20 November 2016

Jangan Salah Arti dengan Kalimat "Pembeli Adalah Raja"


Bisnis, Pembeli adalah raja, Klien, Konsumen, Relasi

Klien, Relasi dan konsumen dalam istilah bisnis adalah raja, tetapi sebagai pebisnis dan pengusaha kita harus tetap memiliki wibawa dan profesional dalam menghadapi mereka, tujuannya adalah agar anda tidak di sepelekan dan di pandang sebelah mata oleh klien, relasi dan konsumen yang terlalu berlebihan bersikap berdasarkan ujaran ini.

Sebagai pebisnis anda juga jangan salah dalam mengarttikan Istilah ini, pembeli adalah raja adalah bukan mengandung makna yang sebenarnya, seingga apapun segala keinginan konsumen, klien dan relasi harus anda iikuti walupun sebagai pengusaha anda harus merugi, arti dari istilah ini maksudnya adalah sebagai pebisnis kita harus lebih mengutamakan kepuasan dan keinginan klien, relasi atau konsumen saat melakukan kerja sama dan bisnis, diluar dari pada konteks ini janganlah melakukan banyak hal yang berlebihan sehingga akan menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap kredibilitas anda sebagai pebisnis.

Ada beberapa klien, relasi dan konsumen yang nakal karena julukan konsumen adalah raja, sehingga mereka banyak berbuat semaunya yang sangat tidak baik, mengapa ini bisa terjadi ? berikut adalah alasannya.

Karakter Serakah dan Arogan dari klien, relasi dan konsumen.
Klien, relasi dan konsumen yang terlalu berlebihan dalam bersikap merupakan cerminan dari karakter diri sehari-hari, sikap dan sifat yang serakah, ingin untung lebih besar untuk diri sendiri sebagai biasanya terdorong karena karakter yang telah dimilikinya itu, sebagai contoh, ketika dia datang dan meminta anda untuk menjadi pelaksanan jasa yang mereka butuhkan pasti anda akan merasakan suatu aura yang tidak baik, sikap, bawaan, cara berbicara, cara menawar, cara komplain, dan lainnya dri klien, relasi dan konsumen seperti ini.

Ketika anda bertemu dengan tipe orang yang seperti ini dalam menjalankan bisnis anda, tetaplah anda bersabar dan berusahalah untuk mampu menjaga wibawa dan kredibilitas anda sebagai pebisnis, sikap wibawa dan kredibilitas yang anda dapat tunjukan pada mereka yang memiliki sikap seperti ini saat berbisnis dengan anda akan sangat membantu untuk menurunkan ego kesombongan mereka ketika berbisnis dengan anda.

Disinilah mental anda harus lebih baik di bandingkan orang seperti ini, sebagai pebisnis anda memang membutuhkan klien, relasi dan konsumen, tetapi ingatlah bahwa konsumen, klien dan relasi diluar sana itu lebih banyak lagi yang lebih memiliki sikap yang baik dan pribadi yang menyenangkan.

Ada sebuah ujaran, lebih baik memiliki 1 klien atau relasi atau konsumen yang baik ketimbang memiliki 100 klien dan konsumen dan pelanggan yang merugikan.

Walaupun pembeli adalah raja, anda tetap harus bersikap seperti panglima perang atau lebih baik jika anda bersikap seperti penasehat raja, bijak, berilmu dan profesional.

Jauhkan diri dari rasa minder apalagi mengalah yang berlebihan jika menghadapi klien, relasi dan konsumen yang arogan, sebab anda akan selalu diinjak dan akhirnya tidak memiliki wibawa sama sekali sebagai pebisnis, ingat anda adalah pemilik usaha dan bisnis dan itu hebat, mereka bukan atasan anda, dan merekalah yang harus mengikuti aturan anda, sebab segala perhitungan yang anda buat dalam bisnis anda pasti mengandung keuntungan yang diharapkan sebagai penunjang kelangsungan bisnis anda agar tetap menguntungkan.

Maksud saya menuliskan ini untuk anda semua adalah, jangan sampai wibawa kita sebagai pengusaha atau pebisnis di mainkan karena banyak oknum konsumen, klien dan relasi yang memanfaatkan ujaran "pembeli adalah raja" mereka dengan sikap sombong beranggapan yang salah dengan filisofi ini, bahkan tak jarang yang beranggapan bahwa para pengusaha dan pebisnis sangat membutuhkan mereka, adahal belum tentu.

Minimal sebagai pebisnis anda lebih berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan klien, relasi atau konsumen, sebab masih banyak konsumen, klien dan relasi yang memiliki kelengkapan pribadi yang lebih menarik untuk di ajak bekerja sama dalam bisnis.

Dalam berbisnis bukan hanya konsumen, klien dan relasi saja yang memiliki banyak pilihan dalam menentukan siapa yang ditunjuknya untuk melayani mereka, anda juga sebagai pebisnis memiliki pilihan yang juga tak kalah banyaknya untuk melayani konsumen, relasi dan klien untuk bisnis anda, jadi bersikaplah butuh tetapi tidak terlalu terlihat, sebab ini adalah salah satu trik khusus dalam berbisnis yang harus anda jalankan.

Profesional dan komitmen terhadap bisnis milik adalah salah satu cara membangun wibawa diri sendiri dalam bisnis yang anda bangun agar maju dan berkembang.

Salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment