3 November 2016

Berikut Adalah Alasan Mengapa Penjual Ikan Asin Harus Mengambil Untung Besar

Bisnis, Ikan Asin, Bisnis Ikan Asin

Mengapa berjualan Ikan Asin harus Mengambil untung yang lumayan besar dari harga perkilo Ikan Asin yang di jual ? berikut alasannya.


  1. Ikan Asin biasanya di kemas dengan menggunakan kardus dengan berat kardus yang cukup berat jika ditimbang dalam keadaan kosong dan bahkan ada juga beberapa ikan asin yang di keas dengan menggunakan peti kayu dengan ukuran dan berat yang juga sangat lumayan, kisaran berat dari kemasan Ikan Asin baik kardus ataupun peti kayu antara 4 Kg hingga 5 Kg, dari kemasan ini saja jika kita kalikan harga perkilo dari harga beli Ikan Asin sudah sangat banyak menambahkan modal, karena itu keadaan iini adalah salah satu penyebab mengapa kita harus memperhitungkan penambahan dari harga modal yang di sebabkan karena kemasan.
  2. Ikan Asin yang di kemas dalam kemasan dengan jumlah kiloan yang cukup banyak biasanya bercampur dengan bubuk Ikan Asin itu sendiri, bubuk biasanya bisa berjumlah 10% dari total neto berat dari jumlah ikan asin dalam kemasannya, ini juga menjadi alasan mengapa bubuk Ikan Asin yang tercampur dalam kemasan juga menjadi pertimbangan alam menentukan harga jual.
  3. Ikan Asin juga akan mengalami susut jika di tempatkan dalam ruangan dengan suhu yang normal atau suhu pada suatu tempat yang cukup panas, semakin kering Ikan Asin, maka jumlah timbangan pada kemasan juga dapat mengalami penyusutan, bahkan jika pengangkutan dari tempat kita berbelanja Ikan Asin hingga sampai tempat kita berjualan jaraknya cukup jauh, penyusutan pasti akan terjadi selama perjalanan pengangkutan tersebut, saat ikan asin di pajang pada tempat berjualan di tempat para pedagang berjualan juga dapat menyebabkan terjadinya penyusutan dari berat timbangan ikan asin dari semula ketika di beli, ini juga menjadi salah satu alasan sebagai penentu harga jual saat Ikan Asin akan di jual dengan cara di keteng pada tempat jualan si pedagang Ikan Asin.
  4. Biaya pengangkutan juga menjadi penentu mengapa harga jual Ikan Asin harus mengambil untung yang besar dari setiap Kilonya, biasanya para pedagang yang berbelanja Ikan Asin cukup jauh dari tempatnya berjualan, mereka harus mengeluarkan ongkos angkut yang lumayan besar, karena itu kadang banyak pedagag Ikan Asin yang menyiasatinya dengan berbelanja secara berkelompok atau berbelanja ketika Stok Ikan Asinnya telah benar-benar habis, biaya pengangkutan yang mahal saat berbelanja Ikan Asin untuk di jual kembali ini juga menjadi alasan pertimbangan dalam menentukan harga jual Ikan Asin tersebut ketika di jual di pasar atau tempat para pedagang berdagang.
  5. Biaya Kuli Angkut, saat berbelanja Ikan Asin banyak pedagang yang harus mengeluarkan uang tips saat pengangkutan Ikan Asin yang telah di belinya pada agen di tempat belanja Ikan Asin kepada para kuli angkut untuk di muat ke dalam kendaraan yang akan digunakan untuk  mengangkut Ikan Asin tersebut, biaya ini juga cukup lumayan besar, sebab banyak kuli pengangkut yang beranggapan menjual Ikan Asin sangat menguntungkan, sehingga mereka mengambil kesempatan ini untuk meminta upah yang juga lumayan besar untuk memuat Ikan Asin ke dalam kendaraan pengangkut, ini juga merupakan salah satu pertimbangan oleh para pedagang mengapa menjual Ikan Asin harus mengambil keuntungan yang besar dari setiap harga perkilonya.
  6. Susut timbangan, ketika berjualan Ikan Asin para pedagang juga tidak mao mengambil resiko kerugian yang cukup besar, kadang ketika menimbang banyak para pembeli yang belum memahami bahwa menimbang Ikan Asin harus pas, artinya tidak kurang dan tidak lebih, karena Jika kurang maka resiko kehilangan pelanggan pasti akan terjadi dan jika berlebih maka kerugian untuk para pedagang, karena itu setiap harga jual perkilogram para pedagang harus memasukan harga modal susut saat menimbang Ikan Asin tersebut.
Karena beberapa hal inilah mengapa para pedagang Ikan Asin harus mematok harga dengan untung yang besar dari setiap kilogram Ikan Asin yang dijual, tujuannya adalah supaya ada keuntungan yang dapat dinikmati dari hasil kerja keras mereka berdagang, jadi besarnya keuntungan yang diambil oleh para pedagang bukan hanya semata karena harga pasaran ikan asin itu samar saja, tetapi ada alasan yang logis sebagai pertimbangan para pedagang dengan maksud mencegah kerugian dan gulung tikar karena salah berhitung dalam menentukan harga jual Ikan Asin itu sendiri.


Terima Kasih, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment