14 November 2016

Cara Memulai Bisnis Cuci Motor

Bisnis, Bisnis Cuci Motor, Cuci Motor

Bisnis Cuci Motor adalah bisnis simpel yang dapat di lakukan oleh semua orang, berikut adalah alasan mengapa bisnis cuci motor masih menjadi pilihan banyak orang sebagai bisnis pilihan mereka.


  1. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
  2. Tempat yang dibutuhkan untuk melakukan bisnis ini juga tidak perlu terlalu besar dan dapat di lakukan di mana saja.
  3. Peralatan Bisnis yang mudah di dapat dan murah harganya.
  4. Tidak perlu keahlian khusus dalam menjalankannya dan dapat di lakukan dengan managemen sederhana.
  5. Cepat mendapatkan keuntungan.
  6. Resiko tidak terlalu besar.
  7. Prospek yang cukup baik dari  segi omset dan pendapatan.
Beberapa alasan inilah mengapa bisnis cuci motor masih sangat di gandrungi oleh beberapa orang dalam masyarakat pecinta bisnis atau beberapa  masyarakat yang ingin merubah nasib melalui bisnis cuci motor  ini.


Jika anda juga tertarik dan berminat untuk  membuka bisnis cuci motor,  maka ada beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum anda memulai bisnis ini, diantaranya adalah :


  1. Tempat, Lokasi untuk  memulai bisnis cuci motor dapat di lakukan dimana saja, jika anda memiliki kelebihan modal anda boleh membeli tempat yang strategis baik berupa lahan kosong atau sebuah tempat strategis di pinggir jalan dengan bangunan yang tidak teralu besar.
  2. Pemilihan tempat sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan, setelah anda memiliki tempat yang di nilai cukup strategis, lalu lakukanlah beberapa pembenahan pada tempat tersebut, seperti membuat canopy dengan design sederhana untuk mencuci motor dan tempat menunggu konsumen saat motor mereka di cuci. Pada bagian ini, anda juga dapat menyesuaikan modal yang anda miliki, anda boleh melakukan pembangunan tempat dengan desing yang lebih nyaman pada tempat yang telah anda pilih untuk memulai bisnis cuci motor ini.
  3. Membeli beberapa alat penunjang bisnis, seperti Hidrolik untuk mengangkat motor, mesin cuci motor, mesin penyemprot sabun, beberapa ember plastik, spon, kanebo, dan mesin penyedot air (jet Pump).
Berikut adalah penjelasan lebih rinci perlengkapan yang di perlukan dalam memulai bisnis cuci motor :



  1. Hidrolik Motor. Alat ini adalah untuk mengangkat motor keatas dengan tujuan lebih memudahkan untuk mencuci motor pada bagian bawah motor dan bagian lain yang sulit untuk di jangkau. Harga pasang hidrolik ini kisaran 4.500.000 IDR s/d 6.000.000 IDR / unit tergantung merk dan tipe, harga tersebut sudahh termasuk  garansi all in selama 1 tahun. alat ini sangat di anjurkan untuk anda miliki saat akan memulai bisnis cuci motor agar bisnis cuci motor anda terlihat profesional dan pastinya service yang anda berikan juga akan bagus, sebab alat ini sangat membantu dalam proses pencucian yang di lakukan, terutama dalam menjangkau bagian motor paling bawah dan sela-sela motor yang sulit untuk di jangkau,  alat ini dapat sangat membantu anda dalam melaksanakan tugas mencuci dengan maksimal dan hasil yang sangat bersih.
  2. Mesin Air (Jet Pump). Mesin air juga sangat diperlukan sebagai penyedia pasokan air langsung dari sumber air, kisaran harga jet pump adalah antara 700.000 IDR s/d 4.000.000 IDR, silahkan sesuaikan saja dengan kemampuan modal yang anda miliki.
  3. Mesin cuci motor. alat ini adalah alat yang digunakan untuk menyemprotkan air dari sumber air saat mencuci motor, banyak  varian pada alat ini yang dapat anda pilih dari yang murah dengan kualitas baik hingga yang mahal, kisaran harga dari mulai 900.000 IDR s/d 19.000.000 IDR, silahkan anda sesuaikan saja sesuai kemampuan modal yang anda miliki. Saat memilih mesin cuci motor sangat di sarankan untuk bertanya langsung merk dan tipe apa yang banyak digunakan, jangan lupa  untuk menanyakan garansi mesin tersebut. Banyak perusahaan di internet yang dapat anda pilih untuk membeli alat cuci motor ini, untuk  lebih murah ada juga beberapa peusahaan yang menyediakan paket hemat dalam menyediakan peralatan cuci motor dari  mulai kompresor, alat semprot dan tabung sabun bahkan ada juga paket hemat untuk peralatan cuci motor snow harga paket berkisar antara 5.000.000 IDR s/d 9.000.000 IDR, silahkan langsung saja melihat websitenya di www.usahacucimotor.blogspot.co.id, tetapi dalam pemesanan peralatan cuci motor, kami sarankan agar anda tetap berhati-hati, sebab rekomendasi yang kami berikan bukan relasi kami atau kami tidak pernah melakukan transaksi melalui website tersebut, jadi tetaplah berhati-hati dalam membeli secara online. Segala resiko yang terjadi bukan tanggung jawab kami, kami hanya memberikan informasi kepada anda untuk lebih memudahkan anda dalam menggali informasi untuk penyedia alat cuci motor yang terlihat bagus melalui search engine,  jadi sekali lagi saran kami  berhati-hatilah.
  4. Peralatan kecil  lainnya seperti ember plastik, lap atau kanebo,  sikat dan lain-lain, peralatan kecil ini juga penting untuk  dipersiapkan agar usaha dan bisnis cuci motor dapat langsung dijalankan dengan baik.
  5. Tenaga kerja, dalam memilih tenaga kerja anda harus berhati-hati dan lebih selektif,  sebab jika salah memilih bisa berbahaya untuk  bisnis cuci motor yang akan anda buka, di sarankan untuk memilih pekerja yang telaten dan rajin serta utamakan pekerja yang memiliki  karakter ramah, sabar dan jujur, sebab karakter seperti ini penting untuk kelangsungan bisnis cuci motor yang akan anda buka untuk jangka panjang.
  6. Design ruang tunggu yang nyaman, saat motor pelanggan yang datang di cuci oleh karyaman anda, maka pelanggan pasti menginginkan  diberikan tempat menunggu yang nyaman, anda bisa membuat tempat tunggu pada daerah terbuka  dengan kursi yang cukup nyaman dan membuat pelanggan betah dalam menunggu, atau anda yang memiliki  kelebihan modal dapat membuatkan ruang AC pada ruang tunggu tersebut dengan fasilitas wifi  gratis dan hiburan TV kabel atau lainnya.
  7. Untuk  meningkatkan jumlah pelanggan dan untuk  mempromosikan tempat cuci motor milik  anda yang baru buka, berikanlah harga yang murah atau minimal sama dengan harga cuci motor secara umum yaitu 10.000 /unit motor (untuk motor matic atau motor  standar) dan 15,000 / unit motor yang lebih besar. Anda juga boleh dengan tujuan promosi,  memberikan foucher gratis cuci motor dengan syarat dan ketentuan berlaku, dan sebarkanlah promosi melalui beberapateman atau club motor yang ada di sekitar tempat cuci motor anda.
  8. Disarankan untuk  membuka cuci  motor lebih panjang waktu bukanya, sebab ini juga dapat menjadi daya tarik  tersendiri, apalagi jika anda buka hingga 24 jam dalam sehari, pasti omset juga akan lebih besar, tinggal anda mengatur jam kerja karyawan menjadi beberapa waktu kerja yang sesuai.
Demikianlah beberapa  tips dan cara membuka bisnis cuci motor yang simpel dan mudah untuk di lakukan, selamat berbisnis, semoga lancar dan sukses,  serta jangan lupa untuk bersemangat dalam mengelola bisnis cuci motor milik anda ini, sebab semangat menjadi penentu keberhasilan dalam bisnis ini.

0 komentar:

Post a comment