dan komunitas hijaber saat ini juga tidak kalah banyaknya di tanah air, ini juga dapat dimanfaatkan menjadi sebuah peluang jika anda memiliki bisnis pakaian muslim terutama pakaian muslimah, anda dapat membuat sendiri komunitas seperti ini atau ikut bergabung dalam komunitas ini tujuannya sama seperti yang saya tuliskan di atas yaitu, berusaha untuk mendapatkan sebuah peluang dari komunitas yang sesuai dengan bisnis yang kita miliki, anda juga dapat melakukan kerja sama dengan beberapa komunitas untuk melakukan sebuah acara yang dapat bermanfaat di kedua belah pihak, misalnya dengan menjadi sponsor kecil dalam sebuah kegiatan sosial dalam komunitas tersebut atau melakukan bazar sederhana didalam komunitas tersebut.

4. Bisnis Seni Dan Musik.
Jika anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan seni dan musik maka, anda juga dapat membuat atau bekerja sama dengan banyak komunitas pecinta seni dan komunitas pencinta musik yang hari ini juga sangat banyak tersebar di semua daerah di Indonesia, tujuannya adalah promosi atau upaya lain yang berhubungan erat dengan bisnis seni atau bisnis musik yang anda miliki. Berbagai kegiatan positif yang dapat sangat membantu anda dalam meningkatkan omset atau pendapatan bisnsi tersebut adalah dengan cara melakukan beberapa kegiatan positif yang dapat bermanfaat antara anda sebagai pemilik bisnis dengan semua anggota dalam komunitas tersebut.

Demikianlah beberapa bisnis yang dapat dikembangkan dengan cara menggandeng atau mebuat beberapa komunitas yang sesuai dengan bisnis itu sendiri. Harapannya adalah terjadinya kerja sama bisnis yang dapat meningkatkan omset atau pendapatan terhadap bisnis yang anda miliki melalui semua anggota dalam komunitas yang sesuai dengan bisnis anda itu.

Terima kasih dan semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment